Blog

8 Tips Membeli Laptop Untuk Kuliah Edisi 2021

Aug 27 2021

Mungkin banyak yang berpikir, “Ah, tahu tips membeli laptop pun ga ada gunanya, karena pasti yang bagus ga sesuai budget!”. Eits, jangan salah ya. Di zaman yang sudah serba mudah seperti sekarang, pembelian dan pembayaran juga dimudahkan kok. Banyak cara yang memungkinkan kamu untuk beli sekarang dan bayar nanti loh! Jadi jangan terburu-buru beli dulu ya! Karena dengan cicilan, beli sekarang dan bayar nanti dapat dilakukan nih, guys. Ada begitu banyak laptop untuk dipilih, jadi jangan sampai bingung dan takut menyesal pada nantinya. Yuk, kita langsung simak saja 8 tips membeli laptop untuk kuliah!

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Jurusan

Dalam bidang komputasi, mahasiswa yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Kamu mungkin bisa baik-baik saja dengan fungsi dasar seperti pengolah kata, web browsing dan email. Namun jika jurusan kuliah kamu mencakup hal-hal yang intensif, seperti pemodelan 3D, gambar CAD, pengeditan video, akan lebih baik memilih laptop yang memiliki prosesor kelas atas (seperti Intel Core i7), solid-state drive yang cepat dan kartu grafis yang canggih. Laptop seperti ini biasanya ada di kisaran harga 8 juta rupiah ke atas. Kisaran harga akan sedikit lebih tinggi jika kamu ingin membeli merk Macbook.

Tergantung dengan jurusan, berbeda pula sistem operasi yang dibutuhkan. Mungkin ada persyaratan sistem tertentu, seperti Mac OS atau Windows 10. Yang juga perlu dipertimbangkan adalah seandainya kamu memerlukan paket perangkat lunak yang beroperasi di Mac, kamu tidak akan dapat melakukannya di laptop Windows. Namun, dalam MacBook Air atau MacBook Pro, Windows kamu dapat di-install. Ini membuat Macbook lebih populer digunakan oleh mahasiswa di luar negeri. Jangan khawatir dengan harganya yang tinggi, sekarang ‘kan udah ada sistem beli sekarang dan bayar nanti yang tersedia dengan mencicil!

2. Masalah Ukuran Layar Dan Portabilitas

Setelah memilih spesifikasi yang cocok dengan jurusan kamu, ada elemen lain yang tidak dapat diabaikan, seperti desain, berat dan ukuran layar. Jika kamu akan membawa laptop setiap hari ke perguruan tinggi, carilah laptop yang ringan. Layar yang besar cocok bagi mahasiswa yang sering menonton film, bermain game, membaca catatan, dan membuat presentasi. Namun apa pun yang lebih besar dari 15,6 inci tidak akan masuk dengan mudah ke dalam ransel. Tetapi jika lebih kecil dari 13,3 inci, itu mungkin akan terlalu sempit untuk kenyamanan saat mengetik.

Untuk masalah desain, tentu saja desain yang stylish tapi simpel sangatlah digemari. Sudah banyak diketahui bahwa Apple membuat gadget dengan desain yang super sleek sehingga banyak perusahaan lain yang mencoba mengikutinya. Belum lagi tersedia banyak cover unik dan menarik yang bisa digunakan untuk menjaga sekaligus memberi kesan individualitas di Macbook kamu loh! Hal ini dimungkinkan karena Macbook merupakan laptop bestseller bagi mahasiswa. Kaget mendengarnya karena Macbook terkesan mahal bagi mahasiswa? Tentu saja dengan mencicil, para mahasiswa yang tidak punya banyak uang pun bisa melakukan sistem beli sekarang dan bayar nanti.

3. Pikirkan Dengan Baik Ukuran Storage Dan RAM

Sebagai seorang mahasiswa, akan ada banyak hal untuk disimpan. Ada dokumen, presentasi, foto, film, musik, dan banyak lagi. Sebagian besar laptop saat ini hadir dengan ukuran storage 128 GB – 2 TB. Jika kamu memiliki anggaran terbatas, disarankan untuk setidaknya memilih laptop dengan ukuran 256 GB. Dengan ukuran itu, kegiatan perkuliahan akan jauh dipermudah. Karena rata-rata data yang penting dapat tersimpan dan kamu tidak perlu menghapus berulang kali dokumen-dokumen lama yang bisa saja sebenarnya dibutuhkan nanti.

Hard drive eksternal dapat menjadi pilihan di kemudian hari dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi jika data yang Anda harus simpan bertambah. Namun hal ini berbeda dengan RAM. Kita tidak bisa meng-upgrade RAM laptop. Karena itu sangat disarankan untuk berpikir dengan bijak agar tidak menyesal nantinya. Sebagian besar laptop ekonomis memiliki base RAM 4 GB, sedang laptop seperti Macbook memiliki base RAM 8 GB. Lebih banyak RAM berarti multitasking antara perangkat lunak berat menjadi lebih sederhana. Ukuran RAM minimal 8 GB akan memperlancar kegiatan multitasking yang sudah tidak asing di masa kini. Tidak ada lagi masalah laptop slow yang seringkali akan membuat kita jengkel.

Mungkin banyak yang akan berpikir sangat sayang untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk memori storage dan RAM, karena laptop basic saja tidak murah ‘kan? Perlu diketahui bahwa dampak dari ukuran storage dan RAM yang tidak cukup atau dipaksakan untuk cukup malah akan memberi beban pada device kamu. Di mana umur laptop pun menjadi pendek dan lebih mudah rusak. Apa kamu tahu banyak dari pengguna Macbook yang memakainya lebih dari 5 tahun? Dan banyak Macbook bekas yang masih sangat layak. Bukankah lebih baik membeli kualitas untuk jangka panjang plus juga kenyamanan dan kecanggihan? Dengan sistem cicilan, beli sekarang dan bayar nanti dapat diwujudkan, jadi tidak perlu ragu untuk memilih ukuran storage dan RAM yang sebenarnya kamu butuhkan.

4. Kapasitas Baterai

Baterai pada laptop sama pentingnya dengan RAM. Sebagai seorang mahasiswa, kamu mungkin perlu membawa laptop ke perguruan tinggi dan memakainya terus-menerus saat pelajaran, maupun tugas individu. Kesempatan untuk mengisi daya di perguruan tinggi tidak akan selalu ada. Jadi perlu dipertimbangkan untuk memilih baterai yang dapat bertahan lama agar tidak merepotkan nantinya.

Baterai berkapasitas baik dapat bertahan berjam-jam. Salah satu cara mudah untuk mengetahui kapasitas baterai laptop adalah dengan melihat rating-nya. Ini biasanya ditandai sebagai baterai 3 sel, 6 sel, atau 9 sel. Kamu biasanya dapat menemukan informasi ini di toko laptopnya atau di website produsen. Beberapa laptop yang memiliki kualitas baterai yang bertahan lama adalah Dell Latitude 9510 (sekitar 17 jam) dan Macbook Pro M1 2020 (sekitar 16 jam)

5. Kenali Cara Membeli Yang Pintar

Di zaman yang sudah berteknologi canggih seperti sekarang, laptop bukanlah barang asing lagi, namun sudah merupakan kebutuhan murid sekolah. Apalagi untuk para mahasiswa di dunia perkuliahan, banyak kesibukan dan kegiatan di mana laptop berperan penting dalam proses belajar. Laptop yang dapat membantu kamu melewati masa kuliah dan sampai di pekerjaan kamu nantinya sangatlah signifikan. Tetapi tidak dapat dipungkiri karena harganya yang rata-rata mahal, banyak anak kuliah, khususnya di negara-negara Asia Tenggara yang akhirnya melepas laptop idaman dan malah membeli laptop yang tidak diinginkan karena lebih murah.

Tapi sekarang sudah tidak perlu resah lagi mengenai harga. Misalkan saja Macbook Air M1 2020, laptop bestseller mahasiswa yang satu ini merupakan laptop Apple yang paling tipis dan ringan. Cocok sekali untuk dibawa setiap hari ke kampus. Belum lagi dengan kecepatan chip M1 yang sudah tidak diragukan lagi, yang mana hal ini akan mempermudah proses multitasking. Desain dan baterai juga berkualitas, tidak aneh banyak anak kuliahan di luar negeri yang memakainya.

Dengan harga Macbook Air di kisaran 15 jutaan, banyak kaum dalam negeri yang langsung menyerah. Itu karena mereka belum sadar dengan sistem cicilan yang banyak dilakukan mahasiswa luar negeri. Kamu juga bisa loh! Dengan metode pembayaran dari Atome kamu dapat melakukan cicilan, otomatis sistem beli sekarang dan bayar nanti pun dapat terwujud. Jangan lupa untuk mencobanya ya!