Blog

5 keuntungan pakai Pay Later: Beli Sekarang Bayar Nanti

Jul 29 2022

Dulu, setiap ingin berbelanja berbagai kebutuhan harus menyiapkan uang terlebih dahulu. Tak jarang, kamu pun terpaksa menunda kebutuhan belanja hanya karena tak punya cukup dana. Padahal, kebutuhan tersebut sangatlah urgent untuk menunjang aktivitas sehari – hari. Belum lagi kalau ingin membeli barang impian dari brand – brand ternama yang harganya super mahal. Kamu harus menabung dalam waktu cukup lama untuk bisa memilikinya. Sayangnya, beberapa produk mungkin dijual terbatas dan kamu pun kehilangan kesempatan order lantaran tak punya uang.

Untuk menyiasati masalah tersebut, beberapa orang lebih memilih menggunakan kartu kredit atau bahkan mengajukan utang pada layanan pinjaman online (pinjol). Sayangnya, kebanyakan kartu kredit punya aturan skor kredit yang ribet. Tingkat suku bunganya juga tinggi dan memberatkan. Tak beda jauh dengan berbagai layanan pinjol di internet. Meski pendaftarannya mudah, namun kebanyakan layanan pinjol menerapkan suku bunga yang sangat tinggi. Niat hati ingin mencari dana talangan, ternyata malah menambah beban.

Untungnya, layanan pembiayaan semakin inovatif. Tak perlu menggunakan kartu kredit atau utang di pinjol lagi. Sekarang kamu bisa memanfaatkan layanan buy now pay later atau beli sekarang bayar nanti seperti Atome yang lebih ramah pengguna. Kamu bebas berbelanja berbagai kebutuhan dan barang impian sekarang juga. Lalu bayar semua tagihannya nanti dengan sistem cicilan. Cara pembayarannya pun sangat fleksibel dan tidak menerapkan suku bunga yang memberatkan. Baca ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh tentang inovasi beli sekarang bayar nanti dari Atome.

Apa Itu Buy Now Pay Later Atau Beli Sekarang Bayar Nanti?

Sesuai namanya, buy now pay later (BNPL) atau beli sekarang bayar nanti adalah tren belanja masa kini yang memungkinkan kamu untuk menunda pembayaran. Jadi, belanja semua kebutuhan kamu sekarang, bayar nanti setelah beberapa waktu pemakaian sesuai kesepakatan. Sekilas mirip dengan “utang”. Namun, layanan pay later hadir dengan lebih banyak inovasi yang menguntungkan. Mulai dari kemudahan sistem cicilan hingga promo potongan belanja.

Penyedia layanan pay later ini sendiri beragam. Bisa dari penjual maupun pihak ketiga. Kalau dari penjual, berarti kamu bisa langsung mengajukan utang kepada penjual sesuai kesepakatan tertentu. Namun, tidak semua penjual menyediakan fasilitas ini. Di sinilah pihak ketiga hadir memberikan bantuan. Saat ini tersedia brand pay later seperti Atome yang memungkinkan kamu untuk berbelanja berbagai kebutuhan sekarang  dan menunda pembayaran. Jadi, tidak perlu menyiapkan uang belanja terlebih dahulu. Cukup menggunakan aplikasi Atome di smartphone dan bayar tagihannya nanti sesuai ketentuan.

Cara Kerja Aplikasi BNPL Atau Beli Sekarang Bayar Nanti

Cara belanja menggunakan aplikasi pay later seperti Atome sangatlah mudah. Setiap ingin berbelanja berbagai kebutuhan, kamu tak perlu menyiapkan uang cash lagi untuk membayar semuanya secara langsung. Gunakan metode pembayaran Atome agar mendapatkan fasilitas cicilan tanpa bunga dengan masa angsuran hingga 3 atau 6 bulan. Berikut 3 langkah mudah menggunakan layanan pay later dari Atome.

1. Download Dan Daftar Aplikasi Atome

Kamu bisa mendapatkan layanan pay later dari Atome hanya dengan bermodal smartphone. Langkah pertama, download aplikasi Atome di App Store atau Google Play Store dan lakukan pendaftaran menggunakan email dan nomor HP aktif.

2. Belanja Di Merchant Yang Bekerjasama

Setelah berhasil mendaftar aplikasi Atome, sekarang kamu bisa langsung menggunakannya untuk berbelanja berbagai kebutuhan di merchant yang telah bekerjasama. Jika berbelanja secara langsung, pindai kode QR Atome yang ada di kasir merchant bersangkutan. Sedangkan jika memilih untuk berbelanja secara online, kamu bisa menyelesaikan transaksi dengan memilih metode pembayaran Atome saat checkout. Dengan begitu, kamu tak perlu membayar total belanja saat itu juga. Cukup mengangsurnya secara bertahap melalui aplikasi Atome.

3. Bayar Tagihan Di Aplikasi Atome

Cek tagihan belanja secara berkala pada menu Tagihan yang ada di aplikasi Atome. Bayar tagihan tersebut sebelum tanggal jatuh tempo yang berjarak maksimum 30 hari setelah transaksi pertama. Selain membayarnya dengan sistem cicilan dalam waktu 3 atau 6 bulan, kamu juga bisa langsung menyelesaikan total tagihan secara langsung.

Keuntungan Menggunakan Layanan Pay Later dari Atome

Tren belanja menggunakan layanan pay later semakin meningkat, karena membawa banyak kemudahan bagi para penggunannya. Seperti beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Atome berikut ini:

1. Cara Pendaftaran Mudah

Siapapun bisa mendaftar dan menggunakan layanan pay later dari Atome. Cukup download aplikasi Atome, lalu daftar menggunakan KTP, email, dan nomor HP aktif. Beda halnya dengan pinjaman dana atau layanan kartu kredit konvensional yang mensyaratkan minimal gaji atau jaminan sertifikat tertentu.

2. Sistem Cicilan 0% Dan Tanpa Biaya Tambahan

Layanan pay later dari Atome juga lebih hemat, karena tidak menerapkan biaya tambahan yang memberatkan. Jadi, cukup bayar tagihan semua nominal transaksi, tanpa bunga, tanpa DP (uang muka), dan tanpa biaya admin.

3. Masa Angsuran Hingga 3 Atau 6 Bulan

Kamu boleh membayar tagihan Atome dengan cara mengangsurnya per bulan dalam jangka waktu 3 atau 6 bulan. Sehingga kamu punya waktu lebih lama untuk mengumpulkan dana.

4. Bekerjasama Dengan 5.000 Lebih Merchant

Saat ini Atome telah bekerjasama dengan 5.000 lebih merchant dari berbagai kategori. Mulai dari peralatan elektronik, fashion, kosmetik, gaya hidup, kebugaran, hingga kebutuhan rumah tangga. Atome juga telah bekerjasama dengan berbagai brand ternama, seperti Adidas, Nike, H&M, Zara, Zalora, Sephora, Sociolla, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Banyak Promo Menarik

Kamu bisa belanja lebih hemat dengan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan brand – brand yang bekerjasama. Kamu juga berkesempatan mendapatkan welcoming voucher hingga 50% dengan minimal transaksi Rp 100.000 saat pembelian pertama menggunakan Atome.

FAQ Seputar Beli Sekarang Bayar Nanti (BNPL)

Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait layanan beli sekarang bayar nanti (BNPL):

1. Apa bedanya BNPL dengan pinjol?

Layanan BNPL atau beli sekarang bayar nanti memberikan dana talangan atau pinjaman langsung kepada pihak penjual atau merchant. Sedangkan pinjol menyalurkan pinjaman dana pada nasabah.

2. Apa bedanya layanan beli sekarang bayar nanti (BNPL) dengan kartu kredit?

Cara pendaftaran BNPL atau beli sekarang bayar nanti cenderung lebih mudah dan fleksibel, karena hanya membutuhkan aplikasi smartphone dan KTP. Sementara pendaftaran kartu kredit memerlukan rekening tabungan, NPWP, slip gaji, dan lain lain.

3. Apakah beli sekarang bayar nanti (BNPL) mempengaruhi skor kredit?

Tidak. Layanan BNPL seperti Atome tidak menerapkan skor kredit tertentu, sehingga semua pengguna bebas berbelanja kebutuhan memakai Atome.

4. Apa bedanya beli sekarang bayar nanti (BNPL) dengan kartu kredit 0%?

Sistem cicilan 0% pada Atome memungkinkan kamu membayar tagihan sesuai nominal transaksi di semua merchant. Sementara layanan kartu kredit 0% umumnya hanya berlaku di beberapa merchant tertentu.

5. Kenapa harus pay later kalau bisa buy later?

Saatnya ubah mindset bahwa kegiatan belanja tak selamanya pemborosan. Dengan tidak menunda belanja, kamu ikut berkontribusi menjaga flow ekonomi tetap berjalan dan membantu para pengusaha terus beroperasi.

Bagaimana? Ada begitu banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan pay later dari Atome bukan? Kini kamu tidak perlu khawatir memikirkan besarnya dana untuk membeli berbagai kebutuhan dan barang impian. Cukup belanja sekarang dan bayar nanti dengan fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan. Jumlah tagihannya pun sesuai nominal transaksi, tanpa tambahan bunga, DP, dan biaya admin. Langsung download Atome sekarang dan dapatkan semua keuntungan di atas!

Main keywords of the article: