Blog

Tips Memakai Parfum Agar Tahan Lama

Jul 07 2021

Apakah kamu memiliki bau badan yang tidak sedap? Masalah seperti ini memang banyak terjadi, baik pada pria maupun wanita. Memiliki bau badan yang kurang sedap tentu terasa sangat mengganggu bagi sebagian besar orang. Nah, salah satu cara untuk menutupi bau badan yang tidak sedap adalah dengan menggunakan parfum.

Bagi sebagian orang, memakai parfum merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap hari.  Memakai parfum kini seakan-akan sudah menjadi ritual wajib sebelum beraktivitas di luar rumah. Selain berguna untuk menyamarkan bau tubuh yang tidak sedap, parfum juga dapat membuatmu menjadi tenang, rileks karena aroma yang diberikan.

Akan tetapi, kebanyakan orang merasa kurang puas dengan parfum karena aromanya tidak dapat bertahan lama atau cepat hilang. Ternyata penyebab hilangnya aroma parfum yang begitu cepat ini bukan  karena aktivitasmu yang tinggi saja, tetapi bisa jadi hal ini terjadi karena kamu salah saat mengaplikasikannya sehingga aromanya pun cepat menguap.

Agar wangi parfum kamu bisa tahan lama, kamu bisa mengikuti tips agar wangi parfum kamu bertahan lama berikut ini.

1. Pilih Jenis Parfum Yang Tepat

Tips menggunakan parfum agar tahan lama adalah soal pemilihan jenis parfum. Pada dasarnya, ada beberapa jenis parfum yang aromanya kurang tahan lama. Jenis parfum ini berpengaruh pada tingkat ketahanan wanginya.

Jika kamu ingin wangi parfum yang tahan lama pilihlah jenis Extrait de Perfume yang mampu bertahan hingga dua sampai tiga hari. Sedangkan parfum jenis Eau de Parfum, aromanya dapat bertahan sampai satu hari tergantung merek dan kualitasnya.

2. Simpan Dengan Cara Yang Benar

Hal penting yang harus kamu perhatikan jika ingin wangi parfummu awet adalah tempat penyimpanannya. Molekul-molekul penghasil aroma wangi dalam parfum bisa saja menguap dan hilang ketika kamu meletakkannya di tempat yang secara langsung terkena sinar matahari atau benda berbau tajam.

Jangan letakkan parfummu di dekat jendela kamar atau ruang tamu, meja yang terdapat pisau, gunting dan benda lain yang mudah berkarat. Sebaiknya, letakkan parfum kesayanganmu di meja rias atau lemari kaca yang sejuk supaya aromanya tetap wangi dan segar.

Simpanlah parfum di tempat yang sejuk dan kering. Serta jauhkan parfum dari sinar matahari. Panas, cahaya, dan kelembaban akan mengurangi kualitas wewangian parfum. Selain itu, pastikan parfum selalu tertutup rapat agar wanginya tidak mudah menguap.

3. Pastikan Bahwa Tubuhmu Bersih

Tubuh yang bersih dapat memaksimalkan ketahanan aroma parfummu. Hal ini terjadi karena jika tubuhmu bersih, pori-pori kulitmu akan terbuka lebar sehingga mudah menyerap cairan parfum yang kamu semprotkan. Jadi kamu harus mandi terlebih dahulu agar wangi parfummu dapat bertahan lebih lama.

Tubuh yang bersih tidak terkontaminasi oleh keringat berlebih. Parfum pun akan lebih meresap dan menempel secara sempurna ketika badan kamu bersih. Selain segar, menyemprotkan parfum pertama setelah mandi juga menimbulkan wewangian yang berbeda dan terasa lebih fresh seketika.

4. Gunakan Body Lotion Terlebih Dulu

Setelah tubuhmu bersih, gunakanlah terlebih dulu body lotion ke seluruh tubuh kamu. Akan tetapi pilihlah body lotion yang aromanya  netral. Kamu bisa memilih pelembab badan yang memiliki aroma sesuai dengan aroma parfum. Jika tidak tersedia, gunakan pelembab tanpa aroma.

Kulit yang memiliki kelembaban baik akan membuat parfum menempel lebih lama. Menyemprotkan parfum langsung ke kulit bisa membuat wanginya cepat hilang. Jadi setelah mandi, gunakanlah pelembab atau body lotion pada bagian tubuh yang akan kamu semprot parfum agar wanginya lebih tahan lama.

5. Semprotkan Parfum Ke Area Yang Tepat

Jika ingin wangi parfum awet, jangan semprotkan sembarangan, pilih area yang tepat yakni pada titik-titik nadi di tubuh. Semprotkan parfum hanya ke titik-titik nadi pada kulit kamu.  Bagian kulit tersebut cenderung menghasilkan panas lebih tinggi yang otomatis akan menyebarkan aroma parfum ke seluruh tubuh.

Semprotkan parfum pada pergelangan tangan bagian dalam, dalam siku, sekitar leher, bawah perut, pergelangan kaki, dan betis. Contoh titik-titik nadi lainnya adalah di belakang telinga, di antara payudara, dan di belakang lutut. Dengan begitu parfum kamu akan lebih bertahan lama wanginya.

6. Jangan Menggunakan Parfum Pada Pakaian

Menyemprotkan parfum ke pakaian akan mengakibatkan parfum kamu bercampur dengan aroma keringat, sehingga akan menghasilkan aroma yang aneh. Pakaian bukanlah penyerap aroma yang baik, jadi hindari menyemprotkan parfum ke pakaian. Semprotkanlah parfum ke kulit yang mengikat wangi lebih baik dibandingkan dengan kain.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu menyemprotkan parfum kamu di area kulit ataupun yang dekat dengan nadi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Menyemprotkan parfum bada baju ini tidak akan membuat pafrummu menjadi awet, justru sebaliknya, aroma parfummu akan mudah hilang.

7. Beri Jarak Saat Menyemprot

Saat hendak menyemprotkan parfum, perhatikanlah jarak semprotanmu. Jarak saat menyemprotkan parfum ini penting diperhatikan agar lebih luas dan merata ketimbang menyemprotkannya dari jarak dekat. Jarak terbaik untuk menyemprotkan parfum adalah 15-25 cm dari tubuh.

Dari jarak 15-25 cm ini, penyebaran parfum pun menjadi lebih luas dan merata ketimbang menyemprotkannya dari jarak yang sangat dekat atau bahkan tidak berjarak. Hasil dari menerapkan tips menggunakan parfum ini, wanginya dijamin lebih tahan lama, terasa ringan, juga menyegarkan.

8. Semprot Beberapa Kali

Tidak cukup sekali saja kamu menyemprotkan parfum. Jika ingin aromanya lebih awet, semprotlah lebih dari sekali. Dengan begitu aroma parfum pun dapat bertahan lebih lama dan tetap wangi. Jangan lupa juga untuk membawanya ke manapun kamu pergi sebagai cadangan jika kamu merasa aromanya sudah mulai pudar.

Menyemprotkan parfum butuh lebih dari sekali agar molekul-molekul parfum yang sudah disemprotkan akan saling mengikat dengan sebum yang diproduksi kulit. Nah, saat kamu menyemprotkannya berulang kali, molekul parfum dan sebum akan saling mengikat satu sama lain sehingga aromanya menjadi lebih wangi tahan lama.

Jadi mulai sekarang, tak perlu lagi khawatir akan wangi parfum yang cepat memudar. Karena dengan tips menggunakan parfum di atas kamu pun bisa tetap wangi seharian. Agar kamu tidak  bingung parfum apa yang sesuai denganmu, pilihlah parfum Baccarat. Parfum ini sedang banyak digunakan karena aromanya yang begitu menenangkan. Harga parfum Baccarat pun cukup sesuai dengan aroma yang disajikan.

Kamu bisa membeli parfum Baccarat di merchant The Fragrance Shop. Harga parfum Baccarat di sini dibanderol mulai dari harga Rp 1.249.000 hingga Rp 1.349.000. Harga ini cukup terjangkau karena telah mendapatkan diskon sebesar 80% dari harga aslinya. Pilih juga metode pembayaran dengan mempergunakan Atome agar transaksi belanjamu lebih cepat dan mudah. Menarik, bukan?