7 tips kelola uang anti bokek di tanggal tua

Jun 22 2022

Setiap tanggal tua banyak orang mengeluh kehabisan uang hingga terpaksa menghindari kegiatan berbelanja. Bahkan, berbelanja kebutuhan penting pun terpaksa dipangkas karena minimnya saldo uang bulanan. Mau tidak mau harus menunggu tanggal gajian jika ingin berbelanja kebutuhan dan barang impian lainnya. Padahal, ada beberapa kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi belinya. Bisa karena stoknya terbatas atau memang sifatnya yang urgent untuk bertahan hidup atau meningkatkan produktivitas. Untuk mengatasi hal ini, lakukan pengelolaan yang tepat agar terhindar dari resiko kehabisan uang di tanggal tua. Berikut 7 tips anti bokek di tanggal tua yang bisa kamu terapkan agar dompet tetap aman meski belum gajian.

1. Disiplin Budgeting Sejak Awal Bulan

Closeup of person holding bills and calculating them. Notebook, calculator and smartphone lying on desk. Payment concept. Cropped view.

Tips utama dalam mengelola uang yaitu dengan menerapkan budgeting sejak awal. Tentukan besarnya anggaran yang akan kamu habiskan selama satu bulan dengan memperhatikan pemasukan yang kamu dapat. Mulai dengan membagi kebutuhan berdasarkan skala prioritas terlebih dahulu, lalu buat persentase budgeting jika ingin menerapkannya dengan mudah. Misalnya, utamakan kebutuhan pokok dengan persentase budgeting sebanyak 60% dari total pemasukan. Selanjutnya, 30% untuk hiburan, dan 10% untuk tabungan dan investasi. Yang pasti, jangan terpaku pada persentase tersebut. Tetap sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

2. Utamakan Belanja Online

Dibandingkan belanja ke tokonya secara langsung, belanja online seringkali lebih hemat dan menguntungkan. Manfaat pertama, kamu bisa mencari rekomendasi toko dan produk terbaik hanya dengan scroll melalui gadget. Tentu lebih mudah dibandingkan harus keliling kota dan memasuki beberapa toko satu per satu. Dari pencarian toko online tersebut, pilih kualitas produk terbaik berdasarkan deskripsi dan review pelanggan. Lalu, pertimbangkan juga harga dan promo yang ditawarkan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penawaran produk terbaik dengan harga paling bagus sesuai anggaran yang telah kamu tetapkan.

3. Teliti Dalam Memilih Toko

Ingat, jangan hanya berfokus pada harga produk yang murah. Perhatikan juga kualitas dari barang yang ingin kamu dapatkan tersebut. Tidak hanya mencakup kualitas produk, tapi juga kualitas layanan toko itu sendiri. Sebab, kamu juga membutuhkan layanan toko terbaik yang menguntungkan. Tentu percuma jika produknya murah meriah, tapi packaging produk tidak aman dan pengirimannya lambat. Jadi, perhatikan dengan baik bagaimana testimoni pelanggan terhadap kualitas layanan toko bersangkutan.

4. Manfaatkan Layanan Buy Now Pay Later

Siapa bilang memakai pay later itu hanya menambah beban keuangan? Justru kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan jika menggunakan aplikasi pay later yang tepat. Budgeting yang telah kamu terapkan sejak awal bulan juga bisa berjalan lancar jika memanfaatkan pay later ketika ada kebutuhan mendadak. Misalnya saja saat ada kebutuhan mendadak di akhir bulan dan anggaran yang kamu miliki telah habis. Maka solusi agar kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan yaitu dengan menggunakan pay later.

Yang pasti, kamu harus pintar – pintar dalam memilih layanan buy now pay later ini. Pilih yang menyediakan fasilitas cicilan paling ringan. Misalnya, suku bunga 0% atau kalau bisa tidak melebihi 1%. Pilih juga yang sistem cicilannya bulanan dengan tenor cukup panjang, misalnya dengan lama tenor hingga 12 bulan. Dan yang terpenting, cari layanan pay later yang telah bekerjasama dengan banyak merchant, sehingga kamu tidak akan kerepotan saat ingin membeli berbagai kebutuhan dari merchant favoritmu.

5. Raji Cari Promo Biar Semakin Hemat

Tips anti bokek paling jitu yaitu dengan menghemat pengeluaran semaksimal mungkin. Penghematan di sini tidak harus dengan memangkas kegiatan belanja saja kok. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan rajin mencari info promo terbaru yang menguntungkan. Sebelum berbelanja produk, coba cari promo – promo yang relevan dengan kebutuhanmu itu. Entah promo dari produknya langsung, toko – toko yang menjualnya, atau dari layanan lainnya. Mendapatkan diskon 5% juga sudah cukup lumayan untuk membantumu lebih berhemat. Apalagi jika kamu memiliki kartu member atau sejenisnya. Biasanya kamu bisa mendapatkan lebih banyak promo menguntungkan yang sifatnya eksklusif.

6. Biasakan Masak Makanan Sendiri Di Rumah

Satu lagi tips berhemat yang bikin anti bokek di tanggal tua yaitu dengan membiasakan masak makanan sendiri di rumah. Jangan terlalu sering makan di luar, apalagi jika kamu sampai menjadikannya kebiasaan setiap hari. Sebab, pengeluaran untuk makan termasuk besar dan frekuensinya pun tidak hanya sekali. Tapi bisa sampai 2-3 kali sehari. Jadi, cukup sesekali makan di luar dan biasakan masak makanan sendiri di rumah. Memasak makanan sendiri juga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Meskipun sedikit merepotkan, namun kebiasaan ini worth it dilakukan untuk menjaga finansial tetap aman hingga akhir bulan.

7. Cari Tambahan Penghasilan Sampingan

Happy casual beautiful asian woman working on a laptop sitting on floor at home.

Salah satu tips keuangan yang sering dilupakan adalah memperbanyak penghasilan. Jangan hanya fokus mengontrol atau mengurangi pengeluaran, tapi coba juga cari alternatif yang tidak kalah penting, yaitu memperbanyak keran penghasilan. Jika pemasukan bertambah, tentunya kamu bisa spend pengeluaran lebih banyak. Caranya, tambah penghasilan dengan mengerjakan project kerja sampingan, freelance, atau menjalankan bisnis. Jika dilakukan secara konsisten, kamu bisa mendapatkan tambahan uang jajan yang cukup menguntungkan dan bahkan bisa menambah saldo tabungan.

Promo Spesial Dari MAP Online!

Ingat, salah satu tips anti bokek adalah rajin mencari promo yang bikin belanja semakin hemat. Nah, kebetulan sekarang ada promo menarik dari MAP (Mitra Adi Perkasa) yang bagi – bagi diskon spesial di beberapa merchant online. Syaratnya, cukup download Atome dan gunakan transaksi online dengan ketentuan berikut.

  • Diskon Rp 100.000 khusus pengguna baru. Daftar Atome dan lakukan transaksi dengan minimal transaksi Rp 750.000 di Planet Sports Online, New Balance Online, atau Skechers Online.
  • Diskon Rp 150.000 khusus pengguna setia Atome. Lakukan pembelanjaan dengan minimal transaksi Rp 1.200.000 menggunakan Atome di Planet Sports Online, New Balance Online, atau Skechers Online.
  • Diskon Rp 100.000 khusus pengguna setia Atome. Lakukan pembelian barang dengan minimal transaksi Rp 1.200.000 menggunakan Atome di Sephora Online.
  • Diskon Rp 100.000 khusus pengguna setia Atome dan MAP Club Online dengan minimal transaksi Rp 1.000.000 di merchant MAP.

Ikuti tips di atas biar anti bokek di tanggal tua. Jangan lupa juga untuk ikutan berburu promo spesial dari MAP dengan belanja menggunakan Atome di merchant – merchant pilihan. Bukan hanya kamu berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga yang bisa membuat belanja semakin hemat, kamu juga bisa menikmati fasilitas cicilan 0% tanpa biaya tambahan. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor cicilan hingga 1 sampai 12 bulan. Jumlah merchant-nya mencapai 5.500 lebih, baik store – store offline maupun online. Selain merchant – merchant ternama dari MAP, Atome juga bekerjasama dengan store – store keren lainnya di berbagai kategori. Mulai dari kategori fashion ada H&M, Buccheri, Zalora, dll. Di kategori kecantikan ada Sociolla, Zataru, Skin+Clinic, dan masih banyak yang lainnya. Ada juga kategori home decor, seperti IUIGA, Scandia, Sleep&Co, dan masih banyak lagi. Download dan gunakan Atome sekarang untuk mendapatkan pengalaman belanja lebih memuaskan!

Main keywords of the article: