Cara mendapatkan tiket pesawat hemat dan termurah

Oct 26 2022

Sering bepergian naik pesawat, tapi selalu mendapatkan harga tiket normal dan bahkan cenderung lebih mahal? Atau kamu pernah mengetahui tiket pesawat dengan tujuan dan maskapai yang sama, tapi harganya berbeda? Harga tiket pesawat milikmu lebih mahal, sementara milik penumpang lainnya lebih murah. Kira – kira kenapa hal itu bisa terjadi?

Salah satu penyebabnya, karena tiket pesawat tersebut dibeli dari aplikasi yang berbeda. Atau bisa juga karena kamu asal membeli tiket tanpa melakukan strategi khusus. FYI, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat termurah. Jadi, bukan sekadar modal hoki atau keberuntungan. Makanya, jangan asal checkout tiket pesawat. Lakukan juga beberapa tips jitu yang terbukti bisa membantumu mendapatkan tiket pesawat termurah berikut ini.

1. Lakukan Perjalanan Ketika Low Season

Sama halnya dengan tiket masuk objek wisata, harga tiket penerbangan saat low season juga lebih murah daripada waktu high season. Nah, low season ini sendiri adalah waktu ketika orang – orang jarang bepergian, misalnya saat hari kerja. Sebaliknya, high season adalah waktu di mana banyak orang memilih bepergian, seperti saat akhir pekan dan hari libur nasional. Jadi, hindari membeli tiket pesawat untuk penerbangan di hari – hari tersebut.

2. Beli Tiket Jauh – Jauh Hari Sebelum Keberangkatan

Yang serba mendadak memang tidak bagus, termasuk untuk membeli tiket pesawat. Karena umumnya, harga tiket pesawat jauh lebih mahal jika dibeli pada hari H penerbangan. Bahkan, kamu beresiko kehabisan kursi jika tidak membeli tiketnya jauh – jauh hari. Untuk penerbangan domestik, sebaiknya beli tiketnya sekitar 5 minggu tanggal keberangkatan. Sedangkan untuk penerbangan internasional, beli tiketnya sekitar 2-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

3. Pesan Tiket Di Hari Kerja

Bukan hanya tanggal keberangkatannya saja yang disarankan untuk lebih memilih hari kerja. Tapi juga waktu membeli tiketnya. Untuk memesan penerbangan yang lebih murah, sebaiknya beli tiket pada hari kerja, yaitu antara Senin-Jumat. Hindari membeli tiket pesawat pada hari Sabtu dan Minggu, serta pada saat hari libur nasional lainnya.

4. Bawa Barang Seperlunya

Membawa barang seperlunya tidak hanya bagus untuk meringankan beban perjalanan. Tapi juga dapat meringankan dompetmu untuk membayar biaya bagasinya. Sebab, semakin berat dan besar ukuran bagasi, biayanya pun semakin mahal. Hindari juga masalah excess baggage yang mengharuskan kamu membayar beban per kilogram dari kelebihan bagasi. Sebisa mungkin bawa barang secukupnya dan lakukan packing secara tepat.

5. Hindari Memesan Banyak Tiket Sekaligus

Berencana melakukan penerbangan dengan beberapa orang sekaligus? Jangan pernah membelinya dalam satu kali checkout, meskipun tiket tersebut untuk teman atau keluargamu sendiri. Karena jika langsung membelinya sekaligus, maskapai secara otomatis akan mencarikan beberapa kursi dengan harga tiket termahal. Lebih baik masing – masing orang checkout sendiri, atau checkout bergantian di satu aplikasi.

6. Pilih Bandara Sekunder

Pemilihan bandara juga dapat memengaruhi harga tiket yang ditawarkan. Sebab, harga tiket bisa berbeda jauh antar-bandara, meskipun masih dalam wilayah yang sama atau berdekatan. Contohnya adalah bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma. Meskipun lokasinya berdekatan, tarif penerbangan menuju Soekarno Hatta biasanya lebih mahal daripada penerbangan ke Halim Perdana Kusuma. Karena itulah, untuk mendapatkan harga tiket lebih murah, coba utamakan memilih tujuan penerbangan ke bandara sekunder.

7. Pesan Melalui Aplikasi

Saat ini membeli tiket penerbangan online memang menjadi pilihan utama. Tapi masih banyak juga yang hanya membelinya lewat browser (bukan aplikasi). Padahal, harganya bisa berbeda antara di browser dan aplikasi. Jadi, usahakan download aplikasinya terlebih dahulu dan pesan tiketnya via aplikasi. Biasanya harganya lebih murah dan terdapat banyak promo spesial.

8.  Pesan Tiket Di Tanggal Kembar

Sudah rahasia umum kalau di tanggal kembar banyak e-commerce menawarkan promo spesial, termasuk penjualan tiket pesawat. Biasanya harganya lebih murah dan banyak penawaran menarik. Karena itulah, pesan tiket penerbangan saat tanggal kembar setiap bulannya. Misalnya, tanggal 11 di bulan November, tanggal 12 di bulan Desember, dan seterusnya.

9. Update Promo Dari Maskapai Dan Aplikasi

Ikuti semua media sosial milik maskapai atau aplikasi pemesanan tiket tertentu untuk update info promo terbaru. Kamu juga bisa berlangganan newsletter via email untuk mendapatkan penawaran menarik setiap harinya. Jika perlu, daftar member atau loyalty program yang ada untuk mendapatkan penawaran khusus yang jauh lebih menguntungkan.

10. Gunakan Layanan Pay Later

Sekarang tak perlu repot dengan mahalnya harga tiket pesawat. Karena kamu bisa memanfaatkan layanan buy now pay later yang memungkinkan kamu mendapatkan tiket pesawat dengan cara mencicil. Jadi, biaya yang harus kamu keluarkan bisa jadi lebih ringan, terutama jika tenor cicilannya lebih lama.

FAQ Seputar Cara Memesan Penerbangan Termurah

Traveler silhouettes at airport,Beijing

Selain mengikuti tips di atas, perhatikan juga beberapa pertanyaan penting yang berkaitan dengan cara mendapatkan tiket pesawat termurah sebagai berikut.

1. Hari apa harga tiket pesawat paling murah?

Tiket penerbangan termurah bisa kamu dapatkan pada saat hari kerja, yaitu antara Senin-Jumat. Dari beberapa hari tersebut, umumnya calon penumpang bisa mendapatkan tiket pesawat termurah pada hari Senin dan Selasa.

2. Beli tiket pesawat paling murah di mana?

Saat ini membeli tiket melalui aplikasi pemesanan online lebih disarankan daripada membeli langsung di bandara. Selain lebih praktis, biasanya tiap aplikasi juga memberikan program promo khusus, seperti diskon, cashback, atau reward tertentu. Sebagai rekomendasi, dapatkan tiket pesawat termurah melalui aplikasi Agoda dengan menggunakan metode pembayaran Atome.

3. Apakah tengah malam tiket pesawat murah?

Iya, benar. Umumnya, harga tiket pesawat jauh lebih murah sekitar pukul 23.00 WIB. Karena pada jam – jam tersebut, sistem aplikasi secara otomatis membatalkan beberapa pemesanan tiket pengguna yang belum menyelesaikan pembayaran. Di situlah kamu berpeluang mendapatkan harga tiket termurah dari pemesanan yang dibatalkan itu tadi. Segera checkout tiket incaranmu dan selesaikan pembayarannya agar tidak dibatalkan oleh sistem.

4. Apa maskapai termurah di Indonesia?

Umumnya, harga penerbangan maskapai Air Asia dan Lion Air cenderung lebih murah daripada maskapai lainnya.

5. Apakah harga penerbangan naik saat kamu mencarinya?

Iya, tidak perlu terkejut dengan fakta ini. Kenapa harga tiket pesawat bisa berubah ubah? Karena harga tiket pesawat bersifat fluktuatif alias tidak tetap. Hal ini bergantung pada  perubahan harga yang ditetapkan oleh masing – masing maskapai secara real time. Biasanya juga dipengaruhi adanya program promo tertentu, baik dari pihak maskapai maupun platform pemesanan bersangkutan.

Dapatkan Tiket Pesawat Termurah Di Agoda Menggunakan Atome!

Sekarang beli tiket pesawat jadi lebih hemat dan praktis menggunakan aplikasi Agoda. Kamu bisa memesan tiket penerbangan domestik dan internasional dari berbagai maskapai secara online dan menggunakan Atome sebagai metode pembayaran. Jadi, tak perlu siapkan total biaya tiket sekaligus. Cukup manfaatkan layanan buy now pay later dari Atome yang memberimu banyak keuntungan. Mulai dari fasilitas cicilan 0% tanpa biaya admin, tenor cicilan fleksibel selama 1 hingga 12 bulan, serta voucher diskon eksklusif untuk menghemat belanja. Download Atome sekarang dan dapatkan kemudahan berbelanja di 6.500 lebih merchant yang bekerja sama.

Main keywords of the article: