15 makanan khas Indonesia terpopuler dan wajib dicoba

Jun 16 2022

Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan berbagai kuliner enak. Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai makanan khas yang menawarkan kelezatan tersendiri. Umumnya, kuliner Indonesia kaya akan rempah dan bercita rasa pedas yang membakar lidah. Namun, ada juga makanan Indonesia yang lebih menonjolkan rasa manis, terutama kuliner dari Jawa. Banyak juga yang menggunakan santan sebagai bumbu wajib makanan nusantara agar lebih gurih dan sedap. Meskipun cenderung berlemak dan mengandung kolesterol, namun makanan Indonesia tetap digemari oleh banyak orang. Buat yang mengaku pecinta kuliner nusantara, 15 makanan khas Indonesia terpopuler berikut ini wajib kamu coba.

1. Nasi Padang

Olahan nasi khas Padang, Sumatera Barat yang terdiri dari nasi putih serta olahan lauk dan sayur lezat. Mulai dari gulai ikan, daun singkong rebus, ayam bakar, telur dadar, daging cincang, perkedel, dan rendang, tak lupa dengan kerupuk kulitnya. Lalu ditambah juga dengan sambal ijo yang khas dan menawarkan sensai rasa pedas ekstra.

2. Rendang

Olahan daging sapi yang dimasak dengan rempah khas Padang yang super gurih dan lezat. Dagingnya empuk, bumbu terasa nikmat, dan warnanya yang hitam pekat semakin menambah selera. Campuran santan saat memasaknya menjadikan rendang semakin gurih dan sedap. Tak heran jika kuliner ini dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

3. Sate

Olahan daging yang dibakar dan disajikan dengan beragam saus. Daging yang digunakan biasanya dari daging sapi, kambing, atau ayam. Pilihan sausnya ada yang dari saus kacang, saus kecap, hingga ada yang dipadu dengan sambal matah. Rasanya semakin nikmat ketika disantap dengan lontong dan acar timun.

4. Gudeg

Kuliner khas Yogyakarta yang menghadirkan cita rasa manis dan gurih. Terbuat dari nangka yang direbus bersama gula aren, santan, dan rempah lainnya. Lalu disajikan dengan aneka lauk lezat, seperti telur bacem, potongan ayam, sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal, dan lain lainnya yang dijamin akan menggugah seleramu.

5. Penyetan Atau Sambelan

Sambal adalah pelengkap makanan yang menemani hampir semua makanan Indonesia. Di Jawa Timur ada kuliner lezat yang menjadikan sambal sebagai primadona, bukan sekadar pelengkap. Biasanya disajikan dengan tempe, tahu, daging ayam, bebek, atau aneka ikan goreng lengkap bersama lalapan segar.

6. Rawon

Masih dari Jawa Timur, rawon adalah olahan daging sapi dengan kuah berwarna cokelat yang terbuat dari kluwek dan aneka rempah lainnya. Rasanya gurih dan terasa lezat ketika dimakan bersama nasi hangat. Biasanya rawon dijadikan hidangan spesial di berbagai acara hajatan keluarga.

7. Pempek

Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan yang terbuat dari aneka ikan, seperti ikan tenggiri, toman, atau gabus yang dihaluskan. Kemudian, ikan tersebut dicampur dengan tepung sagu dan bumbu halus yang membuatnya terasa gurih. Rasanya semakin nikmat ketika dicocol ke dalam kuah cuko yang terbuat dari rebusan gula merah dan cuka.

8. Gado – Gado

Makanan khas Jakarta yang terdiri dari lontong dan rebusan berbagai jenis sayur. Mulai dari  kentang, wortel, labu siam, kangkung, selada, timun, dan beragam sayuran lainnya. Lalu ditambah dengan irisan tempe, tahu, telur dan disiram dengan saus kacang yang gurih.

9. Nasi Pecel

Hidangan khas Jawa berupa nasi putih yang disajikan dengan aneka sayur masak, seperti taoge dan kangkung. Kemudian disiram saus kacang bercita rasa pedas manis. Biasanya disajikan dengan lauk tempe, telur dadar, dan rempeyek.

10. Nasi Kuning

Nasi yang diolah dengan santan dan aneka rempah, termasuk kunyit untuk menambah warna kuning alami. Tampilannya lebih menarik dan rasanya lebih gurih daripada nasi putih biasa. Biasanya disajikan dengan olahan mie, sambal goreng kentang dan wortel, serta lauk ayam goreng, kering tempe, perkedel, dan lain lain.

11. Nasi Liwet

Olahan nasi khas Solo, Jawa Tengah dimasak dengan santan dan kaldu ayam, serta beberapa tambahan rempah. Rasanya gurih, sedap, dan semakin nikmat ketika disajikan dengan  potongan ayam, telur, dan sambal goreng.

12. Rujak Cingur

Rujak khas Jawa Timur yang terdiri dari irisan mentimun, kedondong, nanas, mangga, dan bengkuang. Lalu ditambah potongan tahu dan tempe goreng, serta beberapa sayur rebus, seperti kangkung dan kacang panjang. Yang membuatnya unik karena adanya campuran cingur atau bagian mulut sapi yang lezat. Setelah itu, semua bahan tersebut dicampur dengan sambal petis yang menggugah selera.

13. Ayam Geprek

Olahan ayam goreng tepung crispy khas KFC yang kemudian digeprek dengan sambal bajak. Banyak juga yang menyajikannya dengan parutan keju atau lelehan keju mozarella. Gurihnya ayam berpadu dengan pedasnya sambal membuat makanan ini sukses diminati banyak orang.

14. Bebek Betutu

Hidangan khas Bali dari daging bebek yang dibungkus daun pisang dan pelepah pinang. Kemudian dimasukkan ke lubang dalam tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang. Rasanya semakin lezat dengan aneka rempah yang menjadi bumbunya.

15. Ketoprak

Hampir mirip dengan gado – gado, namun ketoprak menggunakan ketupat, tahu, taoge, dan bihun yang disiram dengan saus kacang. Olahan ini juga disajikan dengan bawang goreng, kecap, dan telur rebus yang nikmat.

Promo Spesial Atome Foodie

Dari berbagai kuliner Indonesia terpopuler di atas, manakah yang merupakan makanan favoritmu? Kabar baik buat kamu yang ingin berburu makanan lezat khas nusantara sambil minum minuman kekinian. Karena Atome Foodies punya banyak promo spesial yang bekerjasama dengan beberapa restoran ternama sebagai berikut.

1. Promo Diskon 20% (Maks. Rp 30.000)

Nikmati diskon 20% (maksimal Rp 30.000) dengan minimal transaksi Rp 75.000 mulai 1-30 Juni 2022 dengan S&K berlaku di:

  • Penyetan Cok. Restoran kekinian dengan menu sambelan khas Jawa Timur. Ada juga kuliner lezat nusantara, seperti nasi krawu, empal suwir, telur orak arik, dan lain lain.
  • Bebek Semangat. Restoran dengan menu utama olahan bebek yang disajikan dengan aneka sambal lezat.

2. Promo Diskon 20% (Maks. Rp 15.000)

Nikmati diskon 20% (maksimal Rp 15.000) dengan minimal transaksi Rp 75.000 mulai 1-30 Juni 2022 dengan S&K berlaku di:

  • Superwings. Restoran siap saji dengan menu utama nasi dan ayam crispy lezat, burger, burrito, kentang goreng, dan aneka makanan lainnya.
  • Kokumi. Brand minuman kekinian yang menawarkan boba drink aneka rasa, seperti kopi, matcha, gula aren, dan lain lainnya.
  • Poo Ice Cream. Kedai es krim lezat yang menyajikan dessert, gelato, dan es krim kekinian aneka rasa.

3. Promo Diskon 15% (Maks. Rp 30.000)

Nikmati diskon 15% (maksimal Rp 30.000) dengan minimal transaksi Rp 75.000 mulai 1-30 Juni 2022 dengan S&K berlaku di:

  • Padang Merdeka. Restoran dengan menu utama kuliner Padang yang melegenda, seperti nasi Padang, rendang, dan beraneka makanan Padang lainnya.

Jangan sampai lewatkan semua promo spesial Atome Foodie terbaru di atas. Gunakan terus Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% saat transaksi di 5.000 lebih merchant yang bekerjasama. It’s time to own it! Tak perlu berpikir panjang untuk mendapatkan semua kebutuhan dan barang impian yang kamu inginkan. Tenor cicilan hingga 1 sampai 12 bulan tanpa tambahan DP atau biaya admin lainnya. Kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo spesial dan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat. Dapatkan semua keuntungan itu dengan men-download dan menggunakan Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: