Blog

7 Cara Cerdas Mengatasi Kulit Kepala Kering

Oct 04 2021

Tak hanya kulit tubuh, ternyata kulit kepala juga perlu untuk diperhatikan lho. Di kulit kepala, terdapat kurang lebih sekitar 100.000 folikel rambut. Nah, folikel rambut ini biasanya menghasilkan sebum atau sejumlah minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembapan yang ada di kulit kepala. Untuk itu, kulit kepala harus tetap terawat agar kulit kepala bisa nyaman dan terlindungi dari bahaya infeksi yang kerap kali terjadi.

Perlu diketahui nih, kalau kulit kepala ternyata juga memiliki mikrobioma lho. Mikrobioma biasanya dimiliki oleh usus. Namun, di area kepala kita biasanya mikrobioma ini sering kali menimbulkan sakit kepala, penyakit dermatitis seboroik, dermatitis atopic, psoriasis, hingga membuat kepala kita muncul ketombe yang berlebihan.

Kalau tidak dilakukan perawatan secara langsung, maka hal ini bisa-bisa akan membuat kepala kamu menjadi sangat tidak nyaman. Merawat kulit kepala memang terlihat sangat sepele, tapi walaupun begitu kamu harus tetap melakukan perawatan yang baik, rutin, dan teratur.

Nah, biar kamu bisa melakukan perawatan kepala dengan tepat, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit kepala kamu menjadi lebih baik. Mau tahu seperti apa cara yang mudah untuk merawat kesehatan kulit kepala agar terhindar dari masalah kulit kepala kering? Biar kamu tidak bingung lagi, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Jangan Sering Keramas

Tahukah kamu kalau keramas setiap hari akan membahayakan kulit kepala kamu? Kandungan bahan-bahan yang ada pada sampo seperti sulfat, alkohol, dan kandungan bahan kimia lainnya. Nah, bahan ini rupanya dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala.

Biar minyak di kulit kepala kamu tetap terjaga secara alami, kamu disarankan melakukan keramas sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu. Ini sudah direkomendasikan oleh para ahli lho. Kamu tidak perlu khawatir rambut kamu lepek. Kulit kepala yang bisa menghasilkan minyak alami akan tetap terhidrasi meskipun kamu keramas selama beberapa kali tersebut.

Buat kamu yang punya jenis kulit kepala yang lepek, kamu bisa menggunakan dry shampoo atau kamu juga bisa menggunakan bedak bayi agar minyak di kulit kepala kamu bisa diserap dengan optimal.

Oh iya, ketika kamu memilih sampo, kamu bisa menggunakan sampo yang mengandung bahan pelembab alami, minyak almon, minyak rosemary, dan minyak moringa. Sebisa mungkin hindari penggunaan sampo yang mengandung formula kimia yang terlalu keras.

2. Lakukan Pijat Kepala Saat Keramas

Agar kulit kepala bisa rileks dan aman, kamu bisa melakukan pijatan ringan pada kepala saat keramas. Hindari menggosok-gosok kulit secara berlebihan ya. Menggosok kulit kepala secara berlebihan akan menyebabkan abrasi pada kulit. Dan yang paling parahnya lagi, kulit kamu bisa kering. Makanya kamu harus memijat kepala dengan lembut saat kamu keramas.

Ketika melakukan pijatan kepala, kamu juga harus menggunakan pijatan yang ringan dengan menggunakan jari. Nah, pijatan ini bisa dilakukan secara melingkar di kulit kepala. Ketika dilakukan secara merata, peredaran darah di sekitar kulit kepala bisa berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu saja lho, folikel yang ada di rambut juga bisa tumbuh dengan baik. Jadi, usahakan untuk selalu memijat kepala saat keramas ya!

3. Tuangkan Minyak Natural Dan Aplikasikan Di Kepala

Untuk menghidrasi kulit, kamu bisa menggunakan minyak natural di seluruh area kulit kepala kamu. Kamu bisa menggunakan minyak almon, minyak jarak, atau minyak zaitun. Aplikasikan di kulit kepala kamu sembari melakukan pijatan ringan di area kulit kepala.

4. Konsumsi Suplemen Omega 3

Selain menggunakan minyak alami, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen yang baik untuk tubuh. Yaps, salah satu suplemen yang bisa kamu konsumsi adalah minyak ikan yang mengandung Omega 3. Kandungan Omega 3 ini bisa membantumu mencegah kerontokan yang banyak terjadi pada rambut.

5. Makan Yang Banyak Mengandung Antioksidan

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan ternyata juga bisa membantu menghindarkan radikal bebas yang ada pada tubuh kamu loh. Nah, makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menghindarkan radikal bebas ini salah satunya seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kamu juga harus menghindari mengonsumsi makanan manis yang berlebihan lho. Makanan manis yang berlebihan rupanya juga kurang bagus buat kulit kepala. Karena bisa meningkatkan populasi jamur di kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe pada area kepala.

6. Konsumsi Probiotik

Selain makanan dengan antioksidan tinggi, mengkonsumsi probiotik ternyata juga sangat disarankan untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut. Probiotik memiliki peran utama untuk membuat mikrobioma di area usus bisa seimbang. Jika bisa seimbang, area kulit kepala juga akan ikut sehat. Karena, usus tersebut berperan sebagai penjaga kesehatan seluruh tubuh.

7. Minum Asupan Cairan Yang Mencukupi

Yang paling penting untuk membuat rambut tetap sehat adalah selalu mengkonsumsi asupan cairan yang banyak. Salah satunya dengan minum air putih yang cukup secara rutin dan teratur.

Asupan cairan yang banyak bisa dengan mudah mengurangi resiko dehidrasi pada kulit kepala. Makanya, guys, penting banget nih untuk selalu mengkonsumsi cairan yang cukup. Salah satunya dengan minum air mineral yang banyak.  Paling tidak kamu bisa mengkonsumsi air tersebut sebanyak 6 hingga 8 gelas sehari.

Nah, tidak sulit ‘kan cara merawat rambut agar aman dan terbebas dari dehidrasi? Buat kamu yang malas merawat rambut, sebaiknya segera dihindari sedari sekarang, karena ternyata sangat berbahaya buat kesehatan kamu. Bisa saja dengan mudah terjadi terjadi kebotakan, dehidrasi, hingga iritasi pada kulit kepala kamu.

Semakin bagus lagi kalau kamu menggunakan shampo yang berbahan alami. Sampo berbahan alami seperti ini bisa kamu dapatkan di iStyle. Banyak banget lho promo yang bisa kamu manfaatkan di sini. Apalagi kalau kamu rajin buka website-nya di www.iStyle.id.

Dan jangan lupa, iStyle telah bekerjasama dengan Atome sebagai salah satu metode pembayarannya, jadi kamu juga bisa menggunakan Atome saat berbelanja di sana. Dengan cicilan yang tersedia antara 3 atau 6 bulan, tentunya hal ini akan makin memudahkan kamu untuk menghemat pengeluaran dong! Tunggu apalagi? Yuk, belanja di iStyle pake Atome!