Blog

Update Tipe Sepatu Vans Terbaru

Vans adalah brand produsen sepatu dan pakaian skateboarding yang berlokasi di Santa Ana, California, Amerika Serikat. Paul Van Doren termasuk orang yang memiliki peran penting dalam pendirian Vans. Awal mula berdiri di tahun 1966, perusahaan ini diberi nama Van Doren Rubber Company, perusahaan yang berfokus pada penjualan sepatu yang dijual hari itu juga. Jenis sepatu yang pertama kali dikeluarkan adalah The Vans #44 atau yang lebih dikenal sebagai Vans Authentic.

Sejak saat itu, terutama kalangan anak muda yang berkecimpung di dunia skateboard sangat menyukai desain dan ciri dari khas sepatu ini.  Bukan hanya sepatu khusus olahraga skateboard di tahun 1980-an, Vans mulai memproduksi sepatu khusus olahraga lain seperti baseball, skydiving, dan wrestling, hal ini dilakukan untuk tetap bertahan dan bersaing dengan para kompetitornya.

Namun sayang, kejayaan Vans hanya seketika, di tahun 1983 perusahaan yang dipimpin Paul Van Doren itu harus menelan pil pahit alias bangkrut. Demi menyelamatkan Vans, Paul menjual perusahaannya. Setelah itu, Vans mendapatkan suntikan dan bangkit di tahun 2000. Menariknya, di tahun 2001 Vans berhasil terdaftar di Forbes dan mendapatkan penghargaan sebagai America’s Best Small Companies.

Selain berkualitas, keunikan lain dari sepatu Vans adalah outsolenya yang memiliki desain waffle serta ukurannya yang lebar membuat sepatu ini memiliki daya tarik tersendiri untuk kawula muda. Nah, ada 7 tips yang harus kamu ketahui dalam memilih sepatu Vans, tujuannya adalah agar kamu bisa meneliti mana yang ORI dan KW, berikut tipsnya!

Tentukan pilihan model

Selain model klasik, sepatu Vans memiliki model lain seperti model custom atau kolaborasi. Ketiga model ini memiliki banyak motif, warna dan bentuk. Dari situ kamu bisa tentukan mana yang menjadi favoritmu.

Desain waffle yang ada di outsole salah satu ciri sepatu Vans ORI

Pada sneakers Vans ORI memiliki dua interlocking patterns yaitu di bagian outsole-nya yang berbentuk diamonds dan rhomboids. Berbeda dengan sneakers Vans yang palsu hanya memiliki satu pattern waffle saja. Selain itu, di salah satu bagian rhomboids-nya tertera kode negara asal pembuat solnya. Misalnya kode GSI untuk produk buatan Indonesia, EVB Vietnam, dan IFC Tiongkok. Hal lain yang menjadi daya tarik sepatu Vans ada di bagian toe-nya yang lentur dan bisa dilipat ke belakang.

Periksa bagian logo dan jahitan

Dari awal kemunculannya, sneakers Vans terkenal akan kualitasnya. Membeli produk Vans selalu mendapatkan kepuasan tersendiri, yaitu antara lain nyaman dipakai, bagus, dan tahan lama. Berbeda dengan Vans yang abal-abal atau palsu, kamu pasti akan menemukan jahitan yang tidak rapi, bahan yang kasar serta rasa yang tidak nyaman saat digunakan.

Logo sneakers Vans juga menjadi salah satu cara mendeteksi keaslian dari sneakers Vans. Logo Vans yang terletak bagian sol sepatu, insole, dan logo kecil yang berada di bagian samping sepatu. Logo yang ada di insole terlihat jelas, tidak pudar dan mudah dibaca. Jika kamu membeli sneakers Vans dan kamu melihat logonya mudah pudar patut dicurigai berarti sepatu yang kamu miliki bukanlah orisinal.

Perhatikan beratnya, Vans orisinal umumnya lebih berbobot

Karena dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan ukurannya yang besar, sneakers Vans memiliki bobot yang berat. Hal ini menjadi tolak ukur kamu dalam menentukan mana Vans ORI dan Vans KW.

Terakhir, jangan lupa sesuaikan dengan budget kamu ya!

Harga sepatu Vans orisinal yang ada di Indonesia harganya beragam, mulai dari 500 ribuan sampai jutaan rupiah. Bahkan khusus untuk edisi-edisi tertentu, sneakers Vans harganya bisa menembus puluhan juta hanya untuk sepasang sepatu saja loh. Jadi saran dari kami, tentukan budget dulu baru tentukan pilihanmu ya.

Selain tips, kami juga mau memberikan rekomendasi sepatu Vans terbaik sepanjang sejarah beserta dengan harga terbarunya di bulan April 2021 ya. Yuk, langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

Vans Checkerboard Slip On

Jenis Vans Checkerboard Slip On sudah menjadi favorit sejak tahun 1970-an. Bagi para penggemar skateboard atau BMX, produk ini biasa digunakan saat beraksi ataupun bergaya. Motif papan catur ini ternyata memiliki makna yang dalam loh, konon katanya motif ini dibuat untuk menyatukan kulit putih dan kulit hitam di Eropa sana yang sebelumnya terjadi konflik diskriminasi. Wah, keren sekali ya maknanya, sangat manusiawi. Di Indonesia sendiri sepatu ini dibanderol dengan harga Rp 470.000.

Vans Vault UA OG Classic Slip-On LX x FDMTL

Vans resmi merilis produknya ini pada bulan Juni 2018 yang berkolaborasi dengan perusahaan denim dari Jepang, FDTML. Dibuat dengan teknik boro patch dan jahitan sashiko, produk ini berhasil memikat kolektor sneakers dan penggemar seni. Harga pasaran di Indonesia Rp 299.000

Vans Gum Era

Awal mula diluncurkan namanya adalah The Vans #95 yang terkenal dengan desain tongue dan collarnya yang empuk. Sepatu klasik ini memiliki banyak pujian di awal perilisannya, selain kualitas yang oke, desainnya yang elegan, sneakers ini juga mendapat banyak rekomendasi sebagai sneakers ternyaman yang pernah ada. Harganya hanya Rp 75.000 aja loh.

Vault by Vans x LQQK

Ini adalah sneakers klasik kolaborasi Vans dengan LQQK Studio. Bagian favorit dari seri ini ada di translucent gum sole, flying “V” logo dan material suede. Meski lumayan mahal, tapi sneakers seri ini banyak diminati, siapapun yang memiliki sneaker ini pasti akan menjadi koleksi terbaik yang pernah ada. Harga 1.995.000

Vans Authentic

Jenis sneakers ini dipercaya tidak pernah mati gaya dan selalu menjadi favorit. Desainnya yang keren dan terbuat dari bahan kanvas breathable mampu memberikan rasa nyaman saat digunakan. Harga Rp 250.000

Vans Varix WC

Sneakers yang dirilis tahun 2018 ini memiliki model sepatu skate era awal 2000-an dengan desain funkynya. Kolaborasi antara bahan mesh, suede, dan panel leather dengan corak warna-warninya menjadi ciri khas dari sneakers ini, sehingga terkesan sangat fashionable saat dipakai olahraga. Dengan harga Rp 1.200.000 kamu sudah bisa memilikinya.

Vans Sk8 – Hi

Dahulu sepatu Vans jenis ini dikenal sebagai Style 38, karena desainnya yang high top mampu menutupi kaki. Sehingga banyak orang berkomentar jika memakai sneakers Vans ORI bukannya rusak malah semakin nyaman dan memuaskan. Harga termurah di kelasnya hanya Rp 44.900.

Vans Berle Pro

Kolaborasi Vans dengan skater profesional Elijah Berle, memodifikasi bagian outsole-nya melalui teknologi Waffle Control sehingga para skaters bisa dengan mudah mengontrol papan skateboardnya dengan baik. Harga terbaru 170.000.

Vans Letters Slip On

Lagi-lagi ini adalah hasil kolaborasi antara Vans dan seniman terkenal Vincent Van Gogh. Mahakarya yang diluapkan pada sneakers ini memiliki nilai seni yang luar biasa. Desain klasiknya tidak luntur dari ciri khas Vans. Kamu bisa langsung mencari ketersediannya di pasar Indonesia baik itu marketplace atau toko offline. Harganya di Indonesia mencapai Rp 887.000.

Vans Old Skool

Ini adalah produk sejuta umat yang dimiliki oleh para penggemar sneakers Vans. Buat kamu yang tidak menyukai warna hitam putih pada sepatu ini jangan khawatir, seri model Old Skool ini tersedia dalam beberapa jenis warna. Harganya pun relatif murah cukup Rp 55.000 saja kamu sudah memilkinya. Cek sekarang!

Gimana, apa kamu sudah menentukan pilihanmu? Oiya, sneakers Vans ini bisa digunakan untuk acara santai atau formal tergantung dengan jenis serinya dan outfit yang kamu gunakan. Hanya saja semua koleksi sneakers Vans ini tidak bisa digunakan untuk olahraga seperti jogging ya, karena memang Vans didesain khusus untuk para skater.