Blog

Motif Batik Pekalongan Cantik Yang Harus Kamu Tahu

Sep 07 2021

Apa sih yang kamu pikirkan jika mendengar kata batik? Apakah kamu seorang penggemar batik? Atau bahkan kamu sendiri merupakan pengrajin batik? Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai batik, yuk kita cari tahu terlebih dulu apa sih definisi lengkap dari batik ini?

Secara umum, batik diketahui sebagai kain khas Indonesia dengan corak yang beraneka ragam dengan teknik pembuatan yang beraneka ragam pula. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menorehkan lilin malam pada kain, kemudian pengolahannya melalui proses tertentu.

Jenis-jenis batik pun cukup beragam. Ada batik Cap, batik Cirebon, batik Jambi, batik Keraton, batik Lasem, batik Pekalongan, batik Pesisir, batik Solo, batik tulis, hingga batik Yogya. Nah, kali ini kita akan membahas batik Pekalongan, baju batik Pekalongan, serta model-model baju gamis batik Pekalongan.

Mengenal Batik Pekalongan

Batik Pekalongan merupakan batik yang dibuat dengan corak dan gaya Pekalongan. Menurut sejarahnya, Batik Pekalongan semakin berkembang setelah dibangunnya workshop oleh pengusaha batik Belanda. Karena adanya workshop ini, motif batik Pekalongan menjadi begitu beragam hingga dapat menembus pasar dunia.

Seiring dengan berjalannya waktu, batik Pekalongan mengalami perkembangan yang lebih pesat dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Batik Pekalongan menjadi begitu khas dan juga begitu diminati karena sepenuhnya dikerjakan oleh ratusan pengusaha kecil. Sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini, sebagian besar proses produksi batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah yang ada di Pekalongan. Oleh sebab itu, batik Pekalongan sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat Pekalongan.

Batik Pekalongan juga dikenal khas dalam hal teknik pewarnaannya. Batik Pekalongan tidak menggunakan teknik celup namun menggunakan teknik melukis. Teknik melukis ini digunakan karena dapat mempermudah dalam mencapai warna yang dikehendaki pada saat yang bersamaan.

Baju Batik Pekalongan

Karena banyaknya peminat dari batik Pekalongan, hal ini membuat kain batik Pekalongan dapat dijadikan beraneka ragam model baju. Tidak hanya untuk kegiatan resmi, baju batik Pekalongan juga disuguhkan dengan berbagai model yang nyaman digunakan. Baju batik Pekalongan ini dapat dijadikan kemeja, daster, hingga gamis. Kamu bisa memilih model yang kamu inginkan sesuai dengan seleramu.

Model-Model Baju Gamis Batik Pekalongan

Menjelang Lebaran, gamis biasanya menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan dalam merayakan hari kemenangan. Gamis merupakan model pakaian panjang dengan potongan longgar. Agar kamu tidak bingung menentukan model gamis untuk Hari Raya, berikut adalah model-model gamis dari batik Pekalongan yang dapat kamu gunakan.

1.  Gamis Full Kain Batik yang Mengembang pada Bagian Bawah

Gamis model ini dibuat dengan kain batik pada seluruh bagian. Pada bagian atas gamis dibuat model leher yang bulat, serta panjang lengan pakaian yang mencapai pergelangan tangan. Mulai pada bagian pinggang, dibuat model yang jauh lebih lebar dibandingkan bagian atasnya. Hal ini membuat gamis akan terlihat lebih lebar pada bagian bawah. Model gamis ini dapat kamu gunakan pada acara-acara resmi.

2.  Batik dengan Kombinasi Kain Motif Kotak-Kotak

Jika belum dicoba, kombinasi antara batik dengan kain motif memang terdengar aneh, akan tetapi kombinasi antara kain batik Pekalongan dengan kain motif kotak menjadikan gamis akan terlihat tampak anggun tetapi tetap simpel. Kamu dapat meletakkan kombinasi kain motif kotak-kotak ini pada bagian bawah gamis. Kombinasi dapat diletakkan mulai pada bagian betis kaki hingga ke bawah. Kamu juga dapat memberikan sedikit lipatan kecil saat menambahkan kain kombinasi agar model gamis terkesan lebih  anggun. Gamis simpel ini dapat kamu gunakan untuk beraktivitas secara leluasa karena modelnya tidak ribet tapi tetap terkesan anggun. Gamis model ini juga bisa loh kamu gunakan untuk ke acara pernikahan jika kamu memang menyukai model yang simpel. Gamis model ini sangat cocok kamu gunakan untuk berkunjung ke rumah keluarga saat Lebaran nanti.

3.  Gamis dengan Kombinasi Kain Brokat

Siapa bilang batik tidak dapat dipadukan dengan kain brokat? Jelas bisa dong. Gamis perpaduan antara kain brokat dengan kain batik akan menghasilkan gamis dengan nuansa yang cukup epik. Kamu bisa menggunakan kain brokat pada bagian atas gamis dan kain batik pada bagian bawah gamis. Atau kamu bisa memilih desain sebaliknya, yaitu menggunakan kain batik pada bagian atas dan menggunakan kain brokat pada bagian bawah. Model gamis seperti ini bisa digunakan untuk kegiatan formal seperti acara wisuda kelulusan dan juga acara pernikahan.

Penggunaan batik saat ini pun tidak seperti pada zaman dahulu yang memiliki berbagai aturan dalam penggunaannya. Batik menjadi lebih bebas dikreasikan dalam bentuk apa pun dan dapat dijadikan busana untuk dipakai sehari-hari maupun untuk bepergian ke mana pun. Selain itu beragam motif batik zaman sekarang pun sudah tidak terpaku pada bentuk-bentuk motif tradisional saja. Motif batik saat ini bisa berupa pengayaan flora atau fauna secara bebas, sebuah cerita kehidupan sehari-hari masa sekarang atau masa lampau, dan lain-lainnya.

Saat ini, baju batik tidak hanya digunakan pada saat acara-acara penting, ataupun resmi seperti acara pernikahan dan wisuda saja, karena sekarang ini begitu banyak model baju harian yang ditawarkan yang dibuat dengan bahan dari kain batik.  Akan tetapi, batik memang masih menjadi pilihan yang paling tepat untuk menemani kegiatan untuk acara yang bernuansa resmi.

Tetapi masih banyak berbagai macam model gamis yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa membuat desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dengan menggunakan batik berarti bahwa kamu juga mencintai produk dalam negeri dan membantu meningkatkan perekonomian pengusaha-pengusaha rumahan.