Blog

Alat Pembuat Kopi Manual Murah Yang Bisa Dimiliki Di Rumah

Oct 06 2021

Kamu pecinta kopi yang gemar membuat kopi sendiri di rumah? Wah, pasti nikmat ya jika kamu bisa menikmati kopi hasil seduhanmu sendiri di rumah, apalagi jika hasilnya bisa menyamai dengan hasil kopi di coffee shop terkenal.

Kopi memang sudah lama sekali menjadi minuman yang populer di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Dulunya, kopi memang dianggap sebagai minuman orangtua, namun di zaman sekarang ini kopi sudah menjadi minuman yang wajib dikonsumsi semua orang, terlebih anak muda, yang kini bahkan menjadikan konsumsi kopi sebagai sebuah gaya hidup yang tidak boleh ditinggalkan.

Nah, untuk kamu yang gemar mengonsumsi kopi pasti ingin memiliki alat tersendiri yang dapat kamu gunakan untuk membuat kopi secara praktis dan mudah. Tak hanya itu, kamu pasti juga ingin membuat kopi ala barista yang enak di rumah kamu. Lantas apa saja sih alat kopi manual yang mudah dan juga praktis untuk kamu gunakan? Berikut adalah alat-alat pembuat kopi manual tersebut. Yuk, kita simak bareng – bareng.

1. French Press

Sesuai dengan namanya, French press merupakan alat pembuat kopi manual yang berasal dari Prancis. French press mempunyai bentuk seperti teko yang dilengkapi dengan alat untuk menekan ampas kopi. Dengan adanya alat penekan kopi tersebut, ampas kopi tidak akan mengambang di dalam French press. French press termasuk alat kopi yang murah dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Biasanya kopi yang dibuat menggunakan alat ini bisa untuk beberapa cangkir atau gelas. Jadi, kamu bisa menakar sendiri seberapa banyak kopi yang akan kamu buat.

Informasi tambahan nih, bahwa French press telah menjadi alat seduh kopi yang kini paling populer loh. Bentuknya sangat sederhana dan cara penggunaannya pun sangat mudah. Menyeduh kopi dengan alat ini akan menghasilkan seduhan tanpa ampas yang enak. Kopi-kopi kesukaanmu akan semakin enak jika kamu menggunakan alat kopi manual yang satu ini.

2. V60

V60 adalah alat seduh kopi yang berjenis pour over. Menyeduh kopi dengan alat ini cukup dengan cara menuangkan air panas secara perlahan di atas kopi, dan kopi pun perlahan akan menetes di bawahnya. Kabarnya dengan menggunakan jenis seduhan kopi yang satu ini, kamu bisa menghasilkan rasa yang sedikit agak fruitty. Cukup menarik bukan?

3. Moka Pot

Memiliki bentuk yang hampir sama dengan teko untuk memasak air, Moka pot memiliki daya tarik tersendiri. Moka pot ini bisa membuat seduhan kopi kamu makin pekat. Moka pot  dapat mengalirkan air yang menguap melewati bubuk kopi.

Jika kamu memilih untuk menggunakan Moka pot, kamu perlu bubuk kopi yang sangat halus ya, agar kamu bisa menghasilkan rasa kopi yang nikmat. Dibandingkan dengan alat seduh lain, Moka pot dapat dipakai hanya dengan menggunakan kompor, dan kamu pun tinggal menunggu kopi keluar ke permukaan.

Berbeda dari alat-alat kopi manual lainnya, membuat kopi dengan Moka pot harus menggunakan kompor untuk memanaskan air yang ada di dalam Moka pot. Dengan begitunantinya air akan naik ke atas dan mengenai kopi yang berada di dalam filter Moka pot, sehingga kamu akan mendapatkan rasa kopi yang khas. Alat kopi ini berasal dari Italia loh, dan menjadi alat kopi yang masih populer hingga sekarang.

4. Vietnam Drip

Alat Vietnam drip umumnya berbentuk wadah baja tahan karat dengan keranjang filter, alas lebar, dan penutup. Alat ini berukuran kecil dan ditempatkan di atas cangkir atau gelas kopi. Berbahan stainless steel, Vietnam drip biasanya menggunakan dark roast coffee dan campuran susu kental manis untuk menyeimbangkan rasa pahit kopinya.

Untuk menyeduh dengan menggunakan Vietnam drip ini, metal cup ditaruh di atas cangkir kemudian kunci metal dikaitkan dengan cangkir. Lalu kopi ditaruh di atas saringan dan disiram air panas. Pada umumnya, alat Vietnam drip digunakan untuk membuat kopi ala Vietnam, dengan campuran susu kental manis yang sesuai. Akan tetapi cara manual ini dapat dicoba untuk berbagai macam kopi, asal dengan gilingan yang cocok ya.

5. Rok Presso

Hal yang perlu kamu tahu, penggunaan Rok presso juga memerlukan tekanan tinggi untuk dipakai mengekstrak kopi. Yang menjadi perbedaan mesin manual ini dengan mesin espreso adalah tekanannya dihasilkan lewat cara manual. Yakni dengan cara menekan kedua tuas yang terdapat pada alat tersebut.

Dahulu, alat ini dikenal dengan sebutan presso, namun seiring waktu berjalan namanya berganti menjadi Rok presso. Alat ini bisa menjadi andalan ketika kamu tidak memiliki dana untuk membeli mesin espreso. Meski cenderung murah, kualitas yang dihasilkan setara dengan espreso.

Tips Tambahan Yang Menarik Untuk Kamu Saat Menyeduh Kopi

1. Perhatikan kebersihan alat seduh yang kamu gunakan, khususnya panci untuk memasak air, sendok untuk mengaduk, serta cangkir untuk meminum kopi.

2. Selalu patuhi rasio perbandingan kopi dan air. Sebab jika airnya terlalu banyak, maka kopi tersebut akan menjadi encer. Sebaliknya, bubuk kopi yang akan mengalahkan karakter lainnya.

3. Untuk rasa yang lebih nikmat dan segar, selalu gunakan kopi yang baru digiling ya. Hindari penggunaan kopi yang sudah tinggal berbulan-bulan di tempat penyimpanan.

4. Agar menghindari hilangnya rasa segar kopi, simpanlah bubuk kopi pada wadah kedap udara serta memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Memasukkannya ke dalam lemari pendingin, khususnya, dapat memicu kelembapan yang dapat berpengaruh pada cita rasa kopi.

Itulah tadi alat-alat pembuat kopi manual yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu miliki serta tips tambahan yang bisa kamu terapkan. Untuk mendapatkan mesin kopi manual yang berkualitas, kamu bisa membelinya di iStyle. Yuk, kunjungi www.istyle.id dan belanja di sana menggunakan metode pembayaran dari Atome. Atome menawarkan bunga 0% dengan cicilan yang bisa disesuaikan dari 3 atau 6 bulan. Selamat berbelanja!