Blog

10 tips mendapatkan tiket pesawat termurah

Jul 26 2022

Bepergian ke luar kota naik pesawat tentu jauh lebih praktis daripada naik kendaraan lewat jalur darat, seperti mobil atau kereta api. Selain waktu tempuhnya lebih cepat, naik pesawat juga membawa prestise tersendiri. Namun, hal itu juga berbanding lurus dengan mahalnya harga tiket pesawat yang ditawarkan. Beberapa orang pun terpaksa beralih ke moda transportasi lain yang lebih murah untuk menghemat pengeluaran. Padahal, tidak semua tiket pesawat dijual mahal. Ada juga tiket pesawat yang harganya murah meriah, apalagi jika ada tambahan diskon spesial. Selain bermodal keberuntungan, ternyata ada trik khusus untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah. Berikut beberapa tips jitu mendapatkan tiket pesawat termurah untuk berbagai tujuan penerbangan.

1. Beli Tiket Secara Online

Dibandingkan membeli tiket secara langsung ke bandara, membeli tiket pesawat dengan cara online ternyata jauh lebih praktis dan memudahkan. Cukup menulis tujuan penerbangan dan tanggal keberangkatan, maka situs pemesanan pun akan menampilkan daftar maskapai yang beroperasi lengkap dengan harganya. Dari sana kamu bisa menelusurinya lebih lanjut satu per satu untuk menemukan harga tiket pesawat termurah sesuai kebutuhan. Cara ini tentu jauh lebih mudah jika dilakukan secara online, karena cukup scroll layar HP dari rumah. Sementara jika kamu membelinya langsung ke bandara tidak akan bisa seleluasa itu.

2. Beli Tiket Jauh – Jauh Hari Sebelum Keberangkatan

Jangan pernah membeli tiket pesawat secara mendadak jika ingin mendapatkan harga termurah. Idealnya, pesan tiket pesawat sekitar 5 minggu sebelum hari keberangkatan. Jangan sampai membelinya kurang dari beberapa hari saja. Bukan hanya harganya jauh lebih mahal, kamu pun beresiko kehabisan kursi incaranmu. Apalagi jika waktu keberangkatan tersebut merupakan momen liburan, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan lain lainnya. Tentu frekuensi pengguna yang memesan tiket juga jadi jauh lebih banyak dan kamu harus memesan tiketnya lebih awal lagi. Berikut beberapa waktu terbaik untuk mendapatkan harga tiket termurah:

  • Untuk penerbangan domestik, pesan tiket 1-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.
  • Untuk perjalanan internasional, pesan 2-8 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

3. Beli Tiket Saat Tengah Malam

Ternyata ada beberapa perbedaan harga tiket pesawat antara pemesanan siang dan malam hari. Untuk mendapatkan harga termurah, usahakan beli tiket pesawat saat tengah malam mulai pukul 23.00 WIB. Karena biasanya banyak pengguna yang hanya memesan tiket tanpa menyelesaikan pembayaran, sehingga pesanannya dibatalkan otomatis oleh sistem. Di jam – jam tengah malam itulah kamu bisa berpeluang mendapatkan harga tiket murah yang telah dibatalkan sebelumnya. Jangan lupa untuk segera menyelesaikan pembayaran agar pesananmu tidak dibatalkan.

4. Lakukan Perjalanan Ketika Low Season

Happy Asian woman traveler holding the passport with suitcases and waiting for airplane arrive in modern an airport, travel and transportation with technology concept.

Low season adalah waktu ketika tak banyak orang bepergian ke suatu tempat, sehingga harga tiketnya pun jauh lebih murah. Harganya berbanding terbalik dengan high season, di mana banyak orang bepergian, seperti saat momen Lebaran, liburan sekolah, Tahun Baru, dan yang lainnya. Jadi, sebisa mungkin hindari perjalanan saat high season, kecuali memang dibutuhkan. Jika ingin menghemat pengeluaran, lakukan perjalanan saat low season. Di Indonesia, low season biasanya berlangsung sekitar bulan September sampai awal Desember. Lalu, pada pertengahan Januari sampai bulan April.

5. Hindari Beli Tiket Rombongan Dalam Satu Waktu

Usahakan membeli satu tiket dalam satu waktu. Jika bepergian dengan pasangan, anggota keluarga, atau rombongan lainnya, lebih baik pesan tiketnya satu persatu. Sebab, jika langsung memesannya sekaligus, sistem akan memasukkan seluruh pemesanan tiket ke dalam satu keranjang dengan tarif yang sama. Misalnya, kamu ingin membeli tiga tiket. Ternyata maskapai A hanya memiliki satu tiket termurah seharga 100 dolar dan sisanya 150 dolar. Kamu pun memilih satu tiket termurah seharga 100 dolar dan dua lainnya seharga 150 dolar. Jika memesannya sekaligus, sistem akan melewatkan harga tiket termurah seharga 100 dolar tadi. Sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan tiga tiket dengan tarif yang sama, yaitu masing – masing 150 dolar. Totalnya pun jauh lebih mahal. Karena itulah, lebih baik pesan sendiri – sendiri atau pesan satu per satu. Walau tidak semuanya mendapatkan harga termurah, setidaknya ada salah satu yang mendapatkan jatah tiket termurah.

6. Coba Penerbangan Transit

Penerbangan transit atau connecting flight juga bisa menjadi salah satu trik mendapatkan tiket pesawat murah yang bisa kamu coba. Alih – alih melakukan satu penerbangan langsung ke bandara tujuan, coba transit ke bandara lain terlebih dahulu untuk mendapatkan total harga termurah. Contohnya, harga tiket pesawat dari Tokyo ke Australia akan jauh lebih mahal jika menggunakan 1x penerbangan langsung. Justru kamu bisa mendapatkan harga lebih murah jika berangkat dari Tokyo – Jepang, lalu transit di Kuala Lumpur – Malaysia, dan baru kemudian melanjutkan perjalanan menuju Australia.

Kenapa transit lebih murah? Karena beberapa maskapai mencari penumpang untuk mengisi pesawat. Transit ke beberapa bandara memang lebih ribet dan bisa jadi memakan waktu lebih banyak. Tapi kalau demi tiket murah, tak ada salahnya dicoba. Yang pasti cek harga secara teliti agar kamu benar – benar mendapatkan penawaran harga terbaik.

7.  Pilih Bandara Sekunder

Selain transit, cermat dalam memilih bandara tujuan juga perlu dipertimbangkan. Sebab, harga maskapai dari beberapa bandara bisa berbeda meskipun masih dalam satu kota yang sama. Misalnya, di Jakarta terdapat  bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma. Meskipun berada di kota yangs sama, tarif penerbangan menuju Soekarno Hatta biasanya lebih mahal daripada penerbangan ke Halim Perdana Kusuma. Karena itulah, utamakan memilih tujuan penerbangan ke bandara sekunder untuk mendapatkan harga lebih murah.

8. Gunakan Promo

Saat ini ada banyak promo spesial yang menawarkan harga tiket pesawat termurah. Baik itu diskon langsung dari maskapai, situs pemesanan online, atau pihak lainnya. Biasanya promo tersebut berlangsung di momen – momen tertentu, seperti saat tanggal cantik, tanggal gajian, dan lain lainnya. Jadi, update terus info promo dari maskapai favoritmu untuk mendapatkan diskon spesial atau promo menarik lainnya.

9. Berlangganan Newsletter

Salah satu cara agar tetap update info promo terbaru dari maskapai tertentu yaitu dengan mendaftar layanan newsletter mereka melalui email. Ikuti juga media sosial mereka untuk mengetahui berbagai informasi promo terbaru.

10. Gunakan Frequent Flyer Program

Selain mendaftar newsletter, tak ada salahnya juga untuk mendaftar kartu member dari maskapai bersangkutan. Biasanya tiap maskapai punya program loyalitas sejenis yang menawarkan banyak keuntungan, salah satunya adalah penawaran harga tiket lebih murah. Makanya, coba daftar program tersebut dan upgrade akun milikmu untuk mendapatkan benefit lebih dari perolehan poin, dan sejenisnya.

Lakukan sepuluh tips di atas untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke berbagai tujuan. Tak perlu bingung mencari situs pemesanan tiket pesawat termurah dan tercepat. Langsung beli tiket pesawat incaranmu secara online di Agoda yang kini telah bekerjasama dengan Atome. Jadi, kamu bisa membeli tiket pesawat di Agoda dengan layanan buy now pay later dari Atome. Nikmati kemudahan mencicil dengan suku bunga 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Menariknya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan berbagai promo spesial lainnya yang menguntungkan. Download Atome sekarang juga dan gunakan transaksi di 6.500 lebih merchant offline dan online. Tunggu apalagi?

Main keywords of the article: