Blog

9 Jenis Sepatu Pria Yang Wajib Kamu Koleksi

Jan 26 2022

Tidak kalah dengan wanita, ternyata ada berbagai jenis sepatu pria yang dibuat sesuai dengan kebutuhan atau kepentingan tertentu. Contohnya seperti sepatu boots yang dirancang khusus untuk kerja di pabrik. Atau misalnya sepatu pantofel untuk menghadiri acara resmi dan biasanya dipadu dengan baju batik dan celana bahan. Nah, kali ini kami akan membahas jenis – jenis sepatu khusus pria yang wajib dikoleksi! Ada jenis apa saja?

1. Boots

Di daftar pertama ada sepatu boots yang sudah pernah kami bahas sedikit di atas. Sepatu jenis ini khusus dirancang untuk berhadapan dengan medan yang ekstrem. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bekerja di lapangan seperti pabrik, pertambangan, dan sejenisnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk touring atau sekedar hangout sama sahabat.

Harga sepatu boots bermacam-macam, mulai dari kisaran 300 ribu rupiah saja. Namun biasanya sepatu boots yang dirancang khusus untuk keamanan kerja, dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mulai dari kisaran 500 ribu rupiah.

2. Chukka

Di daftar selanjutnya ada sepatu jenis chukka, sejenis boots namun terdapat tali yang lebih pendek dan lubang yang lebih sedikit, sekitar 2-3 saja. Sepatu jenis ini sangat populer di akhir tahun 1940an dan terbuat dari kulit, tapi saat ini kamu dapat menjumpai jenis bahan dan warna yang bervariasi.

Kamu bisa memadukan chukka dengan celana semi kasual seperti jeans atau chino, dan cocok untuk acara – acara formal hingga santai. Beberapa merek sepatu chukka terkenal adalah Clarks, Hudson,Cheaney, dan Red Wing.

3. Pantofel

Pasti kamu sering mendengar, melihat, atau memakai sepatu pantofel. Ya, sepatu ini sangat populer di Indonesia untuk keperluan yang sangat formal seperti menghadiri pesta pernikahan, pertemuan keluarga, atau untuk bekerja.

Pantofel biasanya hanya memiliki sedikit variasi warna yaitu hitam dan coklat. Ujung sepatu ini umumnya model lancip atau kotak datar dan memanjang ke belakang. Karena untuk keperluan formal, sepatu ini didesain tanpa motif. Kamu bisa membeli sepatu pantofel di marketplace dengan harga bervariasi, mulai dari kisaran 300 ribu rupiah.

4. Oxford

Selanjutnya ada jenis sepatu Oxford. Sepatu jenis ini termasuk kerabatnya pantofel, namun modelnya tidak terlalu kaku dan ada detail – detail manis seperti tali diameter kecil untuk menyeimbangkan ruang sepatu pada kaki, serta corak garis yang tidak terlalu ramai.

Sesuai namanya, sepatu ini mulai populer di Universitas Oxford sekitar tahun 1825 di kalangan mahasiswa yang mulai bosan dengan sepatu boots tradisional. Kamu bisa mengoleksi sepatu Oxford mulai kisaran 430 ribu rupiah saja. Tertarik mengoleksinya?

5. Derby

Di daftar kelima ada sepatu pantofel jenis Derby. Sepatu ini memiliki ciri khas tali penutup yang dijahit di bawah vamp dan tidak terhubung dengan bagian depan sepatu. Meskipun desainnya mirip dengan Oxford dan pantofel, tapi ujung sepatunya agak membulat, serta sol sepatunya terbuat dari karet dan cukup tebal.

Sebenarnya, dulu Derby dibuat untuk acara olahraga santai dan berburu, tapi karena vibe-nya yang semi-formal, maka cocok digunakan untuk acara – acara resmi dan juga santai. Cukup fungsional ya? Kamu bisa mengoleksinya dengan kisaran harga 400 ribu rupiah di Prabu.

6. Boat Shoes

Selanjutnya ada sepatu jenis boat atau dikenal dengan nama deck shoes. Awalnya, sepatu jenis ini digunakan oleh nelayan dan pelaut sebelum tahun 1970an karena anti-selip. Namun kemudian sepatu ini mulai populer di Amerika dan tergolong sebagai sepatu kasual.

Boat shoes juga ada yang model tanpa tali yang sering disebut dengan slip-on. Karena sangat mudah dipakai dan tidak ribet harus mengikat tali, maka sepatu jenis ini menjadi favorit kalangan pria. Kamu bisa membelinya dengan harga kisaran 400 ribu rupiah saja.

7. Loafers

Selanjutnya ada sepatu pria dengan tumit lebar bernama loafers dan terinspirasi dari alas kaki penduduk asli Amerika. Sepatu ini kebanyakan model langsung pakai atau slip-on serta memiliki ciri khas tanpa renda dan corak apron-toe atau split-toe.

Uniknya lagi, sepatu ini memiliki bahan kain beragam, mulai dari kulit hingga denim. Sehingga cocok dipadukan dengan celana jeans yang juga didominasi bahan denim. Jadi sepatu ini sangat cocok untuk kegiatan kasual hingga semi-formal. Kamu bisa membelinya di marketplace dengan harga kisaran 400 ribu rupiah.

8. Sport Shoes

Di daftar kedelapan, kamu bisa mengoleksi sepatu olahraga atau sport shoes. Sepatu ini memiliki berbagai bentuk yang didesain sesuai olahraga tertentu. Contohnya seperti basket yang didesain berat, stabil, kaku, serta sol keras dan lebar agar terhindar dari cedera otot dan pergelangan kaki saat melompat serta berlari cepat ke arah ring.

Selain itu ada pula sepatu lari yang didesain menyerap guncangan, ringan, dan ramping. Atau kamu bisa memilih sepatu sepakbola yang punya sol sepatu model grip atau paku agar dapat dengan mudah berlari di lapangan rumput. Jadi kamu harus tahu terlebih dahulu olahraga favorit sebelum membeli sepatu olahraga. Tertarik membelinya?

9. Sneakers

Awalnya, sepatu sneakers sama dengan sport, tapi seiring berjalannya waktu, sneakers menjadi jenis sepatu tersendiri yang mengutamakan desain yang fashionable. Sehingga sneakers hadir dengan berbagai model dan gaya yang trendi banget.

Sedangkan sneakers model santai dan kasual disebut juga dengan sepatu kets. Beberapa merek sepatu sneakers terkenal adalah Adidas, Reebok, dan Converse. Kamu bisa membungkus sneakers mulai dari harga 300 ribu saja.

Itulah 9 jenis sepatu pria yang wajib kamu koleksi! Kamu bisa mencari sepatu – sepatu keren berkualitas di Prabu. Apalagi ada diskon khusus menggunakan pembayaran Atome bernama January Special Deals dengan syarat dan ketentuan berlaku, mulai dari 1 hingga 31 Januari 2022 ini. Dapatkan potongan Rp 75.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 600.000 saja! Yuk, tambah koleksi sepatumu dengan belanja di Prabu! Dan jangan lupa, kamu bisa men-download aplikasi Atome melalui link berikut ini.

Main keywords of the article: