Blog

Yang Harus Dimiliki Pecinta Kopi Selain Mesin Pembuat Kopi

Aug 23 2021

Tahukah kamu  bahwa semakin hari semakin banyak para penggemar kopi? Hal ini terbukti dari banyaknya coffee shop yang tersebar di berbagai tempat. Dan hampir semua coffee shop tersebut ramai oleh pengunjung.

Para pecinta kopi ini bukan hanya memilih kopi karena rasanya yang khas saja, tetapi berbagai macam alasan juga menjadi dasar mengapa banyak orang semakin menyukai kopi. Salah satunya adalah dari cara pembuatannnya. Orang-orang mulai ingin mengetahui secara detail mengenai bagaimana kopi yang mereka konsumsi disajikan.

Metode pembuatan kopi yang unik ini membuat banyak orang jadi tertarik untuk melakukannya sendiri di rumah. Apakah kamu termasuk orang yang tertarik untuk membuat kopi sendiri di rumah? Yuk, cari tahu alat-alat apa saja yang harus kamu miliki agar kamu bisa menikmati kopi buatanmu sendiri dengan cara yang berkesan.

Perlengkapan Membuat Kopi di Rumah

Untuk membuat kopi di rumah, kamu memerlukan peralatan dasar agar kopi racikanmu dapat kamu buat dengan proses yang mengesankan. Beberapa peralatan untuk membuat kopi yang perlu kamu miliki di rumah adalah sebagai berikut:

1. Penggiling Kopi

Penggiling kopi atau sering disebut grinder kopi adalah alat olah kopi yang sangat penting. Hal ini dirasa penting karena kopi yg sudah tergiling, aromanya akan berkurang dari hari ke hari, sehingga pada akhirnya hanya tersisa rasa saja.

Menyimpan biji kopi secara utuh merupakan cara terbaik dalam menjaga kesegarannya. Untuk menghasilkan cita rasa yang baik, biji kopi perlu digiling sesaat sebelum diseduh. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat kopi dengan aroma yang selalu enak, kamu perlu untuk memiliki grinder kopi.

Saat ini, grinder kopi hadir dalam dua jenis, yaitu manual dan otomatis. Grinder manual membutuhkan tenaga tangan untuk memutar tuas penggiling hingga kopi menjadi halus. Sementara grinder otomatis memerlukan daya listrik untuk menggiling.

Memiliki penggiling manual atau otomatis, semua bergantung dengan kebutuhan dan selera kamu masing-masing ya. Pilihlah grinder yang hasil gilingannya cukup konsisten. Pada kebanyakan coffee shop, memang lebih banyak yang menggunakan grinder listrik supaya tidak kewalahan saat ramai pelanggan. Untuk kamu yang di rumah, bisa memilih yang manual. Tetapi hal itu kembali lagi pada selera kamu masing-masing ya.

2. Timbangan

Kebanyakan orang hanya mengira-ngira seberapa banyak bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kopi. Namun, perkiraan tersebut terkadang kurang akurat dan bisa saja menyebabkan kopi tidak terekstrak dengan maksimal. Untuk mempertahankan akurasi dan konsistensi cita rasa, maka diperlukan timbangan untuk mengukur takaran yang tepat.

Timbangan dapat memudahkan kamu, khususnya para pembuat kopi awam untuk mempersiapkan proses penyeduhan. Alat ini bisa memberikan takaran lebih akurat daripada hanya dengan mengira-ngira. Dengan adanya timbangan, kamu juga dapat mengukur dengan cepat seberapa banyak kopi yang kamu perlukan untuk setiap seduhan.

Timbangan juga berperan untuk mengukur banyaknya air seduhan. Sebaiknya pilihlah timbangan digital, karena ukuran yang dibutuhkan untuk menimbang kopi hanya sebatas beberapa gram saja. Dan dengan timbangan digital, akurasinya dapat kamu ketahui secara jelas.

3. Termometer

Agar hasil kopi buatanmu semakin maksimal, suhu air yang kamu gunakan untuk membuat kopi tidak boleh sembarangan ya. Merebus air terlebih dahulu lebih baik daripada menyeduh menggunakan air yang disimpan dalam termos. Namun, air yang baru saja mendidih sebaiknya jangan langsung digunakan untuk menyeduh kopi.

Suhu ideal air panas untuk membuat kopi adalah sekitar kisaran 90 °C. Gunakanlah termometer untuk mengecek suhu air tersebut agar kopi buatanmu semakin maksimal rasanya. Ingat, jangan menggunakan air yang terlalu mendidih saat membuat kopi.

4. Cerek

Alat ini terkesan sepele, tapi justru alat ini sangat perlu untuk kamu miliki jika kamu ingin membuat kopi. Alat ini berguna untuk menuangkan air panas ke dalam cangkir yang berisi kopi. Pilihlah model cerek yang paling nyaman untuk kamu gunakan. Atau pilihlah cerek dengan lubang yang kecil sehingga cerek ini mampu mengucurkan air secara perlahan dan sedikit demi sedikit.

5. Timer

Timer bukan merupakan alat wajib tersendiri yang perlu kamu miliki saat membuat kopi. Kamu bisa menggunakan ponsel pintar kamu untuk melakukan peran ini. Tetapi jika kamu tetap ingin memiliki timer, kamu bisa memilih timer sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bisa dengan timer yang memiliki indikator jarum atau digital.

6. Mesin Pembuat Kopi

Penggunaan timer tidak berlaku jika kamu memilih untuk menggunakan mesin pembuat kopi. Untuk kamu yang tidak ingin ribet tapi ingin rasa kopi yang enak dan mengesankan, gunakanlah mesin pembuat kopi.

Mesin pembuat kopi ini terdiri atas 5 jenis, yaitu mesin pembuat kopi super-automatic, mesin pembuat kopi automatic, mesin pembuat kopi semi-automatic, mesin pembuat kopi manual, dan mesin pembuat kopi komersial atau profesional.

Mesin pembuat kopi super-automatic adalah mesin yang dapat menggiling, memadatkan, dan memanaskan kopi sekaligus. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup tekan satu tombol, dan mesin ini akan segera membuat kopi sesuai dengan menu yang kamu pilih. Mesin pembuat kopi automatic yaitu digunakan untuk membuat kopi hanya dengan menggunakan satu kapsul kopi yang akan kamu minum.

Mesin pembuat kopi semi-automatic memiliki beberapa fitur, di antaranya boiler, portafilter dan sebuah lever. Kamu dapat menakar kopi yang ingin kamu buat dalam takaran yang tepat dengan menggunakan mesin tipe ini. Mesin-mesin kopi semi-automatic biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu manual control dan programmable doses.

Mesin pembuat kopi manual adalah mesin yang mengharuskan kamu untuk menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan, hingga lamanya ekstraksi. Sedangkan mesin pembuat kopi komersial atau profesional adalah mesin yang memiliki group head lebih dari satu guna menunjang kecepatan produksi dan memiliki ketahanan yang sangat kuat. Mesin tipe komersial pada umumnya menarik daya listrik sekitar 40-50 amps dalam kapasitas mencapai 220 volts. Mesin ini cenderung digunakan oleh barista profesional, karena cara penggunaannya lebih rumit dan teknikal.

Itu tadi adalah alat pembuat kopi yang perlu kamu miliki. Jika kamu tertarik untuk membeli mesin pembuat kopi, kamu bisa membelinya di iStyle. Di iStyle tersedia banyak variasi mesin pembuat kopi yang dapat kamu jadikan pilihan. Seperti biasa, jangan lupa untuk menggunakan Atome saat berbelanja di iStyle ya. Belanja di iStyle dengan metode pembayaran dari Atome banyak keuntungannya.

Keuntungan lagi buat kamu nih jika berbelanja menggunakan Atome khusus di bulan Agustus ini. Pada bulan ini Atome sedang mengadakan review competition. Cara untuk mengikutinya cukup mudah. Pertama-tama, kamu harus memastikan dulu bahwa kamu telah mengunduh aplikasi Atome dan mengikuti akun instagram Atome. Setelah itu berikan rating bintang 5 dan review menarik di Google Playstore mengenai pengalaman belanja di merchant yang kamu pilih untuk transaksi dengan Atome. Setelah itu screenshoot hasil review kamu dan unggah di Instagram dengan mention ke akun @atome.id. Cukup mudah bukan?

Pemenang dari kompetisi ini nantinya akan mendapatkan voucher MAP senilai Rp 200.000. Kabar menarik lainnya bahwa voucher senilai Rp 200.000 ini tersedia untuk 25 orang pemenang loh! Atome review competition berlangsung hingga tanggal 29 Agustus 2021. Yuk, buruan ikutan kompetisinya dan selalu gunakan Atome dalam transaksi belanjamu!