Cara smoothing rambut sendiri dan rekomendasi obatnya

by Yen Fatahila

Jul 13 2022

Smoothing adalah proses kimia menggunakan bahan – bahan tertentu yang bertujuan untuk meluruskan rambut. Smoothing rambut terbukti efektif untuk menghaluskan kutikula rambut, menambah kelembutan, serta menjadikannya tidak terlalu kusut. Prosesnya butuh waktu yang lumayan lama, minimal 3,5 jam ketika di salon. Namun hasilnya tampak cantik dan lurus natural. Tak heran, biaya smoothing rambut di salon cenderung mahal. Untuk menghemat pengeluaran, coba lakukan smoothing sendiri di rumah dengan menggunakan alat dan obat smoothing terbaik yang dijual bebas. Tapi sebelumnya, simak cara smoothing rambut beserta cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula berikut ini.

Cara Smoothing Rambut Sendiri

Ikuti Langkah – langkah smoothing rambut berikut ini untuk menghasilkan rambut lurus natural dan sehat.

  • Keramas menggunakan air dingin agar pori – pori kulit kepala tidak terbuka dan jangan pakai conditioner.
  • Keringkan rambut dengan handuk, namun jangan sampai kering total. Biarkan rambut sedikit basah agar saat di-smoothing tidak kusut dan kusam.
  • Sisir dan bagi rambut menjadi 2 hingga 6 bagian tergantung panjang dan ketebalan rambut. Gunakan jepit rambut untuk menahan bagian rambut tersebut.
  • Oleskan krim smoothing. Lepaskan jepit pada salah satu bagian rambut, lalu oleskan krim smoothing secara merata dari pangkal rambut hingga ujung. Krimnya jangan sampai menempel di kulit kepala agar tidak menimbulkan rasa perih dan gatal
  • Tunggu krim meresap sekitar 20 menit atau lebih.
  • Bilas dengan air hangat untuk membersihkan krim.
  • Keringkan rambut dengan handuk atau hair dryer. Jika menggunakan handuk, tekan secara perlahan untuk mengeringkan. Jangan menggosoknya secara kasar.
  • Beri vitamin rambut saat rambut dalam kondisi setengah kering.
  • Catok rambut saat rambut benar – benar telah kering. Panaskan alat catok hingga 200°, lalu catok rambut dari pangkal sampai ujung. Catok rambut secara merata dan cukup 1-2 jali pengulangan tiap helai agar rambut tidak rusak.
  • Perawatan rambut setelah smoothing. Cara smoothing rambut agar tidak gagal ada tiga, yaitu gunakan sampo khusus saat keramas, pakai conditioner, dan creambath 1-2 minggu sekali.

Rekomendasi Obat Smoothing Rambut

Setelah mengetahui cara merawat rambut smoothing, sekarang ketahui juga rekomendasi obat catok rambut yang bagus untuk smoothing.

1. Obat Smoothing Matrix Opti Straight

Obat smoothing ini menggunakan teknologi auto control yang mampu mempertahankan struktur rambut selama proses pelurusan. Sehingga mampu untuk menghasilkan rambut tampak lurus alami dan terasa lembut. Ada empat varian yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Extra resistant untuk rambut sangat tebal dan kasar.
  • Resistant untuk rambut tebal.
  • Normal untuk rambut bertekstur sedang.
  • Sensitized untuk rambut sensitif atau pernah mengalami proses kimia, seperti pewarnaan atau pelurusan.

2. Shiseido Perm Crystallizing Straight

Jika mencari obat pelurus rambut tanpa catok, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Formulanya dapat menjaga kelembapan rambut serta menjadikannya tampak lurus, lembut,  dan berkilau.  Ada tiga varian yang bisa dipilih sesuai jenis rambut, yaitu:

  • Straight H untuk rambut resisten dan natural
  • Straight N untuk rambut natural dan sensitif
  • Straight EX untuk rambut sangat resisten

3. Makarizo Rebonding System 

Obat yang satu ini diperkaya dengan kolagen, sehingga dapat mengatasi hilangnya kolagen pada rambut akibat proses pelurusan. Di dalamnya juga terdapat protein untuk melembapkan rambut dan keratin yang mampu menjaga rambut agar tetap lembut dan berkilau. Formulanya juga dapat membantu mengurangi muatan elektrostatik agar rambut terlihat lurus alami. Menariknya lagi, obat smoothing dari Makarizo ini punya aroma yang lembut dan tidak terlalu menyengat.

4. Sleek et Lise (Step 1 Strong + Step 2 Neutral)

Obat pelurus rambut ini menggunakan teknologi hair sleeking dengan fungsi multi-ion nano straight. Sehingga rambut tampak lurus dan lembut dalam waktu lebih lama. Produk ini hadir dalam 2 varian, yaitu:

  • Strong untuk pemilik rambut keriting , tebal, atau kribo.
  • Normal untuk pemilik rambut tipis atau kamu yang pernah meluruskan rambut sebelumnya.

5. Good Hair Straightening & Waving Cream 

Obat ini cukup unik, karena berfungsi ganda, yaitu untuk meluruskan dan mengeritingkan rambut. Obat smoothing ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka mewarnai rambut. Karena kandungan di dalamnya mampu meluruskan atau mengeritingkan rambut tanpa merusak struktur rambut. Sehingga rambut terhindar dari masalah warna yang memudar atau mudah patah.

6. Y2000 Self Hair Straightening Gel Smoothing 

Obat smoothing ini diformulasi dari bahan – bahan yang aman untuk semua jenis rambut, baik itu normal, resistance, maupun sensitif. Formulanya juga dapat  menjadikan rambut tampak lurus alami dan berkilau. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup keramas, oleskan krim smooting, keringkan, lalu catok rambut dengan sempurna.

7. Gentle Fever Down Foam 

Obat smoothing dari Korea Selatan tidak hanya bisa dipakai wanita, tapi juga para pria. Hanya dengan penggunaan 10 menit, rambut tampak lebih lurus dalam waktu lama. Terbuat dari bahan – bahan alami, minyak argan, bunga camelia, pohon baobab, dan minyak pohon teh. Perpaduan bahan tersebut dapat menutrisi rambut agar tetap sehat dan mudah diatur, termasuk untuk rambut yang mengembang.

8. NR Softline Silky Smooth 

Obat smoothing dari NR ini terdiri dari duaproduk, yaitu Step 1 dan Step 2. Di dalamnya mengandung keratin yang dapat menutrisi batang rambut agar lebih kuat dan tidak rapuh. Ada juga olive oil yang menjadikan rambut terasa lebih lembut dan berkilau. Bahannya juga aman, karena terbebas dari kandungan formaldehyde. Dari segi aroma juga lembut dan tidak terlalu menyengat, sehingga terasa nyaman saat diaplikasikan.

9. L’Oreal X-Tenso Moisturist 

L’Oreal menghadirkan obat smoothing yang dilengkapi teknologi nutri cationic untuk mengatasi masalah rambut keriting, resistance, dan susah diatur. Obat ini juga dapat membantu mempertahankan volume rambut. Dengan pemakaian yang tepat, rambut akan terasa lebih lembut, bebas kusut, dan berkilau indah. Kamu pun bisa mendapatkan model rambut slight wave atau relaxed look yang tampak keren.

10. Lamei Hahonico Hair Straight Set

Obat smoothing ini diperkaya dengan protein dan vitamin khusus yang mengombinasikan keratin dan amino oil untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Mulai dari rambut keriting, kering, dan mengembang. Teksturnya berupa cream dan sedikit cair, sehingga mudah diaplikasikan. Soal keamanan juga terjamin, karena telah terdaftar di BPOM dan bersertifikat halal. Mendapatkan rambut lurus dan tampak lebih cantik ternyata sangatlah mudah. Cukup lakukan smoothing sendiri di rumah dan lakukan perawatan rambut smoothing secara maksimal agar hasilnya bagus. Gunakan obat smoothing terbaik yang terjamin aman dan berkualitas dengan membelinya di JD.ID. Checkout dengan menggunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dalam waktu 1 sampai 12 bulan. Untungnya lagi, pengguna Atome juga berkesempatan belanja lebih hemat dari adanya voucher diskon eksklusif dari 6.500 lebih merchant yang bekerjasama. Makanya, download dan gunakan Atome sekarang juga! Ikuti juga semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru.

Main keywords of the article:

First Order up to 10% off
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia cooperates PT Atome Finance Indonesia which is licensed and supervised by Otoritas Jasa Keuangan

Consumer Complaints Service
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Directorate General of Consumer Protection and Orderly Commerce
Ministry of Trade of the Republic of Indonesia
Whatsapp Directorate General of PKTN: 0853 1111 1010