Blog

5 cara mudah mengukur cincin saat beli online

May 24 2022

Banyak orang ragu membeli cincin secara online, karena takut ukurannya tidak sesuai. Begitu juga saat ingin membelikan cincin untuk orang lain. Biasanya banyak orang bingung bagaimana cara ukur size cincin yang tepat. Padahal, cara mengukur jari untuk cincin sangatlah mudah. Tinggal mengukur diameter cincin dengan melingkarkan penggaris atau pita ukur. Supaya tidak bingung lagi, simak beberapa cara mengukur lingkar jari yang bisa kamu coba di rumah berikut ini.

Cara Mengukur Jari Untuk Cincin

Setidaknya ada 5 cara ukur cincin yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah dengan memanfaatkan benda – benda sederhana berikut ini.

1. Ukur Cincin Dengan Penggaris

Cara mengukur cincin beli online yang paling mudah yaitu dengan mengukur cincin lama yang kamu miliki. Ambil cincin milikmu, lalu ukur diameternya dengan menggunakan penggaris. Nantinya akan diketahui diameter cincin yang sesuai dengan ukuran jarimu. Jadi, ketika ingin membeli cincin secara online, pilih yang diameter cincinnya sesuai dengan hasil pengukuran cincin lama milikmu. Caranya sangat praktis dan hasilnya pun cukup akurat.

2. Ukur Jari Dengan Meteran Kain

Jika kamu tidak memiliki cincin lain yang bisa diukur, maka kamu harus mengukur jarimu terlebih dahulu. Pakai apa? Salah satu alat pengukur paling praktis yaitu meteran kain yang biasanya digunakan penjahit. Caranya sangatlah mudah. Tinggal lilitkan meteran kain ke salah satu jari yang akan menggunakan cincin, lalu lihat berapa ukurannya. Gunakan ukuran diameter jari tersebut untuk memilih cincin yang tepat.

3. Ukur Jari Pakai Kertas

Tidak semua orang punya meteran kain di rumahnya. Tapi, tak perlu khawatir! Kamu masih bisa mengukur diameter jari menggunakan benda yang pasti ada di rumahmu, yaitu kertas. Caranya hampir mirip dengan meteran kain, namun kamu harus menyiapkan kertas yang dipotong memanjang menyerupai pita terlebih dahulu. Setelah itu, lilitkan kertas pada jari yang mau diukur dan beri tanda di mana kedua sisi kertas bertemu. Jika sudah, lepaskan kertas, bentangkan di tempat datar dan ukur panjang kertas menggunakan penggaris. Gunakan penggaris dengan satuan sentimeter untuk memudahkan penentuan diameter dalam cm.

4. Ukur Jari Dengan Tali

Jika kamu malas menggunting kertas membentuk pita memanjang, gunakan tali sebagai cara mengukur cincin dengan cm. Langkah – langkah pengukurannya sama dengan mengukur menggunakan kertas. Tinggal lilitkan tali pada jari, tandai ujungnya, kemudian lepaskan, bentangkan di tempat datar, dan ukur diameternya menggunakan penggaris.

5. Ukur Dengan Finger Sizing Tool

Cara pengukuran yang satu ini tidak berbeda jauh dengan cara mengukur jari dengan kertas atau tali. Namun, kamu perlu download template finger sizing tool yang tersedia di internet terlebih dahulu. Cetak template tersebut hingga membentuk kertas yang terdapat garis – garis beserta keterangan angkanya. Lalu lilitkan hasil cetakan kertas tersebut ke jari dan lihat angka yang menunjukkan diameternya.

Daftar Ukuran Cincin

Setelah mengetahui cara mengukur ukuran cincin, ketahui juga daftar ukuran cincin yang biasa digunakan di toko – toko perhiasan. Biasanya daftar ukuran cincin dibedakan antara pria dan wanita seperti berikut ini.

1. Ukuran Cincin Pria

  • Nomor 15: Diameter 16,5 cm, keliling 51,9 cm
  • Nomor 16: Diameter 16,5 cm, keliling 51,9 cm
  • Nomor 17: Diameter 18,1 cm, keliling 57 cm
  • Nomor 18: Diameter 18,9 cm, keliling 59,5 cm
  • Nomor 19: Diameter 19,8 cm, keliling 62,1 cm
  • Nomor 20: Diameter 20,6 cm, keliling 64,6 cm
  • Nomor 21: Diameter 21,4 cm, keliling 67,2 cm
  • Nomor 22: Diameter 22,2 cm, keliling 69,7 cm

2. Ukuran Cincin Wanita

  • Nomor 7: Diameter 14,9 cm, keliling 49 cm
  • Nomor 8: Diameter 15 cm, keliling 50 cm
  • Nomor 9: Diameter 15,1 cm, keliling 51 cm
  • Nomor 10: Diameter 18,9 cm, keliling 59,5 cm
  • Nomor 11: Diameter 15,8 cm, keliling 53 cm
  • Nomor 12: Diameter 16 cm, keliling 54 cm
  • Nomor 13: Diameter 16,2 cm, keliling 55 cm
  • Nomor 14: Diameter 16,8 cm, keliling 56 cm
  • Nomor 15: Diameter 16,9 cm, keliling 57 cm
  • Nomor 16: Diameter 17 cm, keliling 58 cm
  • Nomor 17: Diameter 17,5 cm, keliling 59 cm
  • Nomor 18: Diameter 18 cm, keliling 60 cm

Merek Cincin Terbaik

Selain mempertimbangkan ukuran, kamu juga wajib memilih merek perhiasan secara jeli agar tak salah pilih. Pastikan membeli cincin dari brand ternama yang berkualitas tinggi seperti 5 merek cincin terbaik berikut ini.

1. Pandora

Merk asal Copenhagen, Denmark ini berdiri sejak tahun 1982 dan terkenal dengan berbagai produk perhiasan custom. Mulai dari cincin, gelang, kalung, hingga jam tangan. Pandora menawarkan beragam model cincin klasik yang dikombinasikan dengan modern stone. Kamu bisa memakainya untuk acara – acara kasual maupun formal.

2. Frank & Co

Merupakan brand perhiasan lokal yang mempunyai tingkat warna F dan kejernihan VVS dengan sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA). Berfokus menyediakan berbagai jenis perhiasan, mulai dari cincin hingga berlian. Jenis – jenis cincinnya juga beragam. Mulai dari cincin kawin, cincin tunangan, cincin kasual, dan beraneka jenis cincin lainnya.

3. Fifth Bloom

Merek perhiasan yang satu ini berbasis di Indonesia dan Australia. Terkenal dengan berlian premium heart & arrows yang dipotong secara khusus hingga menampilkan presisi simetri dan memancarkan kilau nan indah. Kamu juga bisa memesan berbagai perhiasan secara custom, termasuk untuk pemesanan cincin kawin dan cincin tunangan.

4. Loulourose

Brand lokal yang mengambil tema perhiasan modern dan minimalis. Menggunakan bahan silver 925 serta emas 14k dan 18k dalam pembuatan cincin, anting, kalung, gelang, dan lain lainnya. Kamu juga bisa custom desain dan memesan material perhiasan murni emas seluruhnya.

5. Litany

Litany konsisten menghadirkan berbagai desain perhiasan unik yang terinspirasi dari aneka tumbuh – tumbuhan, seperti mawar, anggrek, dan lain lainnya. Kamu bisa membeli cincin, kalung, gelang, anting – anting, mahkota, dan bahkan tusuk konde. Semuanya terlihat mewah dan elegan dengan sentuhan feminin.

Sekarang tak perlu khawatir beli cincin secara online. Karena kamu bisa menyesuaikan ukurannya dengan mengikuti tutorial di atas. Dapatkan koleksi cincin dan perhiasan terbaik dari jewellery store ternama yang bekerja dengan Atome. Mulai dari Swarovski, Fifth Bloom, dan Pandora. Semua koleksinya lengkap, terbuat dari logam dan batu mulia asli yang indah, serta menawarkan beragam model perhiasan kekinian. Kamu juga tak perlu memusingkan harganya. Karena ketiga store tersebut telah bekerjasama dengan Atome. Jadi, kamu bisa menggunakan metode pembayaran Atome dan nikmati fasilitas cicilan 0% hingga 3 sampai 12 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu jauh lebih hemat dan menguntungkan. Dapatkan kesempatan emas ini dengan men-download dan menggunakan Atome sekarang juga!

Ada kabar menarik nih! Mulai hari ini, 24 Mei hingga 31 Mei 2022 ini, kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp 50.000 untuk setiap pembelian dengan menggunakan Atome di Fila, Eiger, Everbest, This Is April, Eprise, Gosh, Bellagio, Rotelli, Skin+Clinic, Oriskin, Irwan Team, Sociolla, Glafidsya Medika, Sensatia Botanicals, Toys City, Wilio, Gingersnaps, Justice, Absolutefit Gym, Fit Hub, Osbond Gym, Radatime, Watch Studio, dan Whizliz. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya!

Main keywords of the article: