Blog

10 Manfaat Bersepeda Yang Wajib Kamu Ketahui

Nov 08 2021

Siapa dari kamu yang gemar bersepeda? Bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang jadi banyak dipilih oleh masyarakat di kala pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, kegiatan bersepeda juga merupakan olahraga yang cukup menyenangkan karena bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga. Nah, tahukah kamu apa saja manfaat dari bersepeda? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak manfaat bersepeda berikut ini:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat bersepeda bagi tubuh kamu yang pertama adalah dapat meningkatkan kekuatan otot. Ketika bersepeda, hampir semua anggota tubuh dan otot kamu ikut terlibat. Jika kamu rutin bersepeda, maka kamu akan mendapatkan otot yang kuat dan fleksibel. Hasilnya, tubuh kamu akan mendapatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

2. Mengendalikan Berat Badan

Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa olahraga bersepeda banyak diminati. Yap, bersepeda ternyata bermanfaat dalam mengendalikan dan menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu meningkatkan metabolisme, membangun otot, serta membakar lemak tubuh. Untuk bisa mendapatkan hasil efektif, pastikan pengeluaran energi lebih besar dari asupannya ya.

Poin penting yang perlu kamu ingat, bahwa jika kamu mencoba untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengombinasikan bersepeda dengan pola makan sehat dan seimbang. Banyaknya kalori terbakar saat bersepeda akan bergantung pada durasi, jarak, dan kecepatan kamu saat bersepeda. Namun, sebuah studi menjelaskan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari mampu membakar hampir 5 kilogram lemak dalam setahun loh. Cukup menarik bukan?

3. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Manfaat bersepeda untuk tubuh kamu yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan tulang kamu. Walaupun kegiatan bersepeda tidak secara langsung membantu mengatasi osteoporosis, namun bersepeda merupakan bentuk latihan yang baik untuk penderita osteoporosis karena bersepeda dapat memberikan tekanan pada sendi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa pasien lanjut usia yang melakukan kegiatan bersepeda mengalami peningkatan dalam proses penyembuhan nyeri lutut dan osteoarthritis. Lebih lanjut, kegiatan bersepeda juga baik untuk merawat sendi yang terdapat di dalam tubuh. Ketika kamu bersepeda, ada berbagai macam sendi yang ikut bergerak mulai dari lutut, sikut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan. Hasilnya, persendian kamu semakin fleksibel karena sering digerakkan.

4. Menjaga Stamina Tubuh

Manfaat lain bersepeda yang harus kamu tahu adalah kegiatan ini dapat menjaga stamina tubuh kamu. Banyak dari kamu yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan bukan? Oleh karena itu perlu untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah dan sakit. Bersepeda dapat menjadi opsi untuk meningkatkan hal tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, bersepeda akan melatih pernapasan, melancarkan peredaran darah, serta membentuk otot. Hal – hal tersebut merupakan faktor yang dapat membantu menjaga staminamu dalam beraktivitas.

5. Meningkatkan Kekuatan Dan Keseimbangan Tubuh

Menjaga postur tubuh kamu menjadi tegak selama bersepeda ternyata dapat membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Keseimbangan yang meningkat sebagai salah satu manfaat bersepeda bisa mencegah risiko jatuh dan patah tulang. Meskipun tidak secara langsung mengurangi risiko, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoarthritis. Sebab, bersepeda dapat memberikan tekanan sedikit kepada persendian.

6. Mencegah Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

Sebagaimana dengan olahraga kardio lainnya, bersepeda dapat merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung, paru – paru, sirkulasi darah, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Olahraga bersepeda membantu menguatkan otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.

Memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam olahraga harian bisa membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebuah studi menemukan bahwa berolahraga dengan intensitas tertentu dapat memperbaiki hipertensi. Bahkan, efek yang ditimbulkan sama seperti saat orang tersebut mengonsumsi obat resep. Walaupun begitu, tetap konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran medis terbaik.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Jika kamu mempertahankan asupan makanan sehat dan seimbang, disertai bersepeda secara teratur, maka kedua hal tersebut akan membantu kamu dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal.  Sementara bagi penderita kanker dalam masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

8. Mengurangi Stres

Manfaat melakukan kegiatan bersepeda untuk tubuh yang berikutnya adalah dapat mengurangi stres. Ketika kamu melakukan olahraga bersepeda, tubuh kamu akan mengeluarkan hormon yang bernama endorfin. Hormon ini akan memicu rasa senang dan suasana hati yang positif. Terlebih, hormon ini juga dapat mengurangi rasa sakit.

Munculnya rasa senang dan nyaman di dalam tubuh tentu akan membuat pikiran kamu lebih tenang. Kondisi tersebut ditambah dengan kegiatan bersepeda di tempat yang indah juga akan menurunkan tingkat stres dan membuat tubuh jauh lebih rileks.

9. Membantu Memperpanjang Usia

Olahraga intensitas tinggi yang bisa kamu peroleh dengan bersepeda ini memiliki manfaat untuk mencegah penuaan hingga ke tingkat sel. Aktivitas fisik berat mampu meningkatkan kapasitas dan fungsi mitokondria sehingga membuat kamu jadi lebih awet muda.

Melakukan olahraga rutin juga bisa mengurangi risiko kematian dini, sekaligus memperpanjang usia. Survei menyebutkan usia mantan pesepeda rata – rata hingga 81,5 tahun, lebih tinggi 17 persen dari rata – rata populasi umum yang hanya 73,5 tahun.

10. Menambah Networking

Tak hanya soal kesehatan, bersepeda juga bermanfaat untuk kondisi sosial. Tidak sedikit komunitas sepeda yang aktif berkegiatan di berbagai kota. Hal ini bisa dijadikan ajang mencari networking untuk kamu. Tak hanya itu, bertemu pesepeda lain di suatu tempat juga merupakan networking baru yang bisa diperoleh. 

Itulah beberapa manfaat bersepeda yang wajib kamu ketahui. Selain baik untuk membakar lemak, bersepeda juga ternyata memiliki banyak manfaat lainnya. Nah, jika kamu ingin bersepeda namun belum memiliki sepedanya, kamu tidak perlu bingung lagi. Langsung saja kunjungi website www.bikenbike.co.id untuk mendapatkan sepeda impian kamu. Di sana kamu bisa mendapatkan sepeda apapun sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tidak hanya untuk orang dewasa, Bike N Bike juga menjual sepeda untuk anak juga. Yuk, langsung saja beli sepeda di Bike N Bike. Dan jangan lupa untuk menggunakan metode pembayaran dari Atome untuk mendapatkan keuntungan yang lebih memuaskan. Kamu bisa mendapatkan pembayaran dengan cara cicilan 3 atau 6 bulan jika berbelanja menggunakan Atome. Cukup menarik bukan? Yuk, belanja sekarang!