5 cara dan tips memakai pay later secara bijak anti boros

May 20 2022

Banyak orang enggan menggunakan aplikasi pay later, karena takut boros dan berubah jadi konsumtif. Takut nantinya bakal ketagihan checkout sana sini, di saat dompet dan rekening sama – sama kering. Ada juga yang takut dihantui besarnya tagihan yang menggunung akibat cicilan menunggak, besarnya denda, suku bunga, dan biaya administratif lainnya. Padahal, semua tergantung aplikasi pay later yang Anda pilih dan bagaimana habit pengguna dalam memanfaatkannya. Jika memilih aplikasi pay later yang tepat, tentu Anda akan terhindar dari berbagai kerugian dan justru mendapatkan banyak kemudahan. Begitu juga dengan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Pastikan menggunakan aplikasi pay later dengan bijak dan kontrol diri sepenuhnya dalam berbelanja. Ikuti tips berikut agar terhindar dari kebiasaan boros dan justru mendapat banyak manfaat dari pay later.

1. Pilih Layanan Yang Kredibel Dan Terdaftar Di OJK

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan layanan pay later yaitu menyeleksi aplikasinya secara ketat. Pastikan memilih layanan tepercaya, kredibel, dan profesional. Salah satu kriterianya yaitu telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Bagaimana jika aplikasi tertentu belum terdaftar di OJK tapi melakukan pembohongan publik dengan mengatakan telah terdaftar di OJK? Caranya membuktikan kebenarannya sangatlah mudah. Cek surat izin pengawasan OJK dari perusahaan bersangkutan atau cari tahu dengan menghubungi OJK via email di alamat konsumen@ojk.go.id.

Atome adalah salah satu layanan pay later tepercaya yang telah terdaftar di OJK. Kredibilitas Atome juga dapat dibuktikan lewat penggunaannya yang telah mendunia di 9 negara Asia Tenggara dan Cina. Selain Indonesia, Atome juga telah digunakan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Tentu tak perlu diragukan lagi kredibilitas dan kualitas layanannya.

2. Cari Layanan Yang Paling Menguntungkan

Selain memperhatikan faktor keamanan, Anda juga harus teliti dalam memilih aplikasi pay later yang paling menguntungkan. Mulai dari aturan suku bunga, biaya administrasi yang dibebankan, tenor cicilan, hingga cara menggunakannya. Pilih aplikasi Atome yang menawarkan banyak kemudahan untuk pengguna, di antaranya:

  • Fasilitas Cicilan 0% (Tanpa Bunga). Saat melakukan transaksi menggunakan Atome, Anda tidak perlu membayar suku bunga apapun. Cukup membayar tagihan sesuai nominal transaksi tanpa tambahan bunga yang mencekik.
  • Tanpa DP dan Biaya Admin. Meskipun tidak memberlakukan bunga, Atome juga tidak menerapkan uang muka (DP) dan biaya administrasi sebelum transaksi. Jadi, pengguna benar – benar hanya perlu membayar total tagihan sesuai nominal belanja.
  • Tenor Cicilan 3 sampai 12 Bulan. Lamanya waktu angsuran di Atome juga lumayan lama, yaitu berkisar antara 3 sampai 12 bulan. Dengan begitu, pengguna bisa memiliki lebih banyak waktu dalam mengumpulkan uang untuk membayar tagihan.
  • Cara Penggunaan Mudah. Untuk menikmati fasilitas cicilan dari Atome juga sangat mudah. Cukup download aplikasi Atome dan daftarkan diri Anda menggunakan email dan nomor HP aktif. Kemudian, verifikasi data dengan menggunakan KTP asli. Anda pun bisa langsung menggunakannya untuk transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Atome. Pindai QR Code Atome saat belanja langsung atau checkout dengan metode pembayaran Atome saat belanja online.

3. Terapkan Budgeting Secara Disiplin

Saat memutuskan transaksi dengan aplikasi pay later, Anda wajib menerapkan budgeting khusus agar pengeluaran tetap terkontrol. Tentukan rumus budgeting terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Misalnya, menggunakan rumus 50:30:20. Yakni 50% pengeluaran untuk kebutuhan pokok, 30% untuk hiburan atau keinginan pribadi, dan 20% untuk tabungan. Dari rumus tersebut, pecah lagi untuk alokasi pengeluaran pay later. Contohnya, dari persentase 20% anggaran hiburan, tentukan maksimal 5% untuk tagihan pay later. Jadi, pastikan pengeluaran Anda untuk membayar tagihan pay later tidak melebihi persentase tersebut.

Cara ini juga bisa menjadi langkah jitu agar Anda tidak menambah tagihan lagi sebelum tagihan yang pertama lunas. Pastikan juga untuk senantiasa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan urgent dan kontrol diri dalam berbelanja barang impian.

4. Manfaatkan Promo Semaksimal Mungkin

Jika selama ini Anda berpikir aplikasi pay later adalah sumber keborosan, maka itu salah besar. Sebab, aplikasi pay later seperti Atome lebih dari sekadar metode pembayaran. Aplikasi Atome juga aktif melakukan kerjasama dengan berbagai merchant untuk memberikan promo eksklusif yang menguntungkan konsumen. Jadi, Anda bisa mendapatkan harga jauh lebih terjangkau saat transaksi menggunakan Atome. Karena itulah, manfaatkan berbagai promo semaksimal mungkin. Meskipun dibayar dengan cicilan, tetap usahakan untuk mencari promo sebanyak – banyaknya dengan cara:

  • Ikuti semua media sosial Atome, mulai dari Instagram, Facebook, dan YouTube. Sehingga Anda bisa update informasi promo terbaru dan program menarik lainnya dari Atome, seperti kuis, giveaway, atau program referral, top spender, dan lain lainnya.
  • Daftar program member di merchant favorit untuk mendapatkan benefit lebih dan promo eksklusif lainnya.
  • Cek banner promo terbaru yang di-highlight secara berkala di aplikasi Atome. Pastikan aplikasi yang Anda gunakan ter-update secara otomatis agar banner promosi yang ditampilkan juga ter-update otomatis.

5. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Hal ini juga sangat penting dan wajib menjadi prinsip yang harus selalu Anda pegang dalam menggunakan berbagai layanan pay later. Pastikan membayar tagihan tepat waktu agar tidak menunggak semakin lama dan total tagihannya pun bertambah banyak dengan adanya denda. Tentu hal ini bukan sekadar beban keuangan, tapi juga mental. Jika tagihan terus menunggak, maka pengguna juga semakin rentan stres.

Untuk itulah, miliki sikap disiplin dan bertanggungjawab dalam menggunakan layanan pay later. Setelah Anda berhasil mendapatkan produk yang Anda inginkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, ingat bahwa Anda wajib membayar tagihannya dengan sistem cicilan per bulan. Jika menggunakan Atome tidak perlu takut terlambat membayar tagihan. Karena pengguna akan mendapat notifikasi via SMS dan aplikasi H-3 sebelum tanggal jatuh tempo. Cara membayar tagihan juga cukup praktis. Salah satunya yaitu cukup membayarnya lewat virtual account (VA). Menariknya lagi, pengguna juga boleh melunasi semua total tagihannya secara langsung tanpa adanya penalti atau biaya lainnya. Jadi, selama ada anggarannya, tak perlu menunggu bulan berikutnya hanya untuk membayar tagihan.

Tidak perlu takut menggunakan pay later jika memang ada kebutuhan yang harus dibeli secepatnya. Pastikan memilih aplikasi pay later terbaik seperti Atome yang menawarkan banyak kemudahan untuk pengguna. Mulai dari fasilitas cicilan 0% tanpa DP dan biaya admin hingga tenor cicilan yang lumayan lama, antara 3 sampai 12 bulan. Jumlah merchant yang bekerjasama juga melimpah, yaitu mencapai 5.000 lebih brand dari berbagai kategori. Masing – masing merchant juga aktif memberikan voucher diskon eksklusif dan promo spesial yang bikin belanja jadi lebih menguntungkan. Aplikasi ini pun telah digunakan ribuan orang di 9 negara Asia Tenggara dan Cina. Maka sekarang giliran Anda yang merasakan banyak manfaatnya! Download Atome sekarang dan ikuti semua media sosialnya untuk update promo terbaru.

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: