6 Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Jan 24 2022

Bau badan tidak sedap membuat penampilan seseorang jadi kurang percaya diri. Apalagi kalau dibiarkan, malah tambah menjadi – jadi deh aromanya. Maka kali ini kami akan membagikan 6 cara ampuh menghilangkan bau badan tidak sedap! Ada cara apa saja?

1. Rajin Mandi Pakai Sabun Aromatherapy

Cara pertama yaitu rajin mandi menggunakan sabun aromatherapy. Biasanya, sabun – sabun jenis ini cukup ampuh untuk menjaga badan tetap wangi hingga 12 jam ke depan. Kamu bisa memilih beberapa merek terkenal seperti The Fragrance Shop atau Bath & Body Works. Selain menggunakan aromatherapy, kamu juga bisa memilih sabun jenis antibakteri untuk bisa menghilangkan kuman biang bau badan.

Kemudian berapa kali kita harus mandi? Jawabannya adalah minimal sehari sekali. Tapi jika kamu sering beraktivitas dan bergerak, maka perlu lebih sering lagi mandinya. Bahkan ada beberapa orang yang selalu mandi jika habis ke luar rumah. Karena mereka juga takut dengan virus pandemi Covid-19.

Selain memperhatikan intensitas mandi dan sabun, kamu juga harus memperhatikan cara mandi. Jangan lupa bersihkan dan bilas area badan yang mudah berkeringat dan jarang terkena udara seperti ketiak, lipatan paha, area intim, dan lain – lain. Setelah itu, keringkan seluruh tubuh menggunakan handuk kering.

2. Rajin Memakai Body Lotion

Jika kamu merasa tubuhmu menimbulkan bau badan tidak sedap bahkan setelah mandi, maka kamu bisa menggunakan body lotion pada area tangan, kaki, dan punggung. Body lotion berfungsi untuk mencegah timbulnya flek, kulit kusam, menjaga kelembapan kulit, hingga membantu agar tubuh lebih rileks. Memangnya apa hubungannya dengan bau badan tidak sedap?

Memang benar kalau kebanyakan aroma body lotion tidak tahan lama. Tapi relaksasi yang ditimbulkannya tuh dapat mempengaruhi mental kita. Nah, bau badan pun juga timbul karena stres yang akibatnya memunculkan keringat berlebihan biang bau badan. Jadi intinya, memakai body lotion juga bisa mengurangi stres.

Namun ada beberapa body lotion yang awet hingga belasan jam ke depan seperti Scarlett Whitening Body Lotion Charming, Herborist Body Lotion Coconut, atau Victoria’s Secret Fragrance Lotion Parfumèe. Nah, gimana denganmu? Apakah kamu punya koleksi body lotion sendiri?

3. Teratur Mencukur Rambut Di Badan

Selain mandi teratur menggunakan sabun antibakteri dan aromatherapy, serta menggunakan body lotion, kamu juga harus mencukur rambut di badan secara teratur, terutama di bagian ketiak dan area intim. Hal itu berfungsi untuk membuat area – area tersebut menjadi tidak lembap dan menghalangi bakteri penyebab bau badan berkembang-biak.

Lalu gimana cara mencukur rambut ketiak dan area intim dengan benar? Ada beberapa cara. Yang pertama, pilih pisau cukur yang tepat agar kulit kamu tidak terluka. Kamu juga bisa membeli alat cukur elektrik jika ada dana lebih. Kemudian cukurlah rambut di malam hari. Karena menurut ahli dermatologi, mencukur di malam hari sangat baik untuk kulit agar dapat relaksasi secara maksimal pasca kehilangan rambut.

Selanjutnya, gunakan krim cukur rambut agar ketiak tidak kering ketika dicukur. Lalu cukur rambut selaras dengan arah tumbuh rambut agar menghindari luka dan iritasi. Setelah bercukur, jangan lupa bilas dengan air mengalir dan sabun antibakteri.

Gimana dengan rambut di kepala? Kamu boleh saja tidak mencukurnya, cukup gunakan sampo secara rutin untuk mengontrol aroma pada rambut di kepala.

4. Rajin Pakai Deodoran

Kalau kamu sudah membersihkan rambut – rambut di ketiak, jangan lupa pakai deodoran ya. Ada banyak jenis deodoran yang bisa kamu pilih, mulai dari merek lokal hingga internasional. Kamu juga bisa memilih antiperspirant yang memiliki kandungan yang berbeda dibanding deodoran. Apa bedanya?

Sebagai orang awam, kita mungkin menganggap deodoran dan antiperspirant adalah hal yang sama. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Deodoran mengandung bahan yang dapat menghilangkan bau badan atau ketiak akibat pertumbuhan bakteri dari keringat.

Sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dapat menyumbat kelenjar keringat sehingga produksi keringat dapat menghilang. Sehingga deodoran merupakan produk kecantikan, sedangkan antiperspirant tergolong sebagai obat.

Tapi saat ini, sudah banyak produk deodoran yang juga menggabungkannya dengan bahan dari antiperspirant. Jadi saat ini kita tidak bisa memilih salah satunya, tapi pilihlah merek deodoran yang sudah memiliki reputasi bagus.

5. Semprotkan Parfum

Selain mandi secara teratur, rajin memakai body lotion, rajin cukur rambut, dan pakai deodoran, jangan lupa semprotkan juga parfum di seluruh area badan. Tapi apakah kamu merasa kalau parfum tidak tahan lama? Mungkin bukan kualitas parfum masalahnya, tapi karena kamu salah memakainya. Gimana cara pakai parfum yang benar?

Pakailah parfum setelah mandi, karena kulit masih lembap sehingga dapat menyerap aroma lebih cepat dan meningkatkan daya tahan aroma parfum. Selain itu, pakailah parfum dengan aroma yang sama atau mirip dengan sabun mandi, body lotion, dan deodoran, karena jika aromanya senada, maka akan jauh lebih awet wanginya!

Selain itu, langsung semprotkan parfum ke badan dan jangan digosok pakai tangan, agar aroma tidak memudar. Karena biasanya banyak yang menggosok parfum menggunakan tangan, menyemprotkan ke atas, atau bahkan ke kain baju. Untuk tempat pembeliannya, kamu bisa membeli parfum – parfum terjangkau dan wangi di Zataru.

6. Hindari Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti salmon, telur, dan brokoli menjadi sangat penting untuk kesehatan. Namun tahukah kamu kalau ternyata ada jenis – jenis makanan yang ternyata dapat menimbulkan aroma badan tidak sedap. Contohnya seperti brokoli, makanan pedas, makanan laut, dan beberapa makanan hijau.

Nah itulah 6 cara menghilangkan bau badan tidak sedap pada badan. Dengan berbelanja di Zataru menggunakan Atome, kamu akan mendapatkan promo January Special Deals dengan syarat dan ketentuan berlaku, mulai dari 1 hingga 31 Januari 2022. Dapatkan potongan Rp 150.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 1.500.000. Langsung belanja di Zataru ya! Dan jangan lupa untuk men-download Atome di link berikut ini.

Main keywords of the article: