10 tips biar liburanmu semakin seru dan berjalan maksimal

Oct 24 2022

Liburan adalah salah satu kebutuhan penting untuk melepas penat dari segala rutinitas sehari – hari. Baik itu liburan bersama teman, pasangan, keluarga, atau solo traveling alias melakukan perjalanan sendirian. Walaupun tujuan utamanya untuk bersenang – senang, perencanaan liburan harus tetap dilakukan secara matang agar semuanya berjalan lancar. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Kira – kira apa saja yang harus disiapkan untuk memaksimalkan rencana liburan? Ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

1. Buat Itinerary

Tips pertama untuk memaksimalkan liburan yaitu dengan membuat itinerary atau agenda perjalanan terlebih dahulu. Catat di buku nama kota yang akan kamu kunjungi beserta daftar destinasi tujuan secara detail. Mulai dari nama objek wisata yang ingin dikunjungi, durasi menghabiskan waktu di sana, serta apa saja yang ingin dilakukan di sana.

Susun itinerary secara berurutan sesuai rute perjalanan atau berdasarkan letak wilayahnya yang berdekatan. Kamu juga bisa menambahkan sejumlah informasi penting yang berkaitan dengan destinasi tujuan, seperti rekomendasi kuliner, toko oleh – oleh, dan lainnya. Dengan begitu, perjalananmu nanti bisa berjalan lebih efektif dan hemat waktu.

2. Bawa Barang Secukupnya

Pergi liburan memang harus membawa perbekalan dan beberapa barang bawaan. Tapi ingat, kamu hanya pergi liburan, bukan untuk pindah tempat tinggal. Jadi, cukup bawa barang seperlunya saja. Jangan sampai berlebihan, karena hanya akan menyulitkanmu sendiri. Beban tas semakin berat dan kamu pun kesulitan membawanya.

Untuk kebutuhan liburan, bawa pakaian ganti secukupnya, serta siapkan perlengkapan mandi dan kosmetik ukuran travel agar lebih ringan. Pilih tas travel yang tepat, baik dari segi model maupun ukuran. Pastikan semua barang bawaan bisa masuk ke dalam tas dan aman sampai tujuan.

3. Selalu Menyiapkan Uang Tunai Darurat

Di zaman yang serba cashless, orang – orang memang lebih nyaman bertransaksi menggunakan pembayaran digital. Meski begitu, jangan abaikan penggunaan uang tunai, terutama jika kamu berlibur di daerah – daerah terpencil. Takutnya di tempat tersebut tidak terdapat ATM dan toko – toko di sana belum menyediakan pembayaran secara cashless.

Siapkan uang tunai secukupnya dan simpan secara aman di dompet. Jika perlu, sebar uang tersebut ke beberapa tempat, seperti diselipkan di tas, kantong baju, hingga sepatu. Biasanya beberapa traveler melakukan cara ini untuk menghindari resiko dompet hilang atau sejenisnya.

4. Berlibur Bersama

Pergi liburan sendirian memang sangat menantang, terutama untuk menempa diri agar lebih berani menghadapi berbagai situasi. Namun, liburan bersama orang terdekat juga tak kalah menyenangkan. Coba luangkan waktu liburan khusus ke destinasi impian bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Dengan berlibur bersama, kamu bisa lebih mengakrabkan diri dan menciptakan hubungan yang harmonis. Bahkan, kamu juga bisa menghemat beberapa biaya liburan, misalnya membagi uang taksi, kamar hotel, dan yang lainnya. Yang pasti, pergilah berlibur dengan orang yang kamu percaya, sehingga nantinya semua berjalan nyaman dan lancar.

5. Bertemu Orang Lokal Dan Mengamati Keadaan Sekitar

Meskipun asyik dengan teman seperjalanan, jangan lupa untuk mencoba bertemu dan berbincang dengan orang lokal di sekitar lokasi wisata. Jangan ragu bertanya informasi menarik yang bisa kamu pelajari, misalnya soal adat istiadat, kearifan lokal, dan beragam informasi lainnya. Selain menambah pengetahuan baru, kamu pun bisa mendapatkan kenalan baru.

Amati juga keadaan sekitar di tempat yang kamu kunjungi untuk merekam momen di memorimu. Perhatikan bagaimana pemandangan, warna, suara alam, hingga bau yang kamu rasakan. Simpan memori itu untuk dirimu sendiri dan kelak bisa kamu ingat sebagai kenang – kenangan yang tak terlupakan.

6. Makan Makanan Lokal

Wisata kuliner juga menjadi salah satu agenda penting yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke daerah baru. Coba cicipi makanan khas daerah setempat untuk merasakan sensasi rasa baru di lidah. Supaya tidak salah pilih beli makanan, coba cari tahu rekomendasinya terlebih dahulu di internet atau bertanya pada warga lokal setempat.

Jika perlu, jangan hanya mencoba satu jenis makanan lokal. Tapi coba beberapa jenis makanan berbeda agar kamu pun semakin kaya pengetahuan dan pengalaman. Jangan ragu juga untuk mencari informasi menarik seputar makanan tersebut dengan bertanya langsung pada penjual atau warga di sana.

7. Ambil Banyak Foto Atau Video

Kadang, memori manusia itu terbatas. Meskipun sudah mengamati suasana tempat liburan dengan begitu seksama, kadang ada beberapa hal yang tak sengaja terlupa di masa depan. Karena itulah, di samping menyimpannya dalam pikiran, rekam juga momen tersebut dalam bentuk foto atau video lewat kamera.

Ambil foto atau video sebanyak – banyaknya menggunakan kamera DSLR, mirrorless, atau cukup kamera HP. Ambil potretmu bersama teman – teman sekaligus potret yang hanya menunjukkan suasana tempat tersebut. Suatu saat, foto atau video itu bisa menjadi pengingat bahwa kamu pernah pergi ke sana.

8. Mencatat Kenangan Baik

Kadang foto atau video saja masih belum cukup untuk merekam momen liburan. Sebagai pelengkap kenangan, kamu juga bisa merekam pengalaman liburanmu itu dalam bentuk tulisan. Catat hal – hal menarik yang kamu temui selama perjalanan di jurnal atau buku catatan khusus.

Kamu juga bisa menambahkan bagaimana suasana hatimu saat liburan, sehingga saat membacanya kelak bisa langsung mengingatkanmu pada momen tersebut. Kadang, beberapa traveler juga menghiasi jurnalnya dengan menempelkan beberapa benda yang dapat menjadi pengingat perjalanannya. Misalnya, bekas sobekan tiket masuk, dedaunan kering yang jatuh di sekitar lokasi wisata, dan beragam benda kecil lainnya.

9. Beli Oleh – Oleh Khas

Liburan belum lengkap jika tak membeli oleh – oleh khas daerah setempat. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu khusus untuk membeli oleh – oleh khas yang dijual di sekitar lokasi wisata atau di pusat oleh – oleh terdekat. Biasanya ada pasar tradisional yang khusus menjual oleh – oleh khas daerah untuk wisatawan. Coba datangi pasar tersebut dan cari oleh – oleh yang kamu inginkan.

Beli oleh – oleh seperlunya untuk keluarga di rumah dan tetangga terdekat di sekitar rumah. Baik itu oleh – oleh berupa makanan khas, souvenir, atau gerabah yang dibuat secara tradisional. Kelak, souvenir dan gerabah tersebut juga bisa menjadi kenang – kenangan liburan yang bertahan lama.

10. Hindari Overscheduling Mendadak

Kadang, rencana liburan memang bisa berubah – ubah tergantung kondisi yang terjadi di tempat bersangkutan. Misalnya saja merencanakan tambahan waktu libur untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang ingin dikunjungi. Selama ada waktu dan biayanya, opsi ini tidak terlalu bermasalah. Namun, sebaiknya tetap hindari overscheduling secara mendadak. Karena masalahnya bukan hanya waktu dan biaya, tapi juga tenaga. Kamu pun perlu istirahat dan kembali pulang ke rumah sesuai waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Dapatkan Tas Travel Terbaik Di Bag’s City Dengan Atome!

Supaya liburanmu berjalan maksimal, jangan lupa siapkan tas travel yang tepat untuk menampung semua barang bawaan. Dapatkan berbagai jenis tas travel terbaik di Bag’s City. Mulai dari koper, ransel, tas bahu, dompet, serta aksesori lainnya untuk menunjang perjalananmu. Semua produknya original dari beragam merk tas ternama, seperti Lojel, Thule, Bagasi, Travel Blue, dan Case Logic. Kunjungi gerai Bag’s City terdekat di kotamu atau belanja secara online di website resminya. Gunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa biaya tambahan. Tenor cicilannya juga cukup fleksibel, yaitu mulai 1 hingga 12 bulan. Download dan gunakan Atome sekarang juga untuk bertransaksi di lebih dari 6.500 merchant offline dan online.

Main keywords of the article: