Blog

11+ baju pengantin dan akad nikah Muslim, Kristen, dan Adat

May 12 2022

Menikah adalah momen sakral seumur hidup yang patut dirayakan secara istimewa. Salah satunya dengan mengenakan baju pengantin terbaik yang membuat sang mempelai tampil menawan bak raja dan ratu. Kini model baju pengantin jadi semakin beragam. Mulai dari gaun pengantin modern khas Eropa hingga baju pengantin adat dari berbagai suku di Indonesia. Para pengantin yang berhijab pun juga bisa tampil bergaya dengan gaun pengantin muslimah elegan yang kini semakin banyak modelnya. Tinggal pilih sesuai selera, konsep acara, dan tentunya kenyamanan memakainya. Kini banyak pengantin lebih tertarik baju pengantin simple tapi cantik yang membuatnya merasa nyaman selama resepsi. Sehingga mempelai bisa menikmati acara semaksimal mungkin tanpa terbebani aksen baju yang mengganggu. Berikut ragam rekomendasi baju pengantin elegan yang bisa kamu pilih. Mulai dari baju akad nikah simple hingga gaun pengantin glamour dari berbagai adat dan kebudayaan.

Gaun Pengantin Muslimah Simpel Tapi Elegan

Berdasarkan syariat Islam, baju pengantin muslimah sebaiknya menutupi seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Sehingga perlu dipadukan dengan hijab yang menutupi rambut. Utamakan juga bentuknya longgar agar tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Kebaya Long Dress Putih

Saat ini banyak desain kebaya modern yang dibentuk long dress untuk para muslimah. Model ini bisa menjadi baju akad nikah simple elegan yang nyaman digunakan. Pilih kebaya dengan detail kain brokat, mutiara, serta benang perak yang terlihat cantik.

2. Long Tail Wedding Dress Muslimah

Untuk acara resepsi, kamu bisa mengenakan gaun pengantin hijab model long tail dress yang terlihat mewah dengan hiasan full payet. Pilih yang terdapat sentuhan kain tule untuk menyamarkan lekuk tubuh.

3. Gamis Syar’i Cantik Dan Anggun

Baju akad nikah tak harus berwarna putih kok. Kamu juga bisa mengenakan gamis dengan aksen ruffle dan mutiara yang cantik ini. Jika ingin tampil syar’i, pastikan model gamis longgar dan hijabnya menutupi dada dengan sempurna.

Gaun Pengantin Kristen Simpel Dan Cantik

Gaun pengantin Kristen umumnya menggunakan desain baju pernikahan internasional yang bernuansa mewah ala princess. Mulai dari bentuk, potongan, dan detail – detail aksen di beberapa bagian. Seperti 3 gaun berikut ini.

4. Princess Ball Gown

Gaun dengan potongan rok mekar ala princess ini merupakan desain baju pengantin modern yang paling populer. Gaun full payet dengan sentuhan mutiara yang tampak gemerlap saat malam hari. Tambahkan juga mahkota dan veil panjang yang tampak anggun.

5. Mermaid Wedding Dress

Gaun pengantin mewah dengan potongan panjang yang tampak seksi. Pada bagian pinggul hingga lutut mengecil, kemudian melebar ke bawah. Ditambah dengan sentuhan ruffle dan kain brokat yang cantik di beberapa bagian.

6. Gaun Pengantin Sabrina

Baju pengantin sabrina dengan potongan shoulder off membuatmu tampil anggun layaknya putri di negeri dongeng. Bagian bawahnya biasanya menggunakan model ball gown atau mermaid dengan detail aksen yang cantik. Desain baju ini juga menjadi salah satu gaun pengantin Korea mewah, seperti yang dipakai Kim Mi So dalam drama What’s Wrong with Secretary Kim?

Baju Pengantin Adat Jawa

Ada beberapa jenis baju pengantin adat Jawa, baik untuk mempelai pria maupun wanita. Salah satu yang populer adalah baju pengantin Jawi Jangkep dan baju pengantin Basahan yang sering dipakai para pengantin di daerah Jogja, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

7. Baju Pengantin Jawi Jangkep

Mempelai putri mengenakan kain jarik dan kebaya berwarna hitam dengan aksen berwarna emas yang mewah. Baju pengantin pria juga menggunakan bawahan dari kain jarik, atasan hitam motif bunga berwarna emas dan di dalamnya terdapat beskap.

8. Baju Pengantin Basahan Khas Jawa

Baju pengantin ini punya ciri khas penggunaan jarik atau kain batik sebagai bahan utamanya. Desain baju mempelai wanita berbentuk kemben dengan bahu terbuka, sementara mempelai pria bergaya topless berkalung rangkaian bunga.

Baju Pengantin Adat Sunda

Baju pengantin khas Sunda hampir mirip dengan Jawa. Namun, terlihat lebih simpel dan tidak terlalu banyak aksesori tradisional. Berikut rekomendasinya.

9. Kebaya Pengantin Sunda Warna Putih

Mempelai pria mengenakan jas buka Prangwedana khas Jawa Barat. Bawahannya memakai celana dengan lilitan kain jarik yang disarungkan di pinggang. Sementara pengantin wanita mengenakan kebaya putih berbahan kain brokat dengan kain jarik sebagai bawahan. Banyak pengantin muslimah yang memakai hijab untuk menyempurnakan penampilan. Model baju ini pun sering menjadi salah satu kebaya akad nikah hijab simple yang banyak dipakai.

10. Baju Pengantin Sunda Mewah

Hampir mirip dengan sebelumnya, di mana pengantin pria memakai jas buka Prangwedana dan mempelai putri memakai kebaya. Namun, baju nikah adat Sunda ini tampak lebih mewah dengan sentuhan warna cream dan gold yang elegan.

Baju Pengantin Adat Batak

Ada beberapa jenis baju pengantin Batak yang punya ciri khas tersendiri pada bagian penutup kepala. Salah satu yang sering digunakan adalah baju adat Batak Toba dan Batak Karo.

11. Baju Pengantin Adat Batak Toba

Sering dipakai masyarakat Batak di daerah pulau Toba. Ciri khasnya menggunakan kain ulos bercorak geometris dengan penutup kepala berwarna merah dan emas. Penutup kepala pengantin pria berbentuk runcing ke atas, sedangkan pada mempelai wanita bentuknya menyerupai bandana.

12. Baju Pengantin Adat Batak Karo

Baju ini berasal dari suku Karo yang berada di wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Aceh. Ciri khas penutup kepalanya terbuat dari kain uis gara berwarna merah dengan sentuhan emas. Baju pengantin pria dan wanita juga didominasi warna merah menyala dan aksen perhiasan berwarna emas.

Baju Pengantin Adat Bugis

Baju pengantin khas suku Bugis di Makassar, Sulawesi Selatan menggunakan baju bodo yang berbentuk segi empat dan berlengan pendek. Berikut beberapa modifikasi baju bodo khas Bugis untuk merayakan pernikahan.

13. Baju Pengantin Adat Bugis Berwarna Hijau

Jenis baju bodo paling populer yang sering dipakai pengantin memiliki warna hijau terang dengan aksen perhiasan berwarna emas. Terlihat mewah dan menyerupai bangsawan.

14. Baju Pengantin Adat Bugis Bercorak Emas

Hampir sama dengan sebelumnya, namun bajunya berwarna putih tulang dan cenderung cream. Ditambah dengan sentuhan emas di sejumlah aksen baju dan perhiasan membuatnya tampak mewah dan meriah.

Manakah baju pengantin favoritmu? Ingin tampil simpel dan elegan dengan kebaya khas Indonesia atau memilih tampil mewah dengan gaun pengantin modern? Pakai keduanya secara bergantian saja! Jangan lupa juga untuk menyiapkan baju pengantin adat khas daerah kelahiran atau tempat tinggal, supaya pernikahanmu semakin semarak. Kini kamu bisa berbelanja berbagai jenis baju pengantin secara online di JD.ID. Mulai dari kebaya, wedding dress muslim, baju adat, hingga gaun pengantin modern ala Barat. Semua koleksinya yang lengkap dan pastinya terjamin orisinal. Tak perlu mengkhawatirkan harga. Karena kamu bisa berbelanja semua kebutuhan dan barang impianmu di JD.ID menggunakan Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa bunga. Pilih metode pembayaran Atome saat checkout dan cicil tagihan secara berkala hingga 3 atau 6 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan berbagai promo menarik lainnya dari Atome dan 5.000 lebih merchant yang bekerjasama.

Main keywords of the article: