Blog

10 latihan fitnes untuk diet menurunkan berat badan

Jun 22 2022

Punya impian menurunkan berat badan, tapi malas berolahraga? Sebaiknya buang jauh – jauh impian tersebut. Ingat, diet yang sehat butuh penerapan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan. Tentu saja, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Tidak cukup hanya dengan menurunkan porsi makan atau minum obat – obatan diet. Butuh latihan fisik secara rutin untuk membakar kalori lebih banyak dan membiasakan tubuh menyimpan kalori lebih rendah.  Lagi pula, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, memperkuat tulang, dan memperbaiki suasana hati. Beberapa jenis olahraga yang efektif menurunkan berat badan, yaitu lari, lompat tali, berenang, bersepeda, yoga, dan lain lainnya.

Di luar banyaknya manfaat olahraga, tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang malas berolahraga. Apalagi kalau sendirian dan tidak ada temannya. Untuk menyiasati hal ini, lebih baik bergabung dengan klub fitnes di tempat gym terdekat. Selain mempertemukanmu dengan banyak teman, gym juga punya banyak kelebihan dibanding olahraga mandiri di rumah. Mulai dari pilihan kelas sesuai kebutuhan, kelengkapan fasilitas penunjang, serta trainer profesional yang berpengalaman. Khusus program fitnes menurunkan berat badan juga ada loh! Jadi, kamu akan diajak latihan fisik rutin untuk menurunkan berat badan secara maksimal. Berikut beberapa jenis latihan fitnes yang efektif untuk diet menurunkan berat badan.

1. Bakar Kalori Dengan Latihan Angkat Barbel

Barbel adalah peralatan penunjang dalam latihan angkat beban dan angkat besi. Selain berguna membentuk massa otot, angkat barbel juga bisa menjadi latihan fisik yang efektif dalam menurunkan berat badan. Berat barbel yang berat dapat membantu membakar lebih banyak kalori, menyehatkan jantung, serta meningkatkan kepadatan tulang. Alat ini juga membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

2. Bakar Kalori Pada Tangan Dengan Dumbbell Rows

Asian woman doing shoulder press exercise, lifting dumbbell over head.

Jika kamu kesulitan angkat barbel yang cenderung lebih berat, coba latihan angkat dumbbell rows terlebih dahulu. Bentuknya lebih kecil dan beratnya lebih ringan daripada barbel. Cara menggunakannya juga lebih mudah. Kamu bisa mengaplikasikan gerakan squat thruster dan deadlift upright row. Latihan dumbbell rows secara rutin efektif membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

3. Alternatif Lari Dalam Ruangan Dengan Treadmill

Lari termasuk salah satu olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan lebih optimal. Buat kamu yang malas jogging di luar ruangan, lebih baik lari menggunakan treadmill di tempat gym terdekat. Cukup atur kecepatan mesin dan mulai berlari atau jalan santai. Latihan ini dapat membantu membentuk otot, meningkatkan fungsi otak, dan tentunya membakar kalori untuk menurunkan berat badan.

4. Alternatif Naik Turun Tangga Dengan Stepmill

Ada juga peralatan praktis yang bisa menjadi alternatif olahraga naik turun tangga. Namanya adalah stepmill yang terdiri dari pijakan tangga layaknya tangga eskalator. Dengan menggunakan alat ini secara rutin, proses pembakaran lemak pada tubuh dapat berjalan lebih cepat dan menyenangkan. Alat ini juga terjamin aman, jadi tak perlu takut tergelincir saat memakainya.

5. Perkuat Otot Dengan Latihan Di Sepeda Statis

Mengayuh sepeda termasuk salah satu olahraga yang dapat memperkuat otot sekaligus membakar kalori. Namun, sama halnya dengan berlari di treadmill, kadang kamu juga ingin bersepeda dari dalam ruangan tanpa harus kepanasan. Karena itulah, coba gunakan sepeda statis yang didesain mirip sepeda kayuh. Latihan menggunakan alat ini membantumu menghilangkan lemak jahat dalam tubuh dan memperkuat otot, khususnya pada bagian kaki.

6. Bakar Lemak Di Sekitar Perut Dengan Gym Ball

Gym ball adalah olahraga menggunakan bola berukuran besar untuk meregangkan otot yang biasanya sering dilakukan ibu hamil. Namun, kamu yang tidak hamil juga bisa melakukannya untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satu gerakan yang bisa kamu coba yaitu dengan duduk di atas bola. Gerakan ini dapat melatih otot perut dan punggung agar posisi tulang belakang dan panggul tetap seimbang. Selain mengencangkan otot, gerakan tersebut juga dapat membakar lemak dan membantu mengecilkan perut.

7. Latih Otot Perut Dengan Elliptical Machine

Penggunaan alat ini mirip dengan sepeda statis dan treadmill, yaitu cukup ayunkan kaki dan tangan untuk melatih otot perut. Latihan di elliptical machine efektif untuk mengencangkan otot, menghancurkan lemak jahat pada perut, dan mengecilkan paha. Alat ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera, karena di dalamnya terdapat fitur yang berguna mengurangi benturan pada persendian.

8. Lakukan Gerakan Mendayung Dengan Rowing Machine

Jika mencari alternatif olahraga mendayung di dalam ruangan, rowing machine bisa menjadi latihan fisik yang tepat. Tujuan utamanya yaitu melatih kekuatan otot lengan dan punggung. Di samping itu, alat ini juga mampu menggerakan lebih dari 80% massa otot dan efektif membakar kalori tubuh secara lebih cepat.

9. Bakar Lemak Perut Dengan AB Roller Machine

Bagi para pemilik perut buncit, kamu bisa mencoba latihan fisik dengan AB roller machine untuk menghasilkan bentuk perut yang ideal. Sekilas cara menggunakannya mirip dengan gerakan push up, namun dengan bantuan roller machine yang dapat melatih keseimbangan. Alat ini membantu membakar kalori dan lemak di area perut, sehingga tubuh lebih sehat dan terlihat atletis.

10. Sit Up Dengan Bench Press

Beberapa orang kesulitan melakukan sit up di rumah sendirian. Padahal, gerakan tersebut juga efektif memperkuat otot perut dan membantu merampingkannya. Untuk melakukan gerakan sit up secara lebih mudah, coba gunakan bench press yang berbentuk seperti papan ini. Alat ini memudahkanmu dalam melakukan banyak gerakan untuk melatih kekuatan otot perut dan tangan, serta membantu menurunkan berat badan.

Promo Atome Gym Lovers

Kabar baik untuk pengguna Atome yang suka nge-gym, karena ada promo spesial di tempat gym ternama selama bulan Juni 2022 ini. Dapatkan potongan Rp 200.000 dengan minimal transaksi Rp 2.500.000 di beberapa tempat gym menarik yang bekerjasama dengan Atome. Promo berlaku di setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu pada tanggal 4-5 Juni, 11-12 Juni, 18-19 Juni, dan 25-26 Juni 2022. Berikut daftar tempat gym yang memberikan promo spesial ini:

  • Absolutfit Gym. Tempat gym yang menyediakan beberapa kelas, seperti aerobic class, salsation class, zumba class, carbox class, serta layanan personal trainer.
  • Osbond Gym. Penyedia layanan kebugaran dan fitnes terlengkap dengan menggunakan peralatan modern dari brand – brand ternama, seperti Impulse, Panatta, Insight, Arsenal Strength, Infinite, dan lain lainnya.
  • Fit Hub. Penyedia layanan gym premium dengan personal trainer dan beberapa pilihan kelas tanpa batas. Mulai dari zumba, yoga, pound fit, cycling, weight training, dan beragam kelas menarik lainnya.

Diet menurunkan berat badan secara sehat memang tidak bisa instan. Selain mengatur pola makan, terapkan juga gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga. Latihan fitnes di gym adalah alternatif terbaik untuk olahraga secara praktis dan dibimbing trainer berpengalaman. Seperti di beberapa gym terbaik yang bekerjasama dengan Atome di atas. Fasilitas penunjangnya lengkap dan ada berbagai kelas yang bisa kamu ikuti. Menariknya lagi, kamu juga bisa membayar biaya gym dengan menggunakan metode pembayaran Atome. Jadi, kamu bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% dengan tenor hingga 1 sampai 12 bulan tanpa tambahan DP dan biaya admin. Apalagi, selama transaksi di bulan Juni 2022 ini ada promo spesial seperti yang telah disebutkan di atas. Latihan fitnes pun jadi terasa lebih seru dan memuaskan. Yuk, jalankan program dietmu sekarang juga di tempat – tempat gym yang bekerjasama dengan Atome!

Main keywords of the article: