Blog

10 shampo anti ketombe dan gatal untuk pria

Apr 12 2022

Ketombe di kepala memang sangat menyebalkan. Tidak hanya melunturkan kepercayaan diri, tapi juga sering menimbulkan rasa gatal yang bikin kamu jadi merasa tidaknyaman. Apalagi bagi pria yang harus tampil tanpa penutup rambut setiap hari. Beberapa perempuan mungkin masih bisa menutupi ketombe di rambutnya dengan memakai hijab atau aksesori rambut lainnya. Tapi bagi pria, tidak mungkin terus – terusan memakai topi untuk menyembunyikan ketombe di rambut. Karena itulah, kamu sebaiknya mengatasi masalah ini dengan menghilangkan ketombenya, bukan sekadar menutup atau menyembunyikannya.

Memangnya apa itu ketombe? Ketombe adalah pertumbuhan jamur berlebih yang memakan kelebihan minyak atau sel kulit mati. Sel – sel kulit yang telah mati itu pun menggumpal dan menjadi serpihan ketombe. Penyebabnya beragam. Ada yang terbentuk karena kulit kepala kotor, jarang keramas, faktor cuaca, tekanan stres, hingga salah pilih shampo. Nah, khusus penyebab yang terakhir ini wajib menjadi perhatian. Perlu diketahui kalau tidak semua kandungan shampo cocok untuk rambut berketombe. Pemilihan shampo yang kurang tepat justru memicu kulit kepala kering dan terkelupas akibat minyak berlebih.

Tips Memilih Shampo Anti Ketombe

Ikuti tips berikut untuk menemukan shampo terbaik yang mampu menghilangkan ketombe secara maksimal.

1. Utamakan Kandungan Amino Acid

Shampo dengan bahan pembersih amino acid sangat direkomendasikan untuk mengatasi ketombe, karena kandungan detergennya yang rendah.Beberapa pembersih amino acid ini meliputi: glutamin acid, glycine, lysine, alanine, dan lain lain.

2. Pilih Shampo Medicated

Kamu juga bisa menggunakan shampo medicated yang mengandung desinfeksi dan sterilisasi untuk mengatasi jamur penyebab ketombe. Biasanya shampo ini mengandung bahan aktif seperti salicylic acid, glycyrrhizic acid, selenium sulfide, pyrithione, piroctone olamine, ketoconazole, dan lain lain.

3. Hindari Kandungan Silikon

Usahakan menghindari shampo dengan kandungan silikon yang biasanya tertulis dengan nama dimethicone, amodimethicone, cyclomethicone, silica, silyl, dan sejenisnya.

4. Sesuaikan Dengan Kondisi Kulit Kepala

Jika ketombe cenderung kering dan bersisik, pilihlah shampo dengan kandungan pelembab untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Sedangkan jika ketombe cenderung berminyak, pilih shampo dengan efek menyegarkan yang mampu membersihkan kulit kepala secara maksimal.

Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Untuk Pria

Sekarang tidak perlu bingung lagi memilih shampo untuk mengatasi ketombe pada rambut pria. Gunakan salah satu rekomendasi shampo anti ketombe terbaik berikut ini.

1. Head & Shoulders Men Shampoo Hair Retain

Head & Shoulders diformulasi dengan pH seimbang untuk kulit kepala pria, sehingga aman untuk digunakan keramas setiap hari. Diformulasi dengan teknologi ZPT yang mampu memberikan kesegaran dan keharuman tahan lama. Rambut pun terbebas dari ketombe dan rasa gatal yang mengganggu. Bahkan, produk ini direkomendasikan sebagai shampo anti ketombe dan rontok oleh 9 dari 10 dermatologispada World Congress of Dermatology Productnation. Selain itu, Head & Shoulders juga dapat membantu mengembalikan volume rambut dan punya aroma segar yang tahan lama.

2. Clear Men Deep Cleanse Shampoo

Shampo Clear juga sangat populer dengan varian shampo khusus pria yang bernama Clear Men. Buat kamu yang mencari shampoo Clear anti ketombe, varian Deep Cleanse ini bisa menjadi pilihan terbaik. Di dalamnya terdapat teknologi taurine and triple anti-dandruff yang dapat mengurangi minyak dan ketombe penyebab gatal. Shampo ini juga mengandung activated charcoal dan citrus peel yang mampu membersihkan kulit kepala dari sisa debu, polusi, serta keringat berlebih.

3. Zinc Men Active Cool Shampoo

Zinc menghadirkan varian shampo khusus pria yang diformulasi dengan teknologi ZPT-O complex dan HydroVita-Lock. Formula tersebut efektif mengurangi ketombe di kulit kepala pria secara aktif. Shampo ini juga mudah menyerap ke kulit kepala dan menjadikan rambut lebih mudah diatur. Di dalamnya juga mengandung menthol yang memberikan efek dingin dan menyegarkan.

4. TRESemmé Scalp Care Shampoo Anti Ketombe

TRESemmé Scalp Care Shampoo diperkaya ZPTO dan tea tree oil yang efektif mengatasi rambut berminyak dan berketombe. Shampo ini juga dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Dengan pemakaian rutin, kulit kepala akan ternutrisi secara optimal dan terhindar dari ketombe dan permasalahan rambut rontok.

5. Romano Force Anti Dandruff

Lanjut ke rekomendasi selanjutnya, ada shampo Romano yang diperkaya ZPT dan Icy menthol. Kedua bahan tersebut efektif melawan jamur penyebab ketombe di rambut dan kulit kepala. Kandungan menthol-nya memberikan sensasi dingin yang juga terasa menyegarkan. Yang paling menarik dari shampo ini yaitu aromanya yang terbuat dari wewangian citrus dan woody. Sehingga menciptakan aroma maskulin yang khas.   

6. Alpecin Double Effect Caffeine Shampoo

Produk ini menjadi salah satu rekomendasi shampo untuk ketombe dan rambut rontok terbaik yang bisa kamu pilih. Shampo ini akan menghilangkan ketombe dan sel – sel keratin yang tidak sehat  dari kulit kepala. Kemudian kulit kepala bisa menerima caffeine yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut saat dicuci. Akar rambut pun terlindungi sempurna dan bebas dari kerusakan.

7. Newman’s Ketoconazole

Shampo ini mengandung ketoconazole atau ketokonazol yang mampu membasmi jamur dan mengurangi ketombe. Selain itu, shampo yang berbentuk gel berwarna keunguan ini juga dapat mengatasi kerontokan rambut. Gunakan 3 hari sekali dan lihat hasilnya dalam waktu 3 bulan.

8. Maro Deo Scalp Medicated Shampoo  

Sampo asal Jepang ini diperkaya kandungan anti-bakteri seperti isopropyl polyphenol dan pembersih berbahan cyclodextrin untuk menghilangkan ketombe. Shampo ini juga mengandung ekstrak green tea dan tree bark yang dapat menghilangkan bau apek di kulit kepala. Di dalamnya tidak terdapat silicon, sehingga aman untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang.

9. Kiehl’s Grooming Solution Nourishing Shampoo + Conditioner

Shampo khusus pria ini diformulasi dari pracaxi oil dan essential oil blend yang dapat  menjadi pelembab alami untuk rambut. Efektif untuk mencegah kulit kepala kering dan mengatasi ketombe. Sesuai namanya, produk ini merupakan perpaduan shampo dan conditioner, sehingga mampu membersihkan sekaligus merawat rambut secara optimal.

10. BAD LAB Fearless Soothing Anti Dandruff Shampoo  

Shampo asal Malaysia ini diperkaya dengan fluidiPure™8G yang dapat mencegah dan mengatasi ketombe. Di dalamnya juga mengandung allantoin yang mampu menenangkan kulit kepala sensitif serta kandungan menthol yang memberi efek menyegarkan. Shampo ini juga diklaim dapat mengatasi iritasi pada kulit kepala kering ataupun berminyak.

Ketombe pada rambut pria tidak cukup diatasi hanya dengan shampo biasa. Gunakan shampo anti ketombe terbaik dan lakukan perawatan rambut secara maksimal. Rekomendasi shampo di atas bisa kamu temukan di JD.ID, iStyle, Sociolla, Sephora, atau toko dan brand perawatan khusus pria lainnya. Dapatkan fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan dengan menggunakan metode pembayaran Atome di store – store tersebut.

Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan berbagai promo menarik dari Atome dan 5.000 lebih brand yang bekerjasama. Apalagi, di bulan Ramadan kali ini, Atome punya banyak kegiatan seru yang bisa kamu ikuti dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan Atome sekarang dan rasakan banyak keuntungannya!