5 ide dekorasi tahun baru Imlek di rumah

Jan 17 2023

Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan tahun baru Imlek merupakan hal yang paling dinanti setiap tahunnya. Selain akan dijadikan ajang berkumpul bersama keluarga, beberapa orang juga mulai mencari ide dekorasi tahun baru imlek di rumah. 

Dengan melakukan dekorasi tahun baru imlek di rumah, suasana perayaan tersebut pun akan semakin hangat. Berikut ini adalah lima cara dekorasi tahun imlek di rumah yang bisa kamu lakukan. 

Dominasi warna merah

Perayaan tahun baru imlek tentu saja akan didominasi warna merah. Oleh karenanya, sebaiknya kamu mencari beberapa bahan dekorasi dengan warna tersebut agar kesan perayaannya bisa menjadi lebih kental. 

Hanya saja, meski didominasi warna merah, sebaiknya jangan mengganti warna dinding di setiap ruangan rumahmu, ya. Sebab, menurut beberapa penelitian, penggunaan warna merah yang berlebihan justru bisa memberikan dampak negatif, lho. 

Baca juga: Tips Menyiapkan Dekorasi Pelaminan

Jadi, sebaiknya kamu cukup tonjolkan warna merah lewat beberapa perabotan atau aksesori di rumah. Selain itu, kamu juga bisa memberikan tambahan lukisan khas imlek di ruang tamu. 

Berikan sentuhan elemen emas

Selain merah, warna lainnya yang menjadi ciri khas dari perayaan tahun baru Imlek adalah emas. Bagi masyarakat Tionghoa, emas melambangkan kekayaan, nasib baik, dan kemakmuran. Ketiga hal tersebut merupakan tema penting bagi perayaan tahun baru Imlek. 

Jadi, jangan lupa pula untuk menambahkan elemen dekorasi emas di rumahmu agar nuansa Imlek makin terasa. 

Sentuhan bunga di ruang tamu

Selain bermain warna, perayaan tahun baru imlek juga kental dengan ornamen-ornamen bunga. Sebab, Tiongkok merupakan salah satu negara yang terkenal dengan keindahan bunga-bunganya, yang satu di antaranya adalah bunga Mei Hwa. 

Agar perayaan tahun baru imlek lebih terasa meriah, kamu bisa memberikan sentuhan keindahan dengan memajang bunga-bunga tersebut di ruang tamu kamu, misalnya. Kamu bisa melakukan flower arrangement dan masukkan ke dalam vas agar terlihat lebih rapi. 

Letakkan tanaman hijau

Tidak hanya bunga, dekorasi tahun baru imlek di rumah pun dapat dilakukan dari beberapa jenis tanaman hijau. Tanaman ini dapat kamu letakan di beberapa sudut ruangan di rumah. 

Kamu bisa mencari indoor plant pots dengan warna khas Imlek. Selain dapat membuat dekorasi Imlek rumahmu terasa lebih kental, tanaman hijau juga bisa membuat suasana ruanganmu segar. 

Gunakan lantern

Salah satu objek yang menjadi ciri khas tahun baru Imlek adalah penggunaan lantern. Oleh karenanya, jangan lupa menggunakan lantern agar dekorasi tahun baru imlek rumahmu semakin bagus. 

Kamu bisa menggunakan red lantern sebagai lapisan luar lampu-lampu di beberapa ruangan. Pilihlah lantern dengan warna transparan atau emas agar nuansa Imlek semakin terasa. 

Rayakan tahun baru imlek di rumahmu dengan Atome

Demikian beberapa tips untuk mendekorasi rumahmu di tahun baru Imlek. Tidak perlu bingung apabila kamu ingin mencari beberapa produk agar perayaan Imlek di rumahmu semakin meriah. Kamu bisa mengunjungi IUIGA ritel terkemuka asal Singapura yang menyediakan berbagai produk gaya hidup dan rumah tangga. 

Baca juga: Ragam Varian Karpet Untuk Rumah

Selain itu, kamu bisa kunjungi store Vivere, yang juga menyediakan produk-produk rumah tangga dengan konsep modern, minimalis, klasik, hingga premium.

Tidak perlu mengkhawatirkan harga, karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% saat belanja di IUIGA atau Vivere. Selain tanpa bunga, fasilitas cicilan Atome juga bebas dari DP dan biaya admin. Bahkan, kamu bisa menghemat total belanja dengan beragam diskon atau voucher dari brand-brand yang bekerjasama. 

Tak seperti layanan kredit pada umumnya, pengajuan cicilan Atome sangatlah mudah dan praktis. Cukup download aplikasi Atome, lalu daftar menggunakan KTP dan nomor HP. Nantinya kamu bisa langsung gunakan transaksi di 7.700 lebih toko online dan offline. Tunggu apalagi, yuk segera dekorasi rumahmu untuk perayaan tahun baru Imlek tahun ini!