Blog

Cari Tahu Jenis-Jenis Bedak Yang Cocok Untuk Tipe Kulitmu

Nov 18 2021

Bedak merupakan salah satu makeup yang wanita gunakan sehari – hari bukan? Salah satu kegunaan paling penting dari bedak adalah untuk menyamarkan kekurangan pada wajah. Baik itu noda hitam, maupun bekas jerawat, dan yang lainnya. Selain itu, bedak juga dapat membuat wajah kamu terlihat lebih cerah dan segar. Tapi, tahukah kamu jika ternyata tidak semua jenis bedak cocok untuk tipe kulit kamu loh? Untuk itu, ketahui lebih dulu jenis bedak yang sesuai dengan kondisi kulitmu pada artikel berikut ya!

Jenis – Jenis Bedak

Terdapat beberapa jenis bedak yang perlu kamu ketahui yaitu:

1. Bedak Tabur Atau Loose Powder

Bedak tabur merupakan jenis bedak yang paling sering ditemui dan digunakan. Seperti namanya, bedak ini memiliki tekstur yang dapat ditaburkan. Bedak tabur cenderung sangat ringan saat digunakan. Hal inilah yang membuat para perempuan suka menggunakan bedak tabur ini.

Formula bedak tabur memang sangat ringan, sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Baik itu kulit kering, berminyak, hingga sensitif. Terlebih buat kamu yang memiliki kulit berminyak, bedak tabur sangat cocok untuk menyerap minyak berlebih.

Pilihlah bedak tabur yang warnanya satu tingkat di atas warna kulit wajah kamu. Gunakan bedak tabur dengan cara menepuk – nepuknya secara perlahan dengan spons agar bedak tampak lebih merata di kulit wajah kamu ya.

2. Bedak Padat

Jika kamu menyukai bedak yang praktis dan tak mudah tumpah, bedak padat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Bedak padat cocok untuk kamu yang memiliki pori – pori besar dan cenderung kering. Hal ini karena bedak padat memiliki tekstur yang thick yang diformulasikan dengan pelembap. Jangan lupa, jika menggunakan bedak padat pastikan untuk selalu membersihkan wajahmu dengan seksama terlebih dahulu, agar tidak menimbulkan jerawat.

3. Bedak Cair

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis bedak yang satu ini? Bedak cair seringkali menjadi produk andalan karena praktis dan sempurna menutupi imperfection, seperti bekas jerawat dan noda hitam di wajah kamu.

Selain itu, bedak cair juga memiliki hasil akhir yang natural dan mudah digunakan untuk kamu yang pemula. Oh iya, karena bedak cair mudah menyatu dengan kulit, maka ada baiknya kamu memilih warna yang sesuai dengan warna kulit wajah kamu ya. Untuk hasil maksimal, aplikasikan menggunakan spons atau brush foundation.

4. Two Way Cake Powder

Jenis bedak selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah perpaduan antara bedak dan foundation. Jenis bedak ini biasa disebut dengan nama Two Way Cake Powder. Bedak ini menjadi pilihan yang tepat jika kamu membutuhkan produk yang praktis tetapi mampu membuat wajahmu nampak flawless dan memiliki hasil akhir yang matte.

Two Way Cake Powder memiliki tekstur yang cukup padat dengan hasil coverage yang tinggi, sehingga mampu menutupi imperfection di wajah kamu. Untuk mengaplikasikan Two Way Cake Powder kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan spons yang dibasahi untuk mendapatkan daya cover yang tinggi, dan spons kering untuk riasan natural. Karena memiliki tekstur yang cukup berat, bedak ini cenderung kurang cocok digunakan untuk tipe kulit berminyak. Hal ini dikarenakan Two Way Cake Powder mudah menyumbat di pori – pori.

5. Setting Powder 

Jenis bedak selanjutnya adalah Setting Powder. Bedak jenis ini bisa kamu gunakan setelah kamu menggunakan foundation atau bb cream. Biasanya bedak ini memiliki partikel yang sangat kecil dan lembut, sehingga membuat riasan lebih menyerap ke kulit dan terkesan natural.

Selain itu, bedak jenis ini juga cocok jika digunakan untuk teknik baking atau countering. Hal ini karena Setting Powder tidak membuat white cast dan memiliki sheer coverage

6. Bedak Meteorite

Pernah mendengar bedak Meteorite? Kalau biasanya bedak berbentuk bubuk, berbeda dengan bedak Meteorite. Bedak ini  memiliki bentuk bulat. Walau tak umum, tetapi bedak Meteorite ini akan membuat riasan nampak lebih flawless dan glowing.

7. Finishing Powder

Jenis bedak terakhir yaitu Finishing Powder. Jenis bedak ini digunakan untuk menyempurnakan riasan pada akhir pengaplikasian. Jenis bedak ini berfungsi agar riasan rata dan halus. Gunakan kuas besar untuk menggunakan Finishing Powder ini. Finishing Powder tidak disarankan untuk digunakan sebagai kosmetik sehari – hari. Hal ini dikarenakan formula Finishing Powder cukup berat. Untuk itu, gunakan Finishing Powder sebagai contouring agar hasilnya maksimal.

Jenis Bedak Yang Cocok Berdasarkan Tipe Kulit

Setelah kita bahas tentang jenis – jenis bedak, sekarang mari kita bahas jenis bedak apa yang cocok untuk tipe kulit kamu.

Bedak Untuk Kulit Normal

Pada umumnya, kulit normal cocok menggunakan jenis bedak apapun. Namun jika kamu menggunakan Loose Powder sebaiknya gunakan sebagai finishing, atau tahap akhir setelah kamu menggunakan foundation.

Bedak Untuk Kulit Berminyak

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, bedak yang paling cocok untukmu adalah bedak tabur atau Loose Powder. Bedak tabur  dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah kamu. Agar bedak tabur merata sempurna ke wajah, sebaiknya gunakan spons lembut atau powder brush. Hindari penggunaan bedak padat atau Compact Powder.

Bedak Untuk Kulit Kering

Bedak yang paling cocok untuk kulit kering adalah bedak berbahan dasar minyak atau oil based. Bedak berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering karena mampu menjaga dan mempertahankan kelembapan alami wajah.

Bedak Untuk Kulit Kombinasi

Jika kulitmu cenderung kombinasi, pemilihan bedak padat bisa dipertimbangkan. Namun, cara pengaplikasiannya yang perlu kamu perhatikan. Gunakan lapisan bedak tipis – tipis saja pada area wajah yang lebih berminyak, sedangkan pada bagian yang lebih kering bisa kamu tebalkan. 

Itulah tadi penjelasan tentang jenis – jenis bedak dan penggunaan bedak yang tepat berdasarkan tipe kulit wajah kamu. Ingin membeli bedak yang sesuai? Caranya mudah. Belanja saja beragam jenis bedak di Sephora. Sephora menjual berbagai jenis bedak yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Sephora pun telah bekerjasama dengan Atome sebagai salah satu metode pembayarannya. Selain itu, di www.sephora.co.id kamu juga bisa mendapatkan beragam pilihan kosmetik lainnya. Segera download aplikasi Atome sekarang juga, dan dapatkan kemudahan pembelian dengan cicilan yang bisa disesuaikan antara 3 atau 6 bulan, tanpa DP, dengan bunga 0%!