Blog

6 Cara Merawat Karpet Mobil Agar Awet Bertahun-Tahun

Jan 24 2022

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan. Karena selain aman dari terik matahari dan hujan, mobil juga memiliki kapasitas yang besar, dan bisa menampung banyak orang. Sehingga alat transportasi ini sangat laku di Indonesia.

Maka merawat dan mencuci mobil secara rutin adalah aktivitas yang sangat penting untuk menjaga performa dan kebersihan. Namun tahukah kamu kalau banyak pemilik mobil yang lupa atau malas membersihkan interior, termasuk karpet mobil? Nah, kali ini kami akan membagikan 6 cara merawat karpet mobil agar awet hingga bertahun – tahun lamanya!

1. Keluarkan Dari Mobil

Cara pertama, tentu saja kamu harus mengeluarkan karpet dari dalam mobil agar bisa membersihkannya secara maksimal. Karena membersihkan karpet di dalam mobil malah akan membuat kotoran di atas karpet menyebar ke mana – mana, dan malah membuat interior mobil semakin kotor.

Kamu juga harus memperhatikan betul cara mengeluarkan karpet dari mobil. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, tapi kalau sembarangan, bisa tersangkut di salah satu aksesori jok mobil. Alhasil, karpet kamu malah robek dan rusak.

Sehingga karpet harus ditarik perlahan dan harus dipastikan tidak sampai tersangkut. Setelah itu, kamu bisa menaruhnya di tempat terbuka dan berjarak tidak terlalu dekat dengan mobil. Apalagi kalau ada tumpahan noda cair seperti saus, kecap, atau minuman berwarna lainnya.

2. Sedot Hingga Bersih Pakai Vacuum Cleaner

Langkah selanjutnya, sedot karpet mobil menggunakan vacuum cleaner hingga bersih. Hal ini menjadi langkah awal sebelum dicuci. Jika kamu merasa menyedot karpet menggunakan vacuum sudah cukup, maka tidak perlu sampai mencucinya. Karena jika terlalu sering dicuci, karpet akan semakin cepat rusak, apalagi jika jenisnya beledu. Lalu bagaimana cara kita menentukan karpet yang perlu dicuci dan cukup disedot pakai vacuum cleaner?

Langkah pertama, kamu harus mengetahui seberapa ampuh vacuum cleaner-mu dapat membersihkan karpet. Karena ada yang daya sedotnya kuat dan lemah. Jika berdaya sedot kuat, maka selama karpet tidak terkena tinja, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner tersebut.

Tapi kalau daya serap lemah, kamu masih bisa menggunakannya untuk menyedot debu dan pasir pada karpet. Tapi jangan gunakan jika karpet sudah terkena noda cairan atau tinja, langsung dicuci saja!

Kamu juga bisa sekalian menyedot interior mobil hingga ke sudut tersempit menggunakan vacuum cleaner. Jadi sekali dayung, dua pulau terlampaui deh!

3. Basahi Dengan Air Bersih

Kalau kamu merasa karpetmu perlu dicuci, maka segera basahi dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan air dari bak atau ember, serta bisa juga menggunakan air bertekanan tinggi agar noda – nodanya semakin mudah untuk dibersihkan. Gimana caranya menyemprot air agar dapat bertekanan tinggi?

Kalau kamu pernah mendatangi jasa mencuci mobil atau sepeda motor, maka kamu bisa memperhatikan gimana caranya agar air yang keluar dari selang bisa bertekanan tinggi. Ya, alat yang dibutuhkan adalah spray gun, untuk mengatur volume dan tekanan air yang akan disemprotkan ke mobil. Selain itu, ada selang khusus untuk menyemprotkan air bertekanan tinggi. Gimana? Tertarik memiliki selang air bertekanan tinggi? Atau malah sudah punya di rumah?

4. Oleskan Sampo Khusus

Setelah membasahi karpet mobil, langkah selanjutnya adalah mengoleskan sampo atau sabun khusus karpet. Langkah ini cukup penting karena kamu harus memilih sampo karpet dengan cermat. Jangan menggunakan sembarang sampo, karena malah akan merusak bahan material karpet kesayanganmu. Lalu, sampo karpet apa yang bagus?

Ada beberapa sampo mobil yang bisa kamu pilih seperti Gyeon Bathe yang dibanderol harga sekitar 400 ribu rupiah. Meskipun agak mahal, tapi sampo ini memiliki busa lembut dan multifungsi, bisa dipakai untuk eksterior mobil dan sepeda motor juga. Selain itu, kamu bisa menggunakan sampo dari Kit, Turtle Wax, dan WAXCO.

5. Sikat Dan Bilas

Setelah mengoleskan sampo, jangan lupa sikat dan bilas karpet mobil agar bersih maksimal. Kamu harus memperhatikan jenis sikat agar tidak malah melukai material karpet. Gunakan sikat khusus mobil berbahan nilon yang bisa kamu beli di toko online. Harga sikat karpet ini sangat terjangkau, hanya sekitar 25 ribu rupiah saja.

Sikat karpet hingga noda menghilang, lalu bilas menggunakan air bersih. Kamu bisa menggunakan selang bertekanan tinggi agar noda – noda membandel hilang sepenuhnya. Pastikan tidak ada sampo yang tersisa di bagian atas atau bawah karpet. Karena tidak jarang pemilik mobil yang hanya membilas sisi atas karpet saja, tapi bagian bawahnya masih penuh dengan sampo.

6. Jemur Hingga Kering

Cara terakhir yang tidak kalah penting adalah menjemur karpet mobil hingga kering. Pastikan sinar matahari tidak mengenai karpet secara langsung, karena dapat mengubah warna karpet. Maka carilah tempat yang kering, tidak lembap, dan agak terbuka agar karpet kamu cepat kering.

Kalau kamu punya karpet bahan beledu, jangan langsung dijemur, tapi keringkan dulu pakai kain kering, lalu baru dijemur. Hal itu berfungsi agar karpet beledumu lebih cepat kering dan tidak apak.

Itulah 6 cara membersihkan karpet mobil agar awet hingga bertahun – tahun. Perlu diingat bahwa kamu harus membersihkan karpet secara rutin biar semakin awet, dan pilihlah karpet yang ukurannya pas dan nyaman dipakai. Jangan sampai karpet mobilmu malah mengganggu aktivitas berkendara. Bahkan ada jenis kasus kecelakaan tunggal karena pedal gas tertahan karpet. Jadi kamu harus waspada dan hati – hati dalam memilih karpet mobil ya!

Selain itu, pilihlah jenis karpet yang bagus dan berkualitas. Kamu bisa memilih karpet dengan teknologi Jepang berbahan velcro yang tahan air dan anti selip, agar awet bertahun – tahun dan mudah dibersihkan. Pusing cari karpet bagus dan berkualitas? Tidak perlu, karena kamu bisa membelinya di Trapo mumpung ada promo spesial!

Pembelian karpet di Trapo menggunakan Atome akan mendapat potongan Rp 150.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 1.500.000. Promo January Special Deals ini dimulai dari 1 hingga 31 Januari 2022, tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku. Tertarik upgrade karpet mobil dengan harga miring? Langsung belanja di Trapo saja ya!

Main keywords of the article: