Blog

15 obat penambah darah yang bagus untuk mengatasi anemia

Apr 26 2022

Sering mengalami lemah, letih, lesu, dan mudah lelah? Waspadai gejala anemia atau kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Salah satu penyebabnya yaitu kekurangan zat besi yang merupakan mineral penting untuk produksi sel darah merah. Zat besi ini sendiri tidak diproduksi oleh tubuh. Kamu bisa mendapatkannya lewat asupan makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam, hati, kurma, kacang – kacangan, dan lain lain. Nah, ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi hemoglobin dalam tubuh terhambat dan pasokan oksigen dalam darah pun berkurang, sehingga tubuh menjadi lemas, mudah lelah, dan bahkan sesak napas.

Untuk menyiasati hal itu terjadi, tentunya kamu harus rajin mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi tinggi. Atau jika ingin lebih praktis, kamu bisa minum suplemen penambah darah yang kini tersedia banyak di apotek terdekat. Pastikan memilih obat penambah darah terbaik yang terjamin kualitas dan keamanannya. Seperti rekomendasi 15 obat penambah darah yang bagus dan aman untuk lambung berikut ini.

1. Sangobion

Sangobion merupakan suplemen zat besi dan vitamin untuk penderita anemia defisiensi zat besi pada anak ataupun dewasa. Obat penambah darah ini juga aman untuk ibu hamil yang mengalami anemia, wanita yang sedang menstruasi, atau mencegah anemia sebelum donor darah. Ikuti dosis minumnya sesuai saran dokter atau petunjuk yang ada pada kemasan.

2. Chlorophyll Plus

Sesuai namanya, suplemen penambah darah yang satu ini terbuat dari bahan herbal berupa klorofil atau zat hijau tanaman. Lebih tepatnya, klorofil daun mint yang segar. Suplemen ini mengandung chlorophyllin, alfalfa, barley dan peppermint yang bermanfaat untuk detoksifikasi racun dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh.

3. Emineton

Selain mengandung zat besi, Eminton juga diperkaya dengan mineral lain yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Suplemen ini aman untuk anak – anak maupun dewasa. Bagi orang dewasa, dosisnya 1-2 tablet per hari. Sedangkan untuk anak – anak cukup 1 tablet per hari setelah makan.

4. Tonikum Bayer

Obat penambah darah ini juga diperkaya mineral dan multivitamin lainnya yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin B, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Perpaduan bahan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan secara umum dan tentunya terhindar dari kekurangan sel darah merah. Suplemen ini juga tepat untuk membantu wanita memenuhi kebutuhan darah saat menstruasi atau hamil.

5. Sakatonik Liver

Sakatonik Liver hadir dalam dua bentuk, yaitu sirup dan kapsul. Keduanya mengandung multivitamin dan mineral baik yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dan asam folat dalam tubuh. Sehingga efektif menangkal anemia dan menambah darah. Tidak hanya itu, kandungan vitamin di dalamnya juga dapat membantu menambah nafsu makan dan menguatkan tubuh.

6. Inbion

Inbion adalah kapsul yang diperkaya zat besi dan gabungan asam folat serta beberapa vitamin, seperti vitamin C dan B12. Kandungan zat besi per kapsul mencapai 250 mg. Bisa kamu jadikan alternatif untuk menambah zat besi dalam tubuh dan mencegah anemia.  Kamu bisa meminumnya dengan dosis 1-2 kapsul per hari setelah makan.

7. Hemobion

Suplemen zat besi yang satu ini mengandung ferrous fumarate hingga 360 mg. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi anemia, terutama pada ibu hamil dan menyusui. Dosis minumnya sebanyak 1 kapsul per hari setelah makan.

8. Green World Spirulina Plus

Bahan pembuat suplemen zat  besi ini juga tercantum dengan jelas pada namanya, yaitu spirulina yang merupakan ganggang hijau air tawar. Suplemen berbentuk tablet ini efektif mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari masalah lambung, hipertensi, hingga diabetes. Suplemen ini juga baik untuk para vegetarian yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Minum maksimal hingga 2x sehari setelah makan.

9. Hufabion

Suplemen dari HUFA ini juga bisa menjadi alternatif penambah darah yang efektif mengatasi anemia. Hufabion juga diperkaya mineral dan multivitamin yang berguna mengatasi defisiensi zat besi atau penambah nutrisi zat besi bagi ibu hamil dan menyusui. Dosis minumnya yaitu 1 kapsul per hari setelah makan untuk orang dewasa.

10. Stobled

Lanjut ke rekomendasi yang kesepuluh, ada Stobled yang merupakan suplemen natural untuk membantu menghentikan pendarahan serta sebagai zat anti-inflamasi dan analgetik. Suplemen ini juga berguna meredakan nyeri dan bengkak akibat trauma.

11. Feroglobin

Suplemen ini mengandung zat besi, vitamin, mineral, dan zinc yang bagus untuk mengatasi anemia. Baik itu anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi, aktivitas fisik yang berat, menstruasi, atau kehamilan dan diet kontrol kalori. Tersedia dalam bentuk kapsul dan sirup. Khusus yang berbentuk sirup dilengkapi dengan rasa madu dan jeruk yang disukai anak – anak.

12. Garden of Life Vitamin Code Raw Iron

Suplemen zat besi produksi Garden of Life ini tidak hanya berkhasiat menyehatkan sistem imun, sistem reproduksi, serta memperlancar produksi sel darah merah. Suplemen ini juga dapat menjaga kesehatan hati, kulit, dan mata. Di dalamnya tidak mengandung pengisi sintesis, pemanis, rasa buatan, atau warna aditif yang berbahaya. Sehingga lebih aman dikonsumsi.

13. Etabion

Suplemen zat besi untuk mencegah dan mengatasi anemia ini juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin B12, dan asam folat. Membantu memperlancar produksi sel darah merah dan memelihara kesehatan secara umum. Dosis minumnya sebanyak 1 kapsul per hari setelah makan.

14. Nutrimax Vital

Suplemen zat besi ini juga diformulasi dengan vitamin B, calcium ascorbate, folic acid, cobalt, copper sulphate, sorbitol dan selenium. Kombinasi bahan tersebut efektif membentuk sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan stamina, serta membantu proses tumbuh kembang.

15. Nonemi

Selain mengatasi kekurangan zat besi, rekomendasi suplemen yang terakhir ini juga berguna memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh. Di dalamnya juga mengandung asam folat dan mineral baik yang bermanfaat memelihara kesehatan secara umum. Minum suplemen ini sebanyak 1-2 tablet per hari setelah makan.

Sekarang tidak perlu bingung lagi mencari obat penambah darah yang bagus dan aman untuk lambung. Beli salah satu merek obat di atas di apotek terdekat atau belanja secara online di JD.ID. Koleksi produknya lengkap dan terjamin orisinal. Kamu juga bisa cek darah atau melakukan tes laboratorium lainnya melalui platform Triasse, supaya nanti juga mendapatkan solusi terbaik dari dokter profesional. 

Baik transaksi di JD.ID atau Triasse bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% dari Atome loh!  Jadi, tak perlu khawatir soal biaya lagi. Checkout dengan metode pembayaran Atome dan cicil tagihan hingga 3 atau 6 bulan tanpa DP dan biaya admin lainnya. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 5.000 lebih merchant yang bekerjasama di berbagai kategori. Mulai dari fashion, elektronik, kosmetik, kebugaran, hingga peralatan rumah tangga dan kebutuhan gaya hidup lainnya. Download Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: