Blog

Apa itu tepung terigu protein sedang dan kegunaannya

Apr 26 2022

Saat sedang menyaksikan video tutorial masak di YouTube, kadang chef-nya menyebutkan nama tepung terigu yang berbeda – beda. Ada yang menggunakan tepung terigu protein rendah, sedang, hingga tinggi. Ternyata masing – masing tepung terigu tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda – beda. Umumnya, tepung terigu protein rendah digunakan untuk membuat adonan kue yang bertekstur lembut. Sedangkan tepung terigu protein tinggi untuk membuat roti dan mi. Sementara kegunaan tepung terigu protein sedang lebih luas, karena bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan. Bagaimana ciri – ciri tepung terigu protein sedang? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Mengenal Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang sering disebut sebagai tepung serbaguna, karena dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan. Khususnya untuk membuat aneka cake, kue basah, waffle, hingga martabak manis. Tak jarang, tepung ini juga digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat kue kering seperti nastar. Untuk lebih memahami jenis tepung terigu yang satu ini, pahami perbedaan terigu protein rendah sedang dan tinggi berikut.

1. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung ini terbuat dari gandum lunak yang mengandung gluten sekitar 6-8%. Daya serapnya terhadap air cenderung rendah, sehingga sulit untuk diuleni. Tepung ini juga sulit mengembang dan tidak elastis. Namun, tepung terigu rendah protein punya daya tahan tinggi dan cocok untuk membuat aneka hidangan kue kering. Tepung ini juga bagus untuk membuat berbagai jenis kue yang bertekstur lembut.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu sedang mengandung gluten sekitar 10-12%. Tepung ini terbuat dari campuran tepung protein tinggi dan protein rendah. Sehingga menawarkan kekuatan dan kelembutan yang seimbang. Karena itulah, tepung ini cocok untuk membuat aneka kue, termasuk dalam membuat donat, bolu, dan brownies. Biasanya jika di resep hanya tertulis tepung terigu, maka jenis tepung inilah yang dimaksud. Kamu pun bisa mendapatkannya dengan mudah di toko, supermarket, atau pun e-commerce.

3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Semakin tinggi protein tepung terigu, maka kandungan gluten di dalamnya juga semakin tinggi. Seperti dalam tepung terigu protein tinggi yang mengandung gluten hingga 12-14%. Tepung ini memiliki daya serap yang cukup tinggi terhadap air, sehingga mudah dicampur dan difermentasi. Cocok untuk membuat aneka makanan yang bertekstur elastis, kenyal, dan memiliki volume lebih besar seperti mi dan roti. Namun, tepung ini kurang cocok untuk membuat hidangan pastry atau kue yang bertekstur lembut.

Untuk lebih memahami bagaimana tampilan tepung terigu protein sedang, kenali ciri – cirinya berikut ini.

Rekomendasi Merek Tepung Terigu Protein Sedang

Saat ini tersedia berbagai merek tepung yang menghadirkan varian tepung terigu dengan kandungan protein sedang. Berikut beberapa contoh terigu protein sedang paling recommended yang bisa kamu temukan dengan mudah.

1. Bungasari Bola Merah

Tepung terigu dari Bungasari ini memiliki kadar protein 11% dan mengandung beberapa zat gizi tambahan yang baik untuk tubuh. Mulai dari zat besi, asam folat, seng, serta bitamin B1 dan B2. Tepung terigu protein sedang ini dihadirkan secara khusus untuk membuat berbagai jajanan pasar dan kue tradisional. Komposisinya terjamin berkualitas dan dibuat dengan proses yang higienis.

2. Sriboga Flour Mill Double Zero

Sriboga juga menghadirkan tepung terigu protein sedang dengan kandungan protein sekitar 11.5%. Produk ini terinspirasi dari tepung terkenal asal Italia yang bernama Doppio Zero. Proses pembuatannya pun telah teruji secara maksimal. Mulai dari kemurnian, kualitas gluten, kehalusan, serta warna dan kadar abunya. Kamu bisa memanfaatkannya  untuk membuat berbagai hidangan makan khas Eropa, seperti piza, pastry, ciabatta, dan lain lain.

3. Wilmar Sania

Tidak hanya terkenal dengan produk minyak gorengnya, Wilmar Sania ternyata juga menjadi nama produk tepung terigu. Tepung terigu dengan kandungan protein 10-11% ini punya butiran halus, sehingga kamu tidak perlu mengayaknya berkali – kali. Kualitasnya juga terjamin dan tidak mudah berjamur. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat berbagai jenis makanan manis atau mi kenyal yang tidak mudah putus.

4. Cerestar Falcon Serba Guna

Sesuai namanya, tepung dari Falcon ini sangatlah serbaguna, karena bisa dipakai untuk bahan berbagai jenis makanan. Mulai dari wafel, pukis, martabak, hingga roti. Kandungan protein di dalamnya berkisar antara 8%–11% dengan zat gizi tambahan berupa asam folat, zat besi, seng, serta vitamin B1 dan B2.

5. Bogasari Segitiga Biru

Kamu pasti sudah tidak asing dengan brand tepung yang satu ini. Segitiga Biru termasuk tepung terigu protein sedang, karena memiliki kandungan protein sekitar 11-12.5%. Tepung berkualitas premium ini telah difortifikasi dengan vitamin dan mineral baik untuk tubuh, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Tepung ini juga dapat menghasilkan aneka makanan yang lezat dan gurih. Khususnya untuk membuat aneka jajanan pasar atau kue basah.

6. Eastern Pearl Flour Mills Kompas

Eastern Pearl Flour Mills Kompas juga termasuk tepung terigu premium yang terbuat dari gandum pilihan. Kadar proteinnya sekitar 10.5% dan mampu menghasilkan berbagai jenis kue bertekstur lembut atau renyah. Misalnya untuk membuat aneka kue kering dan cake. Namun, tepung ini kurang direkomendasikan sebagai bahan roti. Karena kurang maksimal dalam menyerap air.

7. Tepung Terigu Tali Emas

Rekomendasi tepung terigu dengan protein sedang selanjutnya adalah merek Tali Emas. Kandungan proteinnya sekitar 11.4% dan hadir dalam beberapa varian kemasan. Mulai dari 1 kg hingga 25 kg. Kamu bisa menggunakan tepung ini untuk membuat aneka roti manis maupun roti tawar dengan hasil yang mengembang sempurna. Teksturnya pun halus, lembut, bersih dan warnanya seputih susu.

8. Pundi Kencana Mila Serbaguna

Tepung terigu buatan Pundi Kencana ini sangat direkomendasikan untuk membuat aneka kue kering, bolu, martabak, hingga gorengan. Karena butiran tepung ini sangat halus dan menjadikan adonan lebih mudah mengembang. Terbuat dari gandum berkualitas tinggi dengan kadar protein sekitar 11%. Di dalamnya juga terdapat zat gizi tambahan, seperti vitamin B1 dan B2, serta asam folat, zat besi, dan seng.

Tepung terigu protein sedang berbeda dengan tepung terigu yang kandungan proteinnya rendah atau tinggi. Ketiganya juga punya kegunaan yang berbeda – beda tergantung jenis masakan. Jangan sampai salah pilih agar hasil masakanmu tidak gagal total. Jika ingin membuat aneka cake dan kue basah, lebih baik menggunakan tepung terigu sedang dari beberapa rekomendasi di atas. Kamu bisa membelinya dengan mudah di JD.ID yang terjamin semua produknya orisinal.

Jangan lupa checkout menggunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan. Rekap uang belanja bulanan jadi lebih mudah dengan tagihan terjadwal. Total tagihan sesuai nominal transaksi tanpa tambahan bunga, DP, atau biaya admin lainnya. Menariknya, kamu bisa belanja lebih hemat dengan kesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari 5.000 lebih merchant yang bekerjasama dengan Atome. Buruan belanja sekarang juga dengan Atome!

Main keywords of the article: