Blog

7 tips solo traveling pakai Agoda Indonesia

Mar 02 2022

Traveling menjadi salah satu kebutuhan untuk melepas penat dan mengisi waktu libur. Kalau traveling bersama pasangan atau teman – teman sudah biasa. Bagaimana kalau menantang diri sendiri untuk traveling sendirian ke luar kota? Yap, bepergian sendirian atau yang dikenal dengan solo traveling ini memang cukup menantang. Apalagi, kalau destinasi kota yang menjadi tujuanmu terletak sangat jauh dan memiliki budaya yang berbeda dari tempat tinggalmu selama ini. Tentu ada banyak hal yang perlu kamu siapkan. Bukan hanya perbekalan materi, tapi juga mental. Simak 7 tips solo traveling berikut ini, supaya kamu yang baru pertama kali traveling sendirian tetap merasa aman.

1. Lakukan Riset Secara Mendalam

Langkah pertama sebelum memutuskan traveling sendirian ke luar kota adalah riset destinasi tujuan. Biasanya beberapa orang hanya fokus mencari tahu daftar tempat wisata populer, kuliner khas, dan toko oleh – oleh terlengkap yang ada di destinasi tujuan. Padahal, riset itu saja tidak cukup. Kamu juga harus mencari tahu bagaimana ketersediaan transportasi yang ada di sana, budaya masyarakat secara umum, serta kearifan lokal yang masih dijaga oleh warga setempat. Yang pasti, ulik semua informasi tentang daerah tujuan secara mendalam agar tak terjadi kesalahan fatal saat kamu berada di sana.

2. Siapkan Itinerary Perjalanan

Setelah memahami kota tujuan secara lebih mendalam, sekarang waktunya rencanakan perjalananmu dengan membuat itinerary. Daftarlah tempat tujuan yang akan kamu datangi beserta detail waktunya masing – masing. Hal ini akan memudahkanmu saat sampai di kota tujuan nanti. Jadi, kamu bisa langsung mendatangi lokasi yang diinginkan tanpa kebingungan mau jalan ke mana. Jika masih bingung hendak ke mana saja, kamu bisa minta rekomendasi dari komunitas traveler atau local guide setempat melalui internet. Kamu juga bisa mengecek ulasan tentang tempat bersangkutan di internet sebelum memutuskan untuk pergi ke sana atau tidak. Ingat, lakukan langkah kedua ini ketika masih di rumah agar tidak terburu – buru ketika sampai di tempat tujuan. Kalau perlu, cari tahu cerita pengalaman orang – orang yang pernah berkunjung ke kota yang menjadi tujuanmu itu, agar semakin tergambar jelas bagaimana kondisi kota tersebut.

3. Booking Tiket Secara Online

Manfaatkan kemudahan teknologi untuk memesan tiket transportasi ke kota tujuan secara online. Tak perlu susah payah beli tiket ke loket secara langsung, apalagi membelinya sampai antre berjam – jam. Langsung pesan tiket transportasi yang kamu inginkan melalui aplikasi booking online jauh – jauh hari sebelum keberangkatan. Kamu bisa memilih naik bus, kereta api, atau pesawat terbang tergantung kebutuhan dan selera. Jika memesan melalui aplikasi Agoda Indonesia, kamu bisa membeli tiket pesawat dan mencari jasa rental mobil terdekat di berbagai kota. Dengan begitu, kamu tak perlu bingung lagi mencari moda transportasi untuk mobilitas selama traveling di kota tujuan.

4. Pilih Akomodasi Penginapan Yang Aman

Selain menyiapkan tiket transportasi, siapkan juga akomodasi penginapan selama di kota tujuan nanti. Jangan sampai sudah jauh – jauh ke luar kota, tapi begitu sampai di sana bingung mau menginap di mana. Sekali lagi, manfaatkan teknologi dengan baik. Buka aplikasi Agoda dan cari penginapan terbaik sesuai kebutuhan di kota yang kamu inginkan.  Di Agoda tersedia berbagai macam hal yang kamu butuhkan, mulai dari keperluan kamu untuk Agoda Bali, Agoda Jakarta, hingga Agoda hotel Bandung. Selain menawarkan hotel, di Agoda kamu juga bisa mencari jenis penginapan lain, seperti vila, bungalo, atau apartemen.

Pilih penginapan terbaik yang mendapatkan ulasan positif dari para pengunjungnya. Jadi, jangan terfokus pada harga dan lokasinya saja. Pastikan juga tempat penginapan tersebut aman dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang kebutuhanmu selama traveling. Karena itulah, lakukan secara jauh – jauh hari secara cermat sebelum berangkat ke luar kota tujuan kamu.

5. Bawa Barang Secukupnya

Jangan membawa barang terlalu banyak yang hanya akan menjadikan beban tasmu semakin berat. Ingat, kamu akan traveling sendirian. Jadi, tidak akan ada orang lain yang akan membantumu membawanya. Cukup membawa barang – barang yang penting dan kemas secara ringkas agar mudah dibawa. Yang terpenting, bawa uang tunai secukupnya, kartu identitas dan dokumen administratif lainnya, serta obat – obatan pribadi. Untuk pakaian ganti, sebaiknya bawa secukupnya saja. Tak perlu membawa banyak outfit hanya untuk berganti – ganti gaya selama traveling.

6. Beramah Tamah Dengan Penduduk Lokal

Jangan pernah malu atau sungkan bertanya ketika sudah sampai di kota tujuan traveling. Selain membuatmu lebih mengenal daerah tersebut, kamu pun bisa menambah teman baru dan tidak merasa sendirian. Kamu juga bisa minta rekomendasi dari penduduk setempat tentang spot – spot menarik yang perlu kamu kunjungi. Sebab, biasanya terdapat destinasi lokal keren yang informasinya masih belum tersedia di internet. Jadi, ini waktunya buat kamu eksplorasi lebih dalam. Liburanmu pun dijamin lebih seru karena tidak terus – terusan terpaku pada itinerary. Tapi, tetap perhatikan waktu dan anggaran yang kamu punya. Jangan karena terlena eksplorasi, kamu sampai lupa waktu dan kehabisan uang.

Selain meminta rekomendasi tempat, tanyakan juga kuliner khas daerah setempat. Tentu kamu tak boleh melewatkan pengalaman mencicipi kuliner khas yang ikonik di suatu daerah.  Biasanya jika mendapatkan informasi kuliner dari penduduk lokal akan terasa lebih seru dan tak terlupakan. Begitu juga ketika mencari oleh – oleh khas untuk keluarga di rumah. Tak ada salahnya kamu minta ditemani oleh guide lokal atau warga setempat. Selain mencari rekomendasi item unik, mereka juga akan membantumu untuk menawar harga ke sejumlah penjual. Momen belanjamu pasti akan lebih berkesan dan menyenangkan.

7. Tetap Waspada Dan Jangan Sampai Lengah

Humble kepada siapa saja memang membawa banyak manfaat. Tapi, kamu juga harus tetap berhati – hati. Jangan sampai tertipu orang jahat yang berkedok menampilkan wajah ramah. Tetap bersikap sewajarnya dan jangan mudah percaya ketika ada hal – hal yang mencurigakan. Jangan sampai lengah juga dengan semua barang yang kamu bawa. Jaga baik – baik dan pastikan semuanya lengkap seperti saat pertama kali berangkat. Khususnya untuk barang – barang berharga seperti uang tunai, ATM, kartu identitas pribadi, dan dokumen penting lainnya. Cek semuanya setiap kali kembali ke penginapan dan kemas lagi secara rapi.

Melakukan solo traveling ke luar kota pertama kali memang menantang. Tapi, kamu tak perlu khawatir memulainya. Siapkan tiket transportasi dan akomodasi di kota tujuan dengan memesannya secara online melalui Agoda. Tinggal cari tiket dan hotel terdekat sesuai budget, lalu pesan secara online. Menariknya lagi, sekarang Agoda juga bekerjasama dengan Atome. Brand pay later terkemuka di Asia yang bisa memberimu fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan. Jadi, kamu bisa membayar tiket dan hotel impian dengan mengangsurnya hingga 6 bulan, tanpa bunga, tanpa DP, dan tanpa biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi yang kamu lakukan.  Bahkan, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 5.000 merchant yang telah bekerjasama. Menarik banget bukan? Ikuti media sosial Atome supaya tidak ketinggalan info terbarunya.

Main keywords of the article: