Blog

Efek Samping Daun Anting-Anting Bagi Perawatan Kulit

Sep 02 2021

Buat kamu yang tinggal di perkotaan, jenis tanaman herbal terkadang mungkin sulit untuk kamu temui. Namun buat kamu yang berada di wilayah pedesaan, tanaman herbal  bakal dengan mudah kamu jumpai lho.

Hidup dan menetap di desa memang tidak sulit untuk mencari berbagai macam bahan herbal yang berfungsi untuk obat-obatan. Mulai dari tanaman, biji-bijian, hingga akar-akaran. Semua bisa dengan mudah ditemukan di wilayah pedesaan dengan sangat mudah.

Salah satu tanaman yang mudah ditemukan adalah tanaman anting-anting, guys. Tanaman ini biasanya juga disebut sebagai lateng putih. Biasanya tanaman ini tumbuh liar di sekitar semak-semak.

Berdasarkan letak tumbuhnya, tanaman dengan nama latin Acalypha australis ini tumbuh subur di musim penghujan lho. Tanaman ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan suara burung yang serak. Jadi, dengan menggunakan tanaman ini suara burung bisa kembali dengan baik dan normal.

Tanaman anting-anting ini ternyata juga memiliki nama lain, seperti lateng putih, rumput kokosan, kucingan, cakar kucing, rumput bolong-bolong, dan lelatang. Tanaman ini sekilas mirip dengan daun bayam. Maka tidak heran juga jika tanaman ini sering disebut sebagai tanaman bayam liar.

Tanaman ini banyak dijumpai di sekitar pekarangan rumah, kebun, tegalan, sawah, semak-semak, hingga di pinggir jalan. Tidak hanya itu saja lho, tanaman ini juga biasa ditemukan di padang rumput, lereng, pegunungan, dan jalan semak-semak.

Kandungan Yang Ada Di Dalam Zat Daun Anting-Anting

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, tanaman ini mengandung berbagai macam zat. Beberapa zat tersebut antara lain, alkaloid, flavonoid, saponoid, tannin, dan steroid. Kandungan tanaman yang banyak tersebut rupanya juga membuat tanaman ini berpotensi sebagai tanaman herbal.

Sebenarnya banyak sekali lho manfaat yang dirasakan jika menggunakan tanaman ini untuk obat. Beberapa di antara manfaat positif tersebut adalah:

  • Untuk eksem
  • Menyembuhkan koreng
  • Menyembuhkan luka bakar
  • Mengurangi mimisan
  • Mengurangi batuk
  • Mengurangi asam urat
  • Mengurangi gangguan pencernaan

Efek Samping Daun Anting-Anting

Sayangnya, tak semua orang bisa merasakan manfaat dari daun anting-anting. Tanaman ini terkadang membuat  orang merasakan gatal dan panas jika salah mengolahnya. Tanaman ini bisa menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan yang dirasakan di sekujur tubuh jika dibiarkan berlarut.

Makanya, ketika kamu ingin menggunakan daun anting-anting ini harus diperhatikan dengan baik ya. Jangan sampai kamu salah menggunakan dan bikin kulit kamu menjadi memar dan kemerahan. Wah, tidak seru dong kalau kaya gitu!

Kandungan beberapa zat  yang ada di dalam tanaman herbal, biasanya memberikan dampak tersendiri saat mengkonsumsinya. Selain rasa gatal, biasanya tanaman herbal ini memberikan dampak dan efek samping tersendiri. Beberapa dampak dan efek samping saat mengkonsumsi obat herbal tersebut seperti halnya gangguan pencernaan, pusing, reaksi alergi, bahkan bisa menyebabkan keracunan bagi para penggunanya.

Selain dikonsumsi, ternyata tanaman herbal yang satu ini juga bisa dioleskan di kulit. Karena sesuai dengan khasiatnya, tanaman daun anting-anting ini sangat bagus untuk menghilangkan luka bakar, koreng, hingga eksem. Namun, perlu diingat ya, ketika kamu menggunakan tanaman ini untuk obat, pastikan kamu gunakan dengan benar. Jangan sampai bikin kulit kamu jadi tambah parah dan infeksi akibat salah penggunaannya.

Meskipun obat dari tanaman herbal seperti daun anting-anting ini tergolong aman, namun harus dikonsumsi dengan cara yang benar. Atau jika kamu ragu saat akan mengkonsumsinya, kamu bisa konsul dulu ke dokter kamu sebelum mengkonsumsinya. Jadi kamu bisa yakin bahwa daun anting-anting ini aman jika digunakan.

Nah, kamu perlu tahu nih, jika ada beberapa orang yang tidak boleh mengonsumsi obat herbal. Beberapa orang tersebut antara lain:

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Orang yang akan menjalani operasi besar atau kecil
  • Orang dengan bawaan penyakit tertentu, seperti halnya gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, dan penyakit autoimun

Kalau kamu menggunakan tanaman herbal ini secara sembarang, pasti bisa membahayakan diri kamu sendiri. Makanya jangan sampai teledor ya. Ingatkan juga orang di sekitarmu.

Cara Aman Mengobati Kulit Selain Dengan Daun Anting-Anting

Biar kamu tidak salah pilih dalam menggunakan obat. Kamu bisa menggunakan obat yang sudah pasti aman untuk kamu konsumsi. Obat-obat tersebut bisa membuat kulit kamu menjadi lebih berseri kembali lho. Dan pastinya kulit kamu bisa menjadi sehat dan aman kembali.

Salah satu perawatan terbaik untuk area kulit dan wajah bisa kamu dapatkan hanya di allyoung.id. All Young menyediakan berbagai macam pilihan skincare, cream, serum, dan kosmetik lainnya yang cocok banget untuk kamu gunakan.

Seperti produk Swissvita saja misalnya, kandungan di dalam skincare ini bisa bikin kulit kamu menjadi lebih berseri. Apalagi jika kamu punya permasalahan kulit dengan dark spot, Swissvita menyediakan serum terbaik untuk kamu lho. Dengan harga Rp 400 ribuan, kamu sudah mendapatkan satu paket dark spot correcting serum VitaBtech. Selain itu, buat kamu yang ingin melengkapi skincare lain, kamu juga bisa menggunakan brightening serum VitaBtech, eye cream VitaBtech, dan ada toner VitaBtech juga lho. Hayo, menarik banget ‘kan?

Beli produk skincare di All Young bakal lebih menarik jika kamu pakai Atome untuk bertransaksi. Atome memberi benefit yang sangat banyak buat kamu lho. Semuanya juga bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih hemat.

Anti ribet deh pokoknya! Kamu bisa belanja dengan bebas sepuasmu dan bisa kamu bayar dengan cicilan tiga atau 6 bulan sesuai dengan keinginan kamu. Yang pasti nih no ribet-ribet club. Bunga yang diberikan juga sebesar 0% lho. Jadi bakal tidak seribet kartu kredit. Belanja senang, hari-hari mupun akan selalu riang. Yuk, segera belanja!