Blog

4 langkah mudah cara bayar tagihan Atome

Feb 18 2022

Kehadiran layanan pay later dari Atome sangat memudahkan banyak orang dalam belanja berbagai kebutuhan setiap hari. Anda pun tak perlu menunda – nunda transaksi hanya karena belum memiliki dana yang cukup. Tinggal belanja pakai Atome, dan bayar tagihannya setiap bulan.

Nah, ini dia yang sering terlupakan. Sistem belanja di Atome yaitu belanja dulu dan bayarnya bisa nanti. Ketika sudah berhasil transaksi menggunakan Atome, jangan lupa untuk membayar tagihannya sebelum jatuh tempo. 

Cara Bayar Tagihan Atome

Cara membayar semua tagihan Anda di Atome sangatlah mudah. Ikuti langkah – langkah berikut ini untuk membayar tagihan di Atome:

1. Lacak Pembayaran Pada Aplikasi

Lupa sudah melakukan berapa banyak transaksi di Atome? Tak perlu khawatir, karena Anda dapat melacak total tagihan melalui aplikasi Atome. Masuk ke bagian “Bill” dan lihat jumlah tagihan dalam satu bulan. Di sana, sudah tertera daftar transaksi yang telah Anda lakukan di Atome secara rinci.

Dalam tab “Bill” tersebut juga terdapat informasi tentang periode cicilan yang telah Anda pilih. Jadi, pengguna bisa mengetahui kapan jatuh tempo dari transaksi selama satu bulan tersebut.

Perlu diingat juga bahwa tanggal jatuh tempo dari semua transaksi yang ada yaitu mengikuti tanggal jatuh tempo dari transaksi pertama. Misalnya, pada tanggal 1 Maret Anda transaksi menggunakan Atome, maka tanggal jatuh temponya adalah setiap tanggal 1.

Lalu, ketika Anda transaksi lagi di tanggal yang berbeda, misalnya pada tanggal 5, maka tanggal jatuh temponya tetap tanggal 1. Karena Atome hanya memberlakukan satu tanggal jatuh tempo, yaitu menyesuaikan tanggal jatuh tempo pada transaksi pertama kali.

2. Perhatikan Notifikasi Dari Atome

Sebenarnya, Anda tak perlu melihat tab “Bill” terus menerus untuk mengingat tanggal jatuh tempo setiap bulannya. Karena aplikasi Atome akan mengirimkan sebuah push notification secara otomatis untuk mengingatkan Anda agar segera membayar tagihan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menerima SMS sekitar 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo dari setiap tagihan. Kalau diingatkan seperti ini, tentunya Anda dapat meminimalisir keterlambatan pembayaran tagihan. Anda juga bisa menyiapkan dana cicilan jauh – jauh hari sebelum dari tanggal jatuh tempo.

3. Bayar Tagihan Menggunakan VA

Jika sudah mendapatkan notifikasi tagihan, jangan tunggu tanggal jatuh tempo untuk segera membayarnya. Langsung bayar total tagihan yang belum terbayar menggunakan Virtual Account (VA). Lalu bayar via ATM, aplikasi mobile, atau melalui internet banking yang Anda punya.

Sangat praktis bukan? Meskipun memiliki tagihan yang belum dibayar ke berbagai jenis merchant yang berbeda, namun Anda cukup membayarnya melalui satu aplikasi, yaitu Atome. Apalagi, jika Anda memiliki aplikasi mobile banking, maka Anda cukup membayar semua tagihan hanya dalam satu genggaman saja.

4. Bayar Semua Tagihan

Atome juga menyediakan fitur “Pay All Bills” yang memungkinkan Anda untuk membayar semua tagihan dari awal. Jadi, Anda tak perlu menunggu bulan berikutnya untuk membayar tagihan melalui sistem cicilan.

Tentu cara pembayaran ini sangat praktis untuk membebaskan Anda dari segala tagihan sekaligus. Apalagi, Anda bisa melakukannya kapan pun saat Anda memiliki dana yang cukup. Jadi tidak perlu menunggu tanggal jatuh tempo terlebih dahulu.

Caranya, pilih fitur Pay All Bills dan bayar semua tagihan menggunakan VA yang sama. Lalu, masukkan nominal jumlah tagihan keseluruhan yang Anda miliki. Setelah berhasil membayarnya, tab “Bill” pada aplikasi Anda pun akan nol kembali alias bebas tagihan.

Konsekuensi Telat Membayar Tagihan Atome

Mengapa Anda harus membayar tagihan Atome tepat waktu? Karena hal itu bukan saja sebuah kewajiban, tapi juga ada beberapa konsekuensi yang harus Anda tanggung ketika mengabaikannya. Mulai dari adanya denda keterlambatan yang terus bertambah hingga timbulnya beban pikiran yang bisa saja mengganggu konsentrasi Anda.

Berikut beberapa konsekuensi yang akan Anda hadapi jika terlambat membayar tagihan Atome hingga melewati tanggal jatuh tempo:

1. Dikenai Denda Keterlambatan

Ketika terlambat membayar tagihan, maka Anda akan dikenakan denda keterlambatan akumulatif yang akan ditambahkan secara otomatis pada total tagihan, yaitu:

  • Terlambat 1 hari akan dikenai denda akumulatif Rp 50.000.
  • Terlambat 7 hari akan dikenai denda akumulatif Rp 30.000.
  • Jika terlambat 8 hari akan dikenai denda keterlambatan akumulatif sampai hari ke-7, yaitu Rp 80.000.

Meskipun ada keringanan denda akumulatif dari waktu ke waktu, namun tetap saja hal ini akan menambah total tagihan Anda. Misalnya, dari yang semula hanya punya tagihan Rp 200.000, tapi karena terlambat membayar tagihan hingga 8 hari, maka Anda harus membayar tagihan senilai Rp 280.000.

Bahkan, jika Anda tak segera membayarnya, total denda akumulatif bisa melebihi jumlah tagihan awalnya. Tentu ini sangat merepotkan. Karena itulah, segera bayar tagihan tepat waktu dan jangan sampai melewati tanggal jatuh tempo.

2. Tetap Harus Membayar Membership Fee

Atome memberlakukan membership fee yang perlu dibayar pengguna ketika memiliki tagihan aktif. Nominalnya flat, yaitu Rp 25.000 setiap bulan selama ada tagihan yang sedang berlangsung.

Ketika Anda tidak memiliki tagihan, maka Anda tak perlu membayar membership fee. Sebaliknya, jika masih mempunyai tagihan, maka Anda harus membayar membership fee setiap bulannya. Apalagi jika sampai ada keterlambatan pembayaran. Maka, di samping membayar membership fee, Anda juga harus membayar denda akumulatif yang berlaku.  

3. Menjadi Beban Pikiran

Mempunyai tagihan yang belum dibayar tentu menjadi beban pikiran tersendiri. Apalagi, jika total tagihan tersebut memiliki nilai yang lumayan besar dan nominalnya bertambah terus menerus karena adanya denda akumulatif. Pemilik tagihan pasti akan semakin stres menghadapinya hingga mengganggu aktivitas sehari – hari.

Kesimpulan

Tentu Anda tidak ingin mengalami berbagai konsekuensi tersebut bukan? Jadi, biasakan untuk senantiasa membayar tagihan Atome tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Tinggal ikuti langkah – langkahnya di atas atau langsung bayar semua tagihan dengan memanfaatkan fitur Pay All Bills.

Dengan begitu, hari – hari Anda akan lega kembali dan Anda pun tidak akan kepikiran lagi untuk berbelanja berbagai kebutuhan dengan Atome. Karena, yang menjadi masalah bukanlah sistem pembayaran pay later-nya. Akan tetapi, kedisiplinan Anda dalam membayar tagihan tersebut.

Sebab, kehadiran sistem pembayaran pay later dari Atome justru harusnya bisa memudahkan Anda. Pengguna bisa berbelanja dan mendapatkan berbagai kebutuhan yang diinginkannya saat itu juga, dan membayar tagihannya nanti. Bahkan, pengguna Atome juga bisa mengatur cicilan menjadi 3x pembayaran dalam 3 bulan atau 6x pembayaran dalam 6 bulan, sangat menarik bukan?

Besarnya tagihan pun tidak dikenai bunga atau DP di awal. Jadi, cukup bayar tagihan sesuai nominal yang Anda belanjakan di merchant. Tinggal membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Mudah bukan?

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: