Blog

Siapa bilang cicilan menakutkan? Ini dia 4 keuntungannya

Aug 05 2022

Banyak orang yang takut menerima tawaran untuk mencicil suatu barang karena beragam alasan yang mereka hindari. Mulai dari harga barang yang jadi lebih mahal, suku bunga yang membengkak, hingga bisa saja karena takut lupa membayar cicilan sampai – sampai jadi terkena denda. Pada akhirnya, beberapa orang lebih memilih untuk menunda belanja barang yang diperlukan, meskipun kebutuhan tersebut terkadang bisa jadi sangat urgent. Padahal, itu anggapan yang keliru. Memanfaatkan cicilan kini bisa menjadi salah satu solusi keuangan terbaik untuk memenuhi berbagai kebutuhan sekarang tanpa mengganggu cashflow bulanan.

Yang terpenting adalah, Anda harus pintar – pintar dalam memilih layanan cicilan. Pilih yang paling menguntungkan, seperti layanan “Belanja Sekarang, Bayar Nanti” dari Atome. Pengguna Atome bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% alias tanpa bunga. Beda dengan aplikasi pay later lainnya yang membebankan bunga sekian persen tiap bulan. Jumlah merchant yang bekerja sama dengan Atome pun juga sangat melimpah. Totalnya mencapai 6.500 store di seluruh Indonesia, baik offline maupun online. Jadi, tidak perlu bingung mencari toko yang tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Bagaimana dengan cara pendaftaran dan proses transaksinya? Semuanya cepat, mudah, dan praktis seperti ulasan berikut ini.

1. Syarat Pengajuan Mudah

Cara mendapatkan fasilitas cicilan dari Atome sangatlah mudah. Jangan samakan prosesnya dengan pengajuan kartu kredit di bank yang mengharuskan debitur datang langsung ke bank, melampirkan slip gaji, dan beragam dokumen lainnya. Bahkan, pengajuan tersebut bisa saja ditolak, misalnya karena pendapatan bulanan tak mencapai minimal yang ditetapkan. Beda halnya jika mengajukan cicilan di aplikasi Atome. Syarat pengajuan lebih fleksibel dan tidak membutuhkan data administratif berbelit yang akan menyulitkan Anda. Hanya ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia dengan minimal usia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki E-KTP resmi untuk verifikasi data pendaftaran akun.
  • Memiliki smartphone untuk mendaftar dan mengakses aplikasi Atome.

2. Pengajuan Cicilan Cepat

Bukan hanya syarat pengajuannya yang mudah, proses pengajuan cicilan Atome juga cepat dan praktis. Semua prosesnya cukup dilakukan secara online menggunakan smartphone. Tak perlu datang langsung ke kantor Atome, apalagi sampai harus membawa salinan banyak berkas. Waktu pengajuannya juga sangat cepat, kurang lebih hanya membutuhkan 3-5 menit untuk mendaftar akun sampai berhasil. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut, yaitu:

  • Download aplikasi Atome di Google Play Store untuk pengguna Android dan download di App Store untuk pengguna iPhone.
  • Daftar akun Atome dengan memasukkan nomor HP aktif, lalu masukkan kode OTP yang dikirim via SMS.
  • Verifikasi data pendaftaran dengan mengunggah gambar KTP asli dan foto diri (selfie). Tunggu prosesnya sekitar 3-5 menit sampai dinyatakan pendaftaran akun Anda dinyatakan berhasil.

3. Proses Transaksi Mudah

Setelah berhasil mendaftar akun, maka pengguna Atome bisa langsung memanfaatkan aplikasi Atome miliknya untuk mendapatkan fasilitas cicilan dari beragam merchant. Hingga saat ini sudah ada 500 brand ternama yang terdiri dari 6.500 lebih store dari berbagai kategori. Mulai dari fashion, kecantikan, kebugaran, peralatan rumah tangga, dan beragam kebutuhan gaya hidup lainnya. Proses transaksi ke masing – masing merchant tersebut juga mudah dan praktis. Cukup lakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Cari tahu daftar merchant Atome di aplikasi Atome. Cek di bagian Beranda, di sana ada beberapa kategori merchant, seperti Women, Men, Health, Beauty, Sports & Outdoor, Travel, Baby & Kids, dan masih banyak yang lainnya, sesuai dengan keperluan Anda. Atau langsung ketik nama brand atau store yang Anda cari pada kolom pencarian. Jika datanya tampil, maka brand tersebut telah bekerja sama dengan Atome.
  • Jika transaksi offline, kunjungimerchant secara langsung untuk belanja produk yang Anda butuhkan. Untuk membayar total belanja tak perlu keluar uang saat itu juga. Tinggal buka aplikasi Atome, lalu scan kode QR Atome yang ada di kasir.
  • Jika transaksi online, belanja produk yang Anda inginkan ke website resmi merchant Atome. Lalu pilih metode pembayaran Atome saat checkout.
  • Pilih tenor cicilan sesuai kemampuan Anda, yaitu antara 1, 3, 6, atau 12 bulan. Jika total belanja tak terlalu besar, lebih baik pilih tenor 1 bulan agar bisa langsung melunasinya. Tapi jika total belanja lumayan besar, pilih tenor lebih lama agar nominal cicilan per bulan lebih ringan.

Proses transaksi pun berhasil dalam hitungan beberapa detik saja. Tidak perlu menunggu waktu berhari – hari hanya untuk mengajukan satu cicilan. Mau lanjut transaksi ke merchant lainnya juga bisa, selama limit cicilan pada akun Atome Anda masih ada dan masih diterima.

4. Semua Tercatat Dalam Aplikasi

Terakhir soal pembayaran tagihan. Tak perlu takut terlupa berapa banyak transaksi yang telah Anda lakukan menggunakan Atome. Karena semua bisa dipantau dengan mudah melalui menu Bill (Tagihan) yang ada di aplikasi Atome. Dalam menu tersebut terdapat informasi lengkap tentang detail transaksi dan tagihan, yaitu:

  • Nama store tempat Anda berbelanja produk atau jasa dengan menggunakan Atome.
  • Tanggal transaksi yang memuat hari, tanggal, dan detail waktu kapan transaksi berlangsung.
  • Nominal transaksi yang menunjukkan total belanja Anda menggunakan Atome di store bersangkutan.
  • Tenor cicilan yang Anda pilih untuk menyelesaikan tagihan Atome, apakah itu tenor 1, 3, 6, atau 12 bulan.
  • Nominal cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan tiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Tanggal jatuh tempo sebagai batas akhir membayar cicilan setiap bulannya.

Tentunya semua informasi tersebut bisa memudahkan Anda dalam menyelesaikan tagihan yang sedang ada. Saat lupa berapa nominal cicilan dan tanggal jatuh temponya, tinggal cek detailnya di aplikasi Atome. Lagi pula, Atome selalu mengirim reminder secara otomatis melalui SMS dan notifikasi aplikasi setiap H-3 sebelum tanggal jatuh tempo berakhir. Jadi, Anda tak perlu takut lupa bayar cicilan sampai harus terkena denda.

Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan histori transaksi pada aplikasi Atome untuk analisa keuangan bulanan. Lakukan evaluasi dari setiap transaksi yang telah Anda lakukan dan jadikan pertimbangan dalam mengatur anggaran belanja berikutnya.

Yakin masih takut pakai fasilitas cicilan? Padahal, kalau pakai layanan buy now pay later dari Atome, Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan. Mau belanja berbagai kebutuhan apapun tak perlu menunda atau menunggu tabungan terkumpul terlebih dahulu. Manfaatkan fasilitas cicilan 0% dari Atome yang bisa dipakai transaksi di 6.500 lebih merchant. Tak perlu bayar DP atau biaya admin lagi. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor yang fleksibel, yaitu selama 1 hingga 12 bulan, sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan dan barang impian lebih cepat tanpa mengganggu cashflow bulanan. Justru Anda berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanja jadi lebih hemat. Wah, semakin menguntungkan ya! Makanya, segera download dan gunakan Atome sebagai andalan berbelanja. Ikuti juga semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru dari berbagai brand ternama.

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: