Blog

Manfaat Buy Now Pay Later dan tips bijak memakainya

Aug 10 2022

Kamu pasti sudah tidak asing dengan berbagai penawaran pay later. Banyak toko offline maupun online yang menawarkan pay later sebagai opsi pembayaran kredit yang lebih praktis. Hal itu memang benar. Pay later atau buy now pay later adalah layanan yang memungkinkan kamu berbelanja berbagai produk sekarang atau saat ini, dan membayarnya nanti dengan sistem cicilan. Mirip dengan sistem pembayaran kredit konvensional, namun lebih tersistem, dengan mempergunakan aplikasi mobile. Baca artikel berikut untuk memahami apa itu buy now pay later beserta manfaat dan cara bijak menggunakannya.

Pengertian Buy Now Pay Later

Dalam bahasa Indonesia, buy now pay later berarti “belanja sekarang bayar nanti”. Sesuai namanya, buy now pay later adalah layanan yang memungkinkan seseorang berbelanja produk sekarang dan bayar nanti. Nah, opsi pay later atau “pembayaran nanti” di sini dilakukan dengan cara kredit atau mencicil. Tentu layanan ini sangat memudahkan banyak orang yang ingin memenuhi kebutuhan, tapi masih terkendala biaya.

Idealnya, ketika seseorang ingin membeli suatu produk, tentu dia harus membayar semua total belanjanya saat itu juga. Sayangnya, tak semua orang punya cukup dana untuk melunasinya saat itu juga. Di sinilah pentingnya menggunakan layanan buy now pay later dari pihak ketiga yang memberi fasilitas cicilan. Jadi, kamu tak perlu menunda belanja atau mengumpulkan tabungan terlalu lama untuk membeli kebutuhan dan barang yang diinginkan.

Buy Now Pay Later VS Kartu Kredit

Sekilas, layanan buy now pay later mirip dengan penggunaan kartu kredit dari perbankan. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Cara pengajuan kartu kredit biasanya dilakukan secara langsung ke bank dan butuh waktu panjang. Sedangkan pendaftaran akun pay later cukup dilakukan secara online via aplikasi mobile dan hanya butuh waktu sekian menit.
  • Kriteria kelayakan pengajuan cicilan kartu kredit cenderung rumit, di mana kreditur harus memiliki minimum penghasilan tertentu dan melampirkan slip gaji. Sedangkan pengguna pay later bisa mengajukan cicilan tanpa batasan minimum gaji. Pendaftarannya cukup menggunakan nomor HP dan KTP asli.
  • Limit kredit dan tenor cicilan. Limit kartu kredit biasanya sekitar 3 juta sampai ratusan juta rupiah dengan tenor 1 hingga 2 tahun. Sedangkan limit aplikasi pay later umumnya lebih kecil, yaitu dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah dengan tenor maksimal 1 tahun.
  • Biaya. Kartu kredit biasanya menerapkan suku bunga 0-2% per bulan dan biaya tahunan mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Sedangkan aplikasi pay later menerapkan suku bunga 0-2,9% per bulan tanpa biaya tahunan.
  • Kemudahan akses. Pengguna kartu kredit harus membawa kartu fisik untuk bisa dipergunakan saat sedang bertransaksi. Sedangkan pengguna aplikasi pay later cukup mengandalkan scan kode QR melalui aplikasi di smartphone.

Manfaat Buy Now Pay Later

Dengan menggunakan layanan buy now pay later, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, dan kemudahan berbelanja, di antaranya yaitu:

1. Solusi Memenuhi Kebutuhan Urgent

Dengan menggunakan pay later, kamu tak perlu menunda belanja berbagai kebutuhan dan barang impian hanya karena dananya belum terkumpul. Apalagi, jika stok produknya terbatas atau kebutuhan yang ingin dibeli benar – benar urgent. Gunakan pay later untuk membeli semuanya sekarang dan bayar nanti dengan sistem cicilan.

2. Menjaga Cashflow Tetap Aman

Saat tiba – tiba ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan nominal lebih, kamu juga tak perlu mengambil uang tabungan atau anggaran bulanan. Cukup mengandalkan pay later dengan cicilan bulanan yang ringan, sehingga cashflow bulanan tetap aman dan stabil.

3. Membantu Perencanaan Uang Lebih Baik

Dengan menggunakan pay later, kamu juga bisa belajar merencanakan anggaran bulanan lebih baik. Karena pay later bisa memudahkanmu dalam menganalisa tagihan dan nominal cicilan per bulan, lalu mengalokasikan jumlah anggaran yang tepat setiap bulannya.

4. Mendapatkan Promo Spesial

Ini juga tak kalah menarik. Di samping memberikan fasilitas cicilan yang memudahkan transaksi belanja, aplikasi pay later juga sering menawarkan berbagai promo – promo spesial. Mulai dari diskon, cashback, giveaway, dan berbagai promo menarik yang bekerja sama dengan merchant.

5. Transaksi Lebih Cepat Dan Praktis

Dengan menggunakan pay later, tak perlu mengandalkan dompet berisi uang tunai atau berbagai kartu debit dan kartu kredit lagi. Cukup bayar semua total belanja dengan scan kode QR saat belanja langsung atau checkout dengan metode pembayaran pay later saat belanja online.

Cara Bijak Menggunakan Buy Now Pay Later

Meskipun menawarkan banyak manfaat, beberapa orang tetap merasa enggan untuk menggunakan layanan pay later, karena takut menjadi konsumtif hingga terlilit banyak tagihan. Padahal, itu tak akan terjadi selama kamu menggunakan pay later secara bijak. Caranya:

1. Pilih Layanan Pay Later Terbaik

Jangan pakai aplikasi pay later sembarangan. Pilih layanan yang mudah digunakan dan memberi banyak keuntungan. Seperti aplikasi Atome yang memberi fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP atau biaya admin. Tenor cicilannya pun sangat fleksibel, yaitu 1 hingga 12 bulan dan Atome juga sudah bekerja sama dengan 6.500 lebih merchant offline dan online.

2. Utamakan Belanja Kebutuhan Atau Barang Produktif

Biasakan berbelanja penuh kesadaran, misalnya dengan membuat perencanaan terlebih dahulu. Pastikan juga untuk selalu mengutamakan belanja kebutuhan pokok. Kalaupun ingin membeli barang impian, utamakan membeli produk yang dapat menunjang produktivitas sehari – hari daripada sekadar mengikuti tren.

3. Belanja Sesuai Kemampuan Mencicil

Hindari kalap belanja dengan selalu menghitung total belanja di keranjang sebelum checkout atau bayar ke kasir. Pastikan total belanja tersebut tidak melebihi batas kemampuanmu dalam mencicil per bulannya. Misalnya, kamu telah menganggarkan maksimal cicilan Rp 1 juta per bulan, maka usahakan total belanjamu jika dibagi jumlah tenor tidak melebihi angka 1 juta.

4. Pilih Tenor Yang Tepat

Aplikasi pay later menyediakan tenor cicilan yang beragam. Manfaatkan itu dengan memilih tenor cicilan yang tepat sesuai kemampuan dan total belanja yang kamu habiskan. Misalnya, jika total belanjamu lumayan besar, gunakan tenor cicilan lebih lama agar bisa mencicilnya dengan ringan. Tapi jika total belanja tak terlalu besar, lebih baik gunakan tenor cicilan singkat agar tagihan segera lunas.

5. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Ini sudah menjadi kewajiban semua pengguna pay later. Setelah mendapatkan berbagai kemudahan transaksi, kamu harus memastikan untuk bisa membayar tagihan secara disiplin sesuai tenor dan nominal cicilan yang ditentukan. Bayar sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda dan sanksi lainnya yang merugikan.

Dapatkan pengalaman belanja masa kini dengan menggunakan layanan buy now pay later dari Atome. Nikmati semua manfaatnya, mulai dari menjaga cash flow tetap aman hingga diskon eksklusif yang bikin belanja semakin hemat. Langsung belanja produk atau barang impianmu di 6.500 lebih merchant Atome dari berbagai kategori, seperti fashion, kecantikan, kebugaran, dan lain lainnya yang bisa kamu pilih sendiri di aplikasi Atome. Bahkan, kamu bisa membelanjakannya di berbagai department store ternama, seperti Sogo, Matahari, dan Seibu. Dapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP atau biaya admin yang bisa kamu cicil dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Download aplikasi Atome sekarang juga untuk bisa menikmati semua keuntungan tersebut. Ikuti juga media sosialnya untuk update info promo terbaru.

Main keywords of the article: