Apa itu jam mekanis dan rekomendasi terbaiknya dari Swatch

Oct 04 2022

Sejak tahun 1970an, jam tangan quartz mendominasi pasar global, karena harganya yang terjangkau dan perawatannya praktis. Namun, pamor jam tangan mekanis juga tetap bertahan dan justru berkembang sebagai salah satu produk high end yang menghadirkan prestise tersendiri. Mulai dari mengejar estetika, apresiasi keahlian pembuatnya, serta sebagai simbol status.  Umumnya, pemakai jam tangan mekanis mengesankan pembeli yang cerdas, pemerhati detail – detail kecil, serta menghargai sejarah dan warisan. Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang jam tangan mekanis.

Apa Itu Jam Tangan Mekanis?

Berbeda dengan jam tangan quartz yang memakai mesin jam elektronik, jam tangan mekanis digerakkan menggunakan roda keseimbangan atau pegas. Di dalam jam tangan ini terdapat roda penyeimbang yang akan berayun ke dua arah untuk memberi energi pegas ke sebuah garpu yang bergerak naik turun. Berdasarkan pergerakannya tersebut, jam tangan mekanis terdiri dari dua macam, yaitu manual dan otomatis.

  • Jam tangan mekanis manual menggunakan crown yang terhubung ke poros roda gigi memutar pegas. Proses pemutarannya secara manual dan tidak berubah sejak dulu.
  • Jam tangan mekanis otomatis atau biasa disebut dengan jam tangan otomatis yang bisa berputar secara otomatis tanpa perlu memutar crown. Pemakainya cukup menggoyang – goyangkan jam agar rotor berputar dan jam terisi power.

Jam tangan mekanis memiliki komponen dan proses pengerjaan yang rumit, sehingga harganya cenderung lebih mahal dari jam quartz. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas dan tampilannya yang terlihat lebih mewah.

Komponen Dalam Jam Tangan Mekanis

Salah satu ciri khas jam tangan mekanis yaitu memiliki rangkaian komponen berukuran kecil yang tampak rumit dan kompleks. Tidak hanya menunjang fungsi, komponen tersebut juga dapat mendukung estetika jam hingga tampak eksklusif. Berikut beberapa komponen penting dalam jam tangan mekanis.

  • Crown: Berfungsi untuk winding movement dan mengatur fungsi tanggal atau waktu.
  • Dial: Wajah jam tangan yang menampilkan waktu.
  • Subdial: Dial penunjang yang menampilkan chronograph, tanggal, dan lain lainnya.
  • Hour Marker: Indikator jam pada dial.  
  • Sweeping Second Hand: Jenis detik yang bergerak halus dan tidak berhenti di tiap detik.
  • Movement: Mesin penggerak jam tangan.
  • Exhibition Caseback: Case belakang transparan untuk memamerkan movement dan komponen lainnya.
  • Rotor: Piringan logam untuk menggerakkan jam secara otomatis saat dipakai.
  • Pusher: Tombol pada case untuk mengontrol fungsi chronograph atau penyesuaian tanggal.
  • Jewel: Batu rubi yang terpasang pada movement. Berfungsi sebagai bearing untuk gir dan meminimalisir friksi.

Rekomendasi Jam Tangan Mekanis Dari Swatch

Buat kamu yang mencari rekomendasi jam tangan mekanis, koleksi jam tangan keluaran dari brand Swatch bisa kamu pertimbangkan. Swatch adalah singkatan dari “Second Watch” yang merupakan brand jam tangan ternama dari Swiss, sehingga banyak yang menyebutnya Swatch Swiss. Jam tangan ini terkenal dengan kualitas movement-nya yang akurat dan desainnya yang menarik. Seperti rekomendasi berikut ini.

1. Swatch Irony Sistem51  

Jam tangan otomatis dengan movement yang hanya terdiri dari 51 bagian, tapi menawarkan durasi power reserve hingga 90 jam. Spesifikasi tersebut sudah termasuk tinggi dan melampaui jam tangan otomatis di kelasnya. Bahan case terbuat dari stainless steel dan menggunakan strap kulit premium. Desainnya terlihat minimalis dan cocok untuk kegiatan formal maupun kasual. Harganya sekitar Rp3.279.900.

2. Swatch Automatic YAS100G 

Rekomendasi jam tangan otomatis yang juga terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh pada bagian case dan strap-nya. Desainnya modern dengan perpaduan warna abu – abu dan gold yang elegan, serta bisa menyala saat kondisi gelap. Ukuran case sekitar 37.4 x 43x 12.5 mm. Harganya sekitar Rp2.390.000.

3. Swatch Petite Seconde Black SY23S400

Jam tangan otomatis yang menggunakan finishing eksentrik yang dapat dilihat pada tampilan case back-nya. Memiliki sub-dial pada angka enam dengan date window pada bagian dial berwarna hitam. Cocok untuk kamu yang suka tampilan jam tangan analog dengan desain minimalis dan tetap fashionable. Dilengkapi fitur water resistant hingga 3 bar dan termasuk dalam koleksi Swatch Irony. Harganya sekitar Rp3.590.000.

4. Swatch Originals SUTA401

Termasuk koleksi Swatch Original yang terkenal dengan case berbahan plastik yang terlihat kasual, tapi tetap tampak elegan. Seri SUTA401 ini memiliki diameter case sekitar 42 mm dan glass material dari mineral crystal. Jenis strap-nya berbahan rubber berwarna netral yang dapat disesuaikan dengan mudah. Dilengkapi juga dengan ditur water resistant hingga 3 bar. Harganya sekitar Rp2.250.000.

5. Swatch Irony YIS410G  

Lanjut ke rekomendasi berikutnya, ada Swatch YIS410G yang termasuk koleksi Swatch Irony. Material case dan strap terbuat dari bahan stainless steel dengan fitur ketahanan air hingga 3 bar.  Dilengkapi juga fungsi penunjuk tanggal pada angka 6. Desainnya tampak mewah, seperti yang terlihat pada varian warna abu – abu muda yang berpadu dengan gold ini. Harganya sekitar Rp2.739.000.

6. Omega Swatch Speedmaster Moonswatch (Omega X Swatch)

Produk kolaborasi Swatch dan Omega yang satu ini merupakan brand jam tangan high end. Jam tangan ini memanfaatkan material bio ceramic untuk merancang cangkang berdiameter 42 mm yang presisi, dilengkapi dengan bezel dan lyre lug. Di dalamnya juga terdapat tiga subdial dan indeks menit yang dikreasikan ulang untuk menawarkan siluet yang unik. Hadir dalam 11 varian yang merujuk objek luar angkasa, seperti bulan, matahari, dan sejumlah planet. Harganya pun variatif, dari Rp30 hingga 100 jutaan.

7. Swatch Divina 2 SAK126C Automatic Vintage 1996

Jam tangan otomatis bergaya vintage dengan material case dan kacaberbahan plastik. Sedangkan bagian strap-nya terbuat dari kulit premium. Diameter case sekitar 37 mm dengan ketebalan 11 mm, serta dilengkapi fitur ketahanan air hingga 3 bar. Harganya sekitar Rp1.190.000

8. Swatch Irony Automatic YAS109 Rosetta Bianca

Satu lagi koleksi jam tangan Swatch Irony yang menggunakan movement otomatis. Material case terbuat dari bahan stainless steel, sedangkan strap-nya terbuat dari kulit premium. Dilengkapi fitur water-resistant 3 bar dan dapat menyala dalam kondisi gelap. Harganya sekitar Rp3.271.000.

Dapatkan Semuanya Di Swatch Indonesia!

Dapatkan koleksi jam Swatch terbaik di gerai resminya yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, di antaranya:

  • Deli Serdang: Bandara Internasional Kualanamu
  • Medan:  Deli Park Podomoro City, Deli Serdang
  • Bekasi: Grand Metropolitan Mall, Mal Ciputra Cibubur, Metropolitan Mall 
  • Bandung: Paskal Shopping Center
  • Tangerang: Summarecon Mal Serpong
  • Jakarta: Central Park Mall, Cibubur Junction, Gandaria City, Grand Indonesia Shopping Center, Kota Kasablanka Mall, Lippo Mall Puri, Mal Kelapa Gading, Pejaten Village, Pondok Indah Mall, Senayan City
  • Yogyakarta: Ambarukmo Plaza
  • Semarang: Duta Pertiwi Mall
  • Surabaya: Galaxy Mall, Pakuwon Mall, Tunjungan Plaza 4 
  • Bali: Beachwalk Shopping Center 

Tertarik mengoleksi jam tangan mekanis? Coba temukan koleksi terbaiknya dari Swatch yang terjamin keren dan berkualitas. Kunjungi gerai terdekatnya di kotamu atau kamu juga bisa berbelanja secara online di website resminya. Jangan lupa gunakan metode pembayaran Atome untuk menikmati layanan buy now pay later yang memberi banyak kemudahan. Mulai dari fasilitas cicilan 0%, tenor cicilan fleksibel selama 1 hingga 12 bulan, serta kesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif. Download Atome sekarang untuk menikmati semua keuntungan itu sekarang di 6.500 lebih merchant yang bekerja sama.

Jangan sampai ketinggalan menikmati promo menarik Atome, yaitu promo Exclusive Deals yang digelar dari tanggal 1 hingga 31 Oktober 2022 ini. Kamu berkesempatan mendapatkan ekstra MAP voucher up to Rp400.000 dengan minimal transaksi senilai Rp2.000.000 di brand – brand menarik seperti Calvin Klein Jeans, Pandora, Tumi, Swarovski, Swatch, dan Tommy Hilfiger. Buruan manfaatkan kesempatan menarik ini ya!

Main keywords of the article: