7 tips memilih tempat bimbel yang bagus untuk pelajar

by Yen Fatahila

Jun 13 2022

Para pelajar seringkali kesulitan dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah karena berbagai alasan. Mulai dari penjelasan guru yang belum tuntas hingga metode pembelajaran di sekolah kurang efektif. Akibatnya, para pelajar terlambat menguasai materi pelajaran, tertinggal dari kemampuan temannya yang lain, dan kesulitan saat mengerjakan ujian akhir. Prestasi belajar pun menurun dan motivasi siswa untuk berangkat sekolah pun ikut menurun. Apakah kamu termasuk pelajar atau orang tua pelajar yang sering menghadapi masalah ini? Jangan diamkan saja! Segera bangkitkan motivasi belajar dengan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Mengandalkan pembelajaran di sekolah saja tidak cukup. Kalaupun harus belajar sendiri di rumah juga kurang maksimal, karena tidak adanya tutor yang membantu. Tugas – tugas bukannya selesai, tapi malah bingung harus mengerjakan mulai dari mana dulu. Di sinilah pentingnya mencari tempat bimbel yang bagus untuk memaksimalkan belajar dan membantu pelajar ketika ada kesulitan. Ikuti tips memilih tempat bimbel yang bagus beserta rekomendasi terbaiknya berikut ini.

Tips Memilih Tempat Bimbel Yang Bagus

Saat ini tersedia banyak tempat bimbel di luar sekolah yang menyediakan berbagai program belajar tambahan. Pastikan memilih tempat bimbel terpercaya yang dapat memudahkan siswa dalam belajar dan meraih prestasi di sekolah. Perhatikan beberapa tips berikut dalam memilih tempat bimbel yang bagus untuk pelajar.

1. Pilih Program Bimbel Sesuai Kebutuhan

Setiap lembaga menawarkan program bimbel yang berbeda – beda. Mulai dari bimbel untuk pelajar SD, SMP, SMA, atau khusus persiapan menghadapi Ujian Nasional, SNMPTN, dan lain lainnya. Sebelum mendaftar bimbel, pastikan tempat yang kamu tuju menyediakan program bimbel yang tepat sesuai kebutuhanmu.

2. Perhatikan Metode Pembelajaran Yang Digunakan

Setiap tempat bimbel juga menawarkan metode pembelajaran yang berbeda – beda. Ada yang hanya menyediakan bimbingan secara online melalui video. Ada pula yang menyediakan pembelajaran tatap muka secara langsung. Beberapa tempat bimbel juga menawarkan layanan privat, sehingga pelajar bisa dimentori langsung secara one and one. Sebaiknya pilih tempat bimbel yang menyediakan bimbingan online sekaligus offline, sehingga materi belajar dapat dipahami secara maksimal.

3. Pilih Tutor Profesional

Perhatikan juga latar belakang tutor yang akan membantu siswa dalam belajar. Pastikan tenaga pendidiknya profesional dan berpengalaman mengajar sesuai mata pelajaran dan tingkatan pendidikan siswa.

4. Pertimbangkan Lokasi Dan Kenyamanan Tempat

Jika memilih tempat bimbel offline, sebaiknya pilih lokasi bimbel terdekat dari sekolah atau tempat tinggal. Sehingga siswa tidak perlu jauh – jauh pulang pergi setiap hari. Bandingkan jika untuk berangkat ke tempat bimbel harus melewati rute perjalanan yang jauh dan terjebak macet pula. Sesampainya di tempat bimbel pasti sudah tidak mood dan pembelajaran pun menjadi kurang maksimal. Perhatikan juga kenyamanan tempat bimbel. Utamakan lokasi bimbel berada di tempat yang tidak terlalu ramai, agar bisa lebih fokus dalam belajar.

5. Cari Tahu Fasilitas Bimbingan Belajar

Biasanya tempat bimbel juga menyediakan fasilitas tambahan, seperti buku, materi video, kuis, hingga konsultasi orang tua dan tutor untuk evaluasi. Pilih tempat bimbel yang tidak hanya menawarkan program belajar standar, tapi juga memberikan fasilitas tambahan untuk memaksimalkan pengembangan diri siswa.

6. Cari Tahu Testimoni Dan Prestasi Tempat Bimbel

Salah satu bukti kesuksesan suatu lembaga bimbingan belajar yaitu dilihat dari prestasinya. Pilih tempat bimbel yang terbukti membantu siswa lulus ujian nasional dengan hasil bagus atau diterima di perguruan tinggi yang bagus. Cari tahu juga testimoni alumni selama mengikuti bimbel di tempat tersebut, apakah memuaskan atau tidak.

7. Pertimbangkan Biaya

Soal biaya juga wajib dipertimbangkan sejak awal. Jangan asal pilih tempat bimbel yang menawarkan layanan termurah, tapi belum terjamin kualitasnya. Utamakan kualitas, namun tetap perhatikan biaya yang ditawarkan tergolong wajar. Pastikan juga biayanya sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

New Primagama: Rekomendasi Tempat Bimbel Terbaik Untuk Pelajar

Sekarang tidak perlu bingung mencari tempat bimbel terbaik berdasarkan tips di atas. New Primagama adalah tempat bimbel yang bagus dengan banyak keunggulan, di antaranya:

1. Berpengalaman Puluhan Tahun

Primagama telah berdiri sejak 1982 dan kini telah memiliki lebih dari 300 cabang di berbagai kota di Indonesia. Bukan soal kuantitas, namun hal ini menjadi bukti bahwa Primagama diterima masyarakat luas dalam membantu siswa meningkatkan prestasi akademik.

2. Program Bimbel Lengkap

Ada empat program bimbel Primagama yang bisa diikuti, yaitu:

  • Program bimbel khusus pelajar kelas 1-6 SD
  • Program bimbel untuk pelajar kelas 7-9 SMP
  • Program bimbel untuk pelajar kelas 10-11 SMA
  • Program bimbel untuk pelajar kelas 12 SMA dan alumni yang ingin mempersiapkan SNMPTN

3. Menyediakan Metode Hybrid Learning Yang Efektif

Saat ini Primagama berevolusi menjadi New Primagama yang berkolaborasi dengan platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius. New Primagama menghadirkan metode hybrid learning yang dikemas dalam two teachers model, yaitu online dan offline. Jadi, siswa dapat belajar lebih fleksibel dari tutor Zenius secara online, kemudian memperdalam materi dengan pembelajaran tatap muka dari tentor New Primagama.

4. Dukungan Fasilitas Terbaik

Tidak hanya menyediakan pembelajaran langsung, peserta didik juga dapat mengakses fasilitas belajar lainnya yang tak kalah penting. Mulai dari akses ke 90.000 lebih video belajar Zenius, smart book tematik berdasarkan jenjang pendidikan, serta buku latihan soal.

5. Tutor Profesional Berpengalaman

Semua tutor New Primagama juga mengutamakan profesionalitas, berasal dari latar belakang pendidikan sesuai materi yang diajar, dan berpengalaman mengajar siswa.

6. Layanan Konsultasi Dan Monitoring Anak

Untuk membantu meningkatkan prestasi akademik siswa, orang tua juga bisa berkonsultasi dengan tutor New Primagama terkait perkembangan anak – anaknya. Para siswa yang ingin berkonsultasi secara khusus dengan tutor juga bisa, termasuk sesi doubt-solving dan konsultasi jurusan pendidikan ke depannya.

7. Terbukti Sukses Dan Berprestasi

Berdasarkan sejumlah testimoni alumni, Primagama terbukti membantu banyak siswa dalam meraih prestasi akademik terbaik. Mulai dari memenangkan olimpiade hingga diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN atau tes tulis.

Terkadang, mengandalkan kegiatan belajar di sekolah saja tidak cukup. Jika siswa harus belajar sendiri di rumah juga kurang maksimal, karena tidak ada tutor yang dapat membantunya. Karena itulah, penting bagi pelajar untuk mengikuti program bimbel tambahan di luar sekolah untuk menunjang prestasi akademiknya. Tak perlu bingung memilih tempat bimbel yang bagus untuk pelajar SD, SMP, dan SMA. Daftarkan diri kamu ke cabang Primagama terdekat atau cari tahu infonya di website Primagama. Materi belajar lengkap, tutor profesional, dan kini juga menyediakan akses pembelajaran secara online. Primagama juga telah bekerjasama dengan Atome, sehingga kamu dapat mendaftar berbagai programnya tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Cukup gunakan fasilitas cicilan 0% dari Atome dan bayar tagihannya setiap bulan tanpa tambahan DP dan biaya admin. Tenor cicilannya juga cukup lama, yaitu hingga 1 sampai 12 bulan. Menariknya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan promo spesial dari Atome. Yuk, daftar sekarang!

Di bulan Juni 2022 ini, Atome menggelar Mid Year Campaign yang berisikan banyak event seru loh! Bertemakan Own Your Expression, acara ini dimeriahkan dengan beberapa acara yang bisa kamu ikuti, seperti:

Own Your Expression Challenge IG: Tunjukan outfit terbaikmu dan break the stigma dengan swipe words yang ada pada filter and show your best catwalks! We are here to break the stigma that people keep telling you about how to dress up in your daily live! Info lebih lengkap, bisa kamu cek di Instagram Atome Indonesia ya!

Own Your Expression Challenge TikTok : Tunjukan perubahan outfit dari daily outfit-mu yang boring ke Own Your Expression! Gunakan sound Own Your Expression dan buat transisinya. Periodenya mulai 11 hingga 23 Juni 2022, yuk, ikutan!

Ada juga Virtual Runway Livestream pertama dengan real model yang ditampilkan di 7 negara di Asia. Live Streamingnya bisa kamu saksikan di IG @atome.id pada 25 Juni 2022. Kamu berkesempatan untuk menyaksikan koleksi terbaru dan terbaik dari brand – brand ternama! Pastikan kamu jadi salah satu yang pertama kali mengetahui soal koleksi terbaru dari masing – masing brand tersebut!

Dan yang terakhir ada ATOME FANTASTIC WEEK! Mulai dari tanggal 17 Juni 2022 Atome akan memberikan promo ter-epic, baik untuk pengguna baru atau setia dari Atome! Stay tune terus di Instagram @atome.id dan download Atome sekarang buat menikmati keseruan belanja sekarang bayar nanti dengan promo potongan yang super fantastic, cuma di ATOME FANTASTIC WEEK!

Main keywords of the article:

First Order up to 10% off
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia cooperates PT Atome Finance Indonesia which is licensed and supervised by Otoritas Jasa Keuangan

Consumer Complaints Service
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Directorate General of Consumer Protection and Orderly Commerce
Ministry of Trade of the Republic of Indonesia
Whatsapp Directorate General of PKTN: 0853 1111 1010