Blog

Daftar 9 Alat Masak MPASI Bubur Bayi Yang Perlu Dimiliki

Sep 20 2021

Menjelang usia enam bulan, para ibu mulai mempersiapkan untuk memberi Makanan Pendamping ASI atau (MPASI) bagi bayinya. Tahukah ibu kalau pemberian MPASI adalah masa yang penting dalam mengenalkan serta mengembangkan kemampuan anak untuk menerima makanan? Jika pemberian makanan ini salah, hal ini dapat berakibat fatal pada tumbuh kembang anak.

Makanan yang terlalu kasar dan keras pada masa awal pemberian MPASI atau kita sebut saja bubur dapat berisiko membuat usus anak terluka. Oleh karena itu penting juga untuk memilih alat memasak bubur bayi yang cocok. Hal ini agar dapat membantu para ibu, dan juga mempermudah dalam menyiapkan bubur bayi.

Lantas, apa saja sih peralatan memasak bubur bayi yang harus dimiliki ibu agar proses memasak bubur bayi menjadi cepat dan mudah? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut!

Slow Cooker

Slow cooker dapat menjadi salah satu alat yang bisa digunakan oleh ibu untuk memasak bubur bayi. Perlengkapan memasak bubur bayi yang satu ini cocok bagi para ibu yang sibuk atau sekadar ingin mengolah makanan bayi dengan cara yang praktis. Memasak makanan bayi dengan slow cooker juga dapat menjaga kadar nutrisi, bahkan meningkatkan kualitas gizi di dalamnya.

Slow cooker bekerja dengan memasak makanan dengan suhu yang relatif rendah sehingga butuh waktu lama bagi bubur untuk matang. Saat ini, slow cooker yang beredar di pasaran pun beragam, ada yang memiliki timer, ada pula yang memiliki kapasitas lebih besar hingga 1,5 liter. Ibu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ya.

Panci

Jika tidak memiliki slow cooker, kamu bisa menggunakan panci untuk membuat bubur bayi. Panci berguna untuk mengukus dan merebus makanan. Apalagi saat awal pemberian bubur bayi, sebagian besar makanan bayi dikukus karena dapat menjaga nutrisinya. Pastikan kamu memilih bahan panci dari baja tahan karat ya. Hal ini bertujuan agar makanan di dalamnya tidak terkontaminasi.

Blender

Bila tidak mau tangan pegal, kamu bisa menggunakan blender untuk menghaluskan bubur bayi. Para ibu tak perlu membeli blender yang khusus untuk si kecil. Blender biasa juga bisa menghaluskan bubur bayi loh. Blender sangat berguna untuk membuat bubur bayi. Apalagi di masa-masa awal, saat bayi harus diberi MPASI dengan tekstur halus.

Blender juga bisa digunakan untuk membuat pure buah-buahan dan sayuran. Selain itu, blender ini berguna untuk proses pelumatan bubur bayi agar lebih halus. Setelah bubur bayi dimasak menggunakan slow cooker atau kukusan matang, maka makanan itu sebaiknya dihaluskan melalui proses pelumatan dengan blender.

Food Processor

Seperti blender, food processor juga dapat membantu para ibu menghaluskan bahan makanan untuk bayi.

Saringan

Selain blender dan food processor, alat yang juga wajib dimiliki para ibu dalam proses membuat bubur bayi adalah saringan. Saringan yang wajib dimiliki adalah saringan kawat. Saringan kawat biasa ini sudah cukup baik untuk digunakan, tak perlu saringan khusus bayi,  apalagi kalau tak memiliki food processor ataupun blender. Saringan kawat bisa menggantikan kedua benda tersebut.

Timbangan Digital

Agar memasak bubur bayi sesuai takaran, para ibu bisa membeli timbangan digital. Hal ini bertujuan agar makanan untuk bayi dapat ditakar dengan baik. Timbangan digital ini juga dapat mempermudah para ibu dalam memasak jika membuat menggunakan resep.

Wadah Penyimpanan

Bubur bayi yang sudah matang dapat disajikan secara langsung ke bayi atau dapat juga disimpan dalam wadah penyimpanan. Terdapat beberapa tips dalam memilih alat makan maupun wadah penyimpanan makanan bayi yang aman, salah satunya adalah memastikan bahannya bebas Bisphenol A (BPA free) bila terbuat dari plastik. BPA merupakan zat kimia yang bila tertelan bisa sampai mengakibatkan kerusakan otak pada anak. Sebagai alternatif, kamu dapat memilih alat makan yang terbuat dari stainless steel atau wadah penyimpanan yang terbuat dari kaca.

Perlengkapan Makan Bayi

Perlengkapan bubur bayi yang harus dimiliki juga oleh para ibu adalah perlengkapan makan bayi. Kamu dapat membeli satu set alat makan bayi yang juga berlabel BPA free. Hal ini demi keamanan bayi juga.

Peralatan makan bayi ini juga merupakan salah satu cara tersendiri untuk menambah nafsu makan bayi loh. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan piring atau mangkuk makan bayi yang berwarna cerah dan berbentuk karakter favoritnya. Para ibu bisa memilih piring atau mangkuk bayi berbentuk binatang, ada juga karakter kartun favorit si kecil, dan pilihan lainnya. Biasanya, bayi akan tertarik dengan tampilan piring dan mangkuk tersebut. Pastinya, si kecil akan lebih senang saat menikmati buburnya.

Sterilizer 

Hal yang perlu diingat adalah bahwa bayi yang berusia di bawah 1 tahun belum memiliki kekebalan tubuh yang sempurna. Itu sebabnya, si kecil mudah terkena kuman, bakteri, ataupun virus. Salah satu cara untuk mencegah si kecil terserang penyakit tersebut adalah dengan memastikan lingkungan sekitarnya bersih dan rapi. Termasuk kebersihan peralatan MPASI bayi.

Seperti halnya botol susu bayi, sendok, garpu, mangkuk, piring, hingga tempat minum juga harus dibersihkan dengan sabun khusus cuci botol bayi. Setelah itu, peralatan bubur bayi ini harus mengikuti proses sterilisasi. Sekarang ini sudah ada sterilizer untuk mempermudah proses tersebut. Para ibu hanya tinggal memasukkan perlengkapan makan bayi, lalu tunggu beberapa menit. Dalam sekejap peralatan MPASI bayi tersebut sudah steril.

Itu tadi adalah peralatan memasak bubur bayi yang bisa ibu miliki. Namun, jika kesusahan untuk memasak bubur bayi sendiri, kamu bisa membeli bubur bayi di iStyle. iStyle menjual berbagai macam bubur bayi dari berbagai merek, mulai dari Milna, Sun, Promina, dan masih banyak lagi. Para ibu muda juga dapat memilih varian rasa bubur untuk bayi di iStyle. Mulai dari rasa beras merah, rasa ayam, rasa bayam, rasa kacang hijau, hingga rasa pisang.

Para ibu, yuk beli bubur bayi di iStyle agar bayi Anda bisa mendapatkan bubur bayi terbaik dan ibu pun jadi lebih mudah untuk menyiapkannya. Jangan lupa, untuk memilih metode pembayaran dari Atome saat berbelanja bubur bayi di www.iStyle.com! Atome memberikan banyak keuntungan saat kamu berbelanja di iStyle. Yuk, belanja di iStyle menggunakan Atome!