10 cara packing koper atau bagasi yang benar dan hemat ruang

Oct 25 2022

Mengemasi pakaian dan perlengkapan liburan ke dalam koper memang gampang – gampang susah. Kelihatannya hanya sekedar memasukkan barang ke dalam tas. Tapi ternyata butuh teknik khusus agar semua barang bisa muat ke dalam tas. Kamu juga harus pintar – pintar memilih barang bawaan agar tak terlalu makan banyak ruang. Pastikan juga barang bawaan di dalam koper tersusun dengan rapi, sehingga memudahkanmu untuk mengambilnya. Bagaimana caranya? Simak ulasan beserta tipsnya di bawah ini.

Pentingnya Berkemas Secara Terorganisir

Jika selama ini kamu terbiasa packing koper secara asal – asalan, sekarang waktunya untuk kamu agar mengubah kebiasaan tersebut. Mulai praktekkan cara berkemas secara terorganisir untuk mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

  • Untuk memastikan semua barang bisa muat ke dalam tas. Karena dengan trik packing yang tepat bisa lebih menghemat ruang dan memungkinkan semua barang bisa muat ke dalam tas.
  • Lebih rapi dan mudah diambil. Sebab, teknik pengemasan secara terorganisir mengutamakan kerapian dan kemudahan untuk mengambilnya.
  • Untuk memaksimalkan fungsi tas, misalnya dengan memanfaatkan semua kantong yang selama ini sering diabaikan.
  • Mencegah lupa bawa barang tertentu. Karena pengemasan terorganisir membiasakan kita untuk selalu membuat checklist bawang bawaan.
  • Mencegah tas overpack agar tetap aman dan nyaman, lewat pemilihan barang bawaan dan teknik pengemasan yang tepat.

Dampak Koper Memuat Terlalu Banyak Barang Bawaan

Salah satu tujuan utama melakukan pengemasan koper yang benar yaitu mencegah terjadinya overpack alias kelebihan muatan. Ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi akibat koper memuat terlalu banyak barang bawaan, di antaranya:

  • Beban koper semakin berat, sehingga kamu pun lebih cepat lelah saat membawanya. Bahkan, bisa jadi kamu tak kuat untuk membawanya.
  • Menyulitkan kamu bergerak bebas karena terlalu berat atau terlalu besarnya koper yang dibawa.
  • Tidak bisa memuat barang tambahan, misalnya ketika ingin membawa pulang oleh – oleh atau barang lainnya.
  • Tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat, karena kapasitasnya melebihi batas minimum berat dan ukuran kabin.
  • Tarif bagasi lebih mahal, karena semakin berat dan besar ukuran koper, maka biaya bagasinya semakin mahal.

Cara Packing Koper Yang Benar Dan Hemat Ruang

Mengemasi barang bawaan ke dalam koper bukan soal pengalaman semata. Tapi juga dibutuhkan metode dan teknik khusus untuk memaksimalkan ruang di dalamnya. Ikuti 10 tips packing koper berikut ini untuk melakukan pengemasan yang benar dan hemat ruang.

1. Sesuaikan Dengan Moda Transportasi Yang Akan Dipakai

Setiap moda transportasi punya kapasitas yang berbeda dalam menampung barang bawaan. Jadi, pilih tas dan tentukan seberapa banyak barang bawaanmu nanti berdasarkan jenis transportasi yang akan kamu pakai. Jika membawa mobil pribadi mungkin bisa memuat lebih banyak barang bawaan. Tapi jika naik pesawat atau kereta, pastikan berat dan ukurannya tidak melebihi batas maksimum yang ditentukan.

2. Gunakan Tas Serbaguna Dan Utamakan Ukuran Kecil

Jika sudah tahu berapa kapasitas maksimum yang bisa kamu bawa, sekarang waktunya pilih tas yang tepat sesuai aturan tersebut. Sebaiknya pilih model tas serbaguna yang dapat menampung banyak barang dan mudah dibawa, seperti koper. Ada baiknya juga untuk lebih mengutamakan koper berukuran kecil agar beratnya lebih ringan.

3. Buat Daftar Rencana Pakaian Setiap Harinya

Jangan langsung mengambil semua pakaian di lemari dan memasukkannya ke dalam koper. Tapi buatlah daftar rencana pakaian apa saja yang akan kamu pakai selama liburan nanti. Misalnya, liburan 2 hari 3 malam butuh 3 setelan baju, berarti kamu cukup mengambil 3 setelan baju dari lemari. Buat juga daftar untuk perlengkapan lain yang harus dibawa, mulai dari peralatan mandi, makeup, obat – obatan, dan lainnya yang akan kamu perlukan.

4. Pilih Pakaian Yang Lebih Ringan Dan Tidak Memakan Banyak Tempat

Dalam memilih pakaian juga harus jeli. Jangan hanya mengutamakan model dan desain yang paling kamu suka. Tapi pilih juga yang bahannya ringan dan tidak memakan terlalu banyak ruang di dalam koper. Hindari bahan jeans atau jaket tebal yang terlalu banyak memakan tempat, kecuali memang dibutuhkan.

5. Utamakan Pakaian Yang Mudah Dipadu Padankan

Supaya tidak perlu membawa banyak baju, lebih bawa pakaian yang mudah dipadu padankan. Jadi, cukup 1-2 jenis outfit, tapi bisa dipakai untuk tampilan baju yang berbeda. Misalnya, membawa kemeja flanel yang bisa dipakai kemeja tutup untuk tampilan formal sekaligus dijadikan outer untuk tampilan kasual.

6. Bawa Perlengkapan Mandi Dan Kosmetik Travel Size

Untuk menghemat ruang dalam koper, jangan langsung membawa semua perlengkapan mandi dan kosmetik berukuran besar yang biasa kamu pakai. Bawa seperlunya saja dan utamakan memilih ukuran lebih kecil atau yang biasanya dijual dalam kemasan travel.

7. Packing Pakaian Dengan Cara Yang Tepat

Mengemasi pakaian ke dalam koper itu tak boleh asal – asalan. Pertama, ambil semua pakaian yang akan dibawa dan kumpulkan berdasarkan jenisnya. Lalu, gulung pakaian secara rapi satu per satu. Teknik ini lebih menghemat ruang daripada melipatnya seperti biasa. Kemudian, susun per lapis hingga semua ruang terisi.

8. Gunakan Metode Pengemasan Kubus

Kamu juga bisa menerapkan metode pengemasan kubus agar dapat mengambil barang bawaan lebih mudah. Caranya, masukkan tiap perlengkapan ke dalam kantong vakum khusus yang berbentuk seperti kubus. Misalnya, pisahkan kantong khusus perlengkapan mandi, perlengkapan kosmetik, underwear, dan pakaian biasa. Lalu masukkan kantong – kantong tersebut ke dalam koper.

9. Maksimalkan Semua Ruang Yang Ada

Saat ini banyak tas serbaguna yang dirancang dengan kantong – kantong tambahan di dalam maupun di bagian luar. Manfaatkan semua kantong itu dengan mengisikan sejumlah barang sesuai fungsi dan ukurannya.

10. Pertimbangkan Opsi Cuci Pakaian Selama Bepergian Atau Membeli Yang Baru

Industrial washing machines in a public laundromat.

Demi mencegah overpacking, kamu juga bisa mempertimbangkan opsi mencuci pakaian selama liburan di tempat tujuan. Jadi, tidak perlu membawa banyak setelan baju. Cukup bawa seperlunya dan nantinya cuci terlebih dahulu untuk memakainya lagi. Saat ini banyak hotel dan penginapan yang menyediakan laundry, jadi coba manfaatkan fasilitas itu. Atau jika ingin setelan baju lainnya yang berbeda, kamu juga bisa membeli baju baru di tempat tujuan nanti. Tapi ingat, tetap beli seperlunya. Karena kamu pun harus memastikan kopermu nanti tidak overpack saat dibawa pulang.

Dapatkan Tas Travel Tumi Menggunakan Atome!

Salah satu tips mengemasi perlengkapan traveling secara efektif yaitu dengan memilih tas travel yang tepat. Dapatkan berbagai koleksi tas terbaik dari Tumi untuk menunjang kebutuhan liburanmu. Mulai dari koper, duffel, travel backpack, hingga koleksi tote bag dan sling bag. Langsung kunjungi gerai Tumi terdekat atau belanja secara online via website. Gunakan metode pembayaran Atome saat bayar ke kasir atau online checkout untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa biaya tambahan. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Dapatkan juga kesempatan menikmati voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat. Download Atome sekarang dan rasakan semua manfaatnya!

Main keywords of the article: