Blog

Tips solo traveling: Liburan seru tanpa ke luar kota Jakarta

Sep 05 2022

Banyak orang memilih liburan ke luar kota untuk menghilangkan penat atau sekadar mengisi waktu luang. Tentunya, liburan ke luar kota butuh perencanaan matang dan biaya yang tak sedikit. Padahal, ternyata kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang tak kalah menyenangkan dengan berlibur di kota sendiri loh! Apalagi jika di kotamu menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang belum pernah kamu kunjungi. Contohnya saja, di Jakarta. Meskipun terkenal sebagai kota industri, Jakarta dikenal juga mempunyai banyak tempat menarik untuk solo traveling maupun liburan bersama orang terdekat.

Manfaat Liburan Tanpa Ke Luar Kota

Tak harus ke luar kota untuk mendapatkan banyak manfaat liburan. Karena kamu juga bisa merasakan berbagai manfaat dengan berlibur di dalam kota sendiri, di antaranya:

  • Eksplorasi tempat wisata lokal yang belum pernah dikunjungi. Nantinya kamu bisa menceritakan ke orang lain kalau di dekat tempat tinggalmu juga punya destinasi seru untuk berlibur.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif. Liburan memungkinkan kamu bertemu dengan orang – orang dan lingkungan yang baru, sehingga merangsang otak untuk meningkatkan memori dan konsentrasi.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Karena selama liburan, seseorang dapat meningkatkan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi stres dan mencegah depresi. Karena liburan memungkinkan kamu untuk berpikir dan beraktivitas secara lebih tenang tanpa banyak tekanan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kemampuan tubuh yang beradaptasi di lingkungan baru, sehingga antibodi semakin menguat dan mampu mencegah datangnya penyakit.

Liburan Dalam Kota VS Ke Luar Kota  

Dibandingkan liburan ke luar kota, liburan di dalam kota sendiri ternyata juga mempunyai banyak kelebihan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghemat waktu, karena jarak tempuh menuju lokasi liburan lebih pendek. Sehingga liburan akan terasa jauh lebih berkualitas dan kamu bisa punya waktu lebih untuk menikmati tempat berlibur.
  • Menghindari macet berkepanjangan, terutama di daerah – daerah yang terkenal menjadi tempat rujukan wisatawan.
  • Menghemat biaya, mulai dari biaya transportasi hingga akomodasi.
  • Perjalanan lebih efektif. Karena umumnya jika liburan di dalam kota sendiri tak perlu transit atau menginap.

Rekomendasi Destinasi Liburan Di Jakarta

Buat kamu yang tinggal atau berada di sekitar Jakarta, coba kunjungi beberapa destinasi liburan seru berikut ini. Tempat – tempatnya sangat menarik dan menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan untuk menghilangkan penat.

1. Belajar Keragaman Budaya Di Taman Mini Indonesia Indah

Di sana kamu bisa berkeliling lebih dari 25 replika rumah tradisional khas berbagai daerah di Indonesia. Ada juga pameran interaktif, pertunjukan tarian, dan beragam museum untuk menambah pengetahuan. Menariknya lagi, kamu juga bisa menikmati taman alam, kereta gantung, dan lain lainnya.

2. Rekreasi Seru Di Taman Impian Jaya Ancol

Wisata Ancol menawarkan lebih dari 40 wahana air yang menantang adrenalin. Mulai dari Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, SeaWorld, serta Dunia Fantasi dengan berbagai permainan seru. Kamu pun bisa menikmati pertunjukan tari dari seniman lokal di sana.

3. Bersantai Dan Belajar Sejarah Di Kawasan Kota Tua Jakarta

Kota Tua termasuk peninggalan sejarah yang dulunya menjadi markas Perusahaan Hindia Timur Belanda pada abad ke-17. Sekarang gedung tua tersebut diubah menjadi museum sejarah yang menyimpan lebih dari 20.000 benda bersejarah. Selain belajar sejarah, kamu juga bisa bersantai di halamannya dengan menyewa sepeda atau berfoto bersama sejumlah pemain cosplay.  

4. Belajar Sejarah Di Museum Nasional  

Jika tertarik belajar sejarah, kamu juga bisa kunjungi Museum Nasional yang berada di tepi barat Lapangan Merdeka. Di dalamnya menyimpan 70.000 artefak yang dapat kamu lihat untuk mempelajari lebih dalam tentang arkeologi dan etnologi di Indonesia.

5. Menikmati Karya Seni Kontemporer Di Museum Macan

Museum seluas 7.100 meter persegi ini memamerkan 800 koleksi penting yang telah dibangun selama 25 tahun. Di sana terdapat berbagai koleksi karya seni kontemporer yang unik, termasuk fiberglass karya seniman – seniman ternama.

6. Melihat Koleksi Layang – Layang Unik Di Museum Layang – Layang

Menerbangkan layang – layang adalah salah satu permainan tradisional yang digemari orang Indonesia. Coba kunjungi Museum Layang – Layang untuk melihat berbagai koleksi layang – layang unik. Di sana kamu juga bisa menonton pemutaran film dokumenter tentang layang – layang dan menyusuri sebuah gang yang tenang di Pondok Labu.

7. Bersantai Di Alun – Alun Merdeka

Taman seluas 75 hektar ini menjadi salah satu alun – alun publik terbesar di dunia. Selain bersantai di hamparan rumput hijau, kamu juga bisa memasuki pelataran tugu Monumen Nasional (Monas) setinggi 132 meter.  Di sana kamu bisa masuk ruang museum sejarah hingga berkeliling di puncak tugu Monas tersebut.

8. Belanja Sepuasnya Di Mega Mall Jakarta Kota

Liburan di Jakarta belum lengkap kalau belum ngemall di kawasan Mega Mall Jakarta yang memiliki  lebih dari 170 pusat perbelanjaan. Kamu bisa nonton di bioskop, makan di restoran favorit, dan berbelanja berbagai produk sepuasnya.    

9. Jelajahi Kemang, Lingkungan Paling Trendi Di Jakarta

Berlibur ke kawasan Kemang juga bisa menjadi destinasi menarik di sore hari. Kemang yang merupakan area ekspatriat di pinggiran kota ini dipenuhi beragam kafe, toko, dan pusat perbelanjaan modern paling trendi.

10. Tamasya Ke Kepulauan Seribu

Jika bosan dengan suasana perkotaan Jakarta, datang saja ke Kepulauan Seribu yang memiliki 110 gugus pulau. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Cukup menyeberang dengan kapal dan kamu pun bisa menikmati keindahan pulau yang begitu memesona. Mulai dari melihat panorama pantai berpasir hingga bermalam di bungalo di atas air.

Tips Solo Traveling

Liburan di kota sendiri juga bisa kamu lakukan dengan ber-solo traveling alias liburan sendirian. Selain eksplorasi tempat wisata yang menjadi tujuan, kamu juga bisa eksplorasi diri agar lebih berani dan mandiri. Lakukan tips berikut supaya rencana solo traveling-mu lancar dan menyenangkan.

  • Siapkan itinerary perjalanan. Sebelum berangkat jalan – jalan, tentukan terlebih dahulu destinasi liburan yang akan kamu kunjungi. Tuliskan juga perkiraan waktu dan aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan, sehingga kamu tak kebingungan saat sampai di lokasi.
  • Riset destinasi tujuan. Untuk memastikan semuanya aman, ketahui hal – hal penting terkait destinasi yang akan kamu kunjungi. Misalnya, harga tiket masuk, fasilitas wisata, tempat – tempat menarik di sekitarnya, dan informasi lainnya yang penting. Cari tahu lewat internet atau bertanya pada teman yang pernah berkunjung ke sana.
  • Siapkan anggaran, mulai dari biaya transportasi, makan dan minum, akomodasi (jika menginap), hingga oleh – oleh untuk keluarga di rumah.
  • Gunakan aplikasi perjalanan untuk booking tiket transportasi dan akomodasi secara online, misalnya Agoda.Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir kehabisan tiket atau susah payah berebut membeli tiket secara langsung di tempat.   

Tak harus ke luar kota hanya untuk berlibur menghilangkan penat. Kamu juga bisa solo traveling atau liburan bersama orang terdekat di dalam kota sendiri, misalnya Jakarta. Biar liburanmu terencana dengan praktis, pesan tiket transportasi dan akomodasi terbaik lewat aplikasi Agoda. Selain pilihan tiket dan akomodasinya melimpah, Agoda juga telah bekerja sama dengan Atome. Jadi, kamu bisa checkout dengan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Untungnya lagi, kamu juga berkesempatan menikmati voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, segera download dan pakai Atome untuk bertransaksi di 6.500 lebih merchant online dan offline.

Main keywords of the article: