Blog

Harga gitar kecil atau ukulele untuk pemula tahun 2022

Feb 22 2022

Pernah tidak, mau belajar bermain gitar, tapi sudah menyerah duluan saking susahnya memetik senar sesuai nada? Eits, sepertinya kamu langsung memainkan gitar besar yang punya banyak senar itu ya? Supaya lebih mudah mempelajarinya, sebaiknya gunakan ukulele alias gitar kecil yang umumnya memiliki 4 senar. Ukulele merupakan salah satu string instrument yang bentuknya lebih kecil dari gitar pada umumnya. Ukulele juga mempunyai tuning sendiri yang akan memudahkanmu saat pertama kali memetiknya. Ukurannya yang mini juga mudah dibawa kemana – mana. Jadi tidak terlalu berat kalau kamu bawa piknik atau bepergian ke luar rumah.

Banyak banget kelebihannya ‘kan? Pasti kamu jadi tidak sabar ingin segera membelinya. Kira – kira, apa merek ukulele terbaik di tahun 2022 ini dan berapa kisaran harganya? FYI, ukulele terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Mulai dari soprano, concert, bass, tenor, dan baritone. Masing – masing harganya juga variatif. Dari harga ratusan ribu saja hingga jutaan rupiah per gitar.  Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan tentunya anggaran yang kamu punya. Berikut penjelasan masing – masing jenis ukulele beserta rekomendasi merek dan harga terbarunya.

1. Soprano

Jenis ukulele yang pertama adalah soprano. Ukulele ini berukuran paling kecil di antara yang lainnya, yaitu dengan fingerboard sekitar 33 cm saja. Tentunya, dengan ukuran sekecil itu kamu bisa membawanya kemanapun dengan mudah. Pemilik jari – jari tangan yang mungil juga bisa memainkannya dengan mudah. Tak heran, jika jenis ukulele yang satu ini sering direkomendasikan bagi para pemula yang baru pertama kali belajar bermain gitar. Khususnya ketika masih anak – anak atau remaja. Biasanya mereka akan memainkan lagu-lagu sederhana, seperti kunci gitar Bintang Kecilatau chord gitar Sahabat Kecil.

Selain bentuknya yang khas, suara yang dihasilkan ukulele soprano juga unik. Seperti alunan suara alat musik tradisional dari Hawaii dengan tine bright ceria yang menenangkan. Tuning standarnya dari senar teratas adalah G-C-E-A dan memiliki leher yang pendek. Ukulele ini mampu menghasilkan tangga nada pendek dengan 12-15 fret dengan masing – masing jarak antar fret yang lumayan sempit. Sehingga kurang cocok untuk pemilik tangan dan jari – jari yang besar.

Berikut beberapa rekomendasi ukulele soprano yang bisa kamu beli:

  • Fender Venice Soprano seharga Rp 1.200.000.
  • Fender Seaside Soprano Ukulele Pack seharga Rp 1.800.000.

2. Concert

Masuk ke jenis ukulele yang kedua yaitu concert. Dibandingkan gitar mini soprano, ukulele concert sedikit lebih besar. Panjang fingerboard-nya selisih 3 cm saja. Karena ukuran yang tak berbeda jauh ini, banyak orang sulit membedakan ukulele soprano dan concert. Dari segi suara yang dihasilkan pun juga tidak terlalu berbeda. Namun, kamu bisa melihat perbedaannya dari segi frekuensi mid-range yang lebih dominan. Suaranya juga terdengar lebih penuh meskipun memiliki standar tuning yang sama dengan ukulele soprano, yaitu C-G-E-A.

Dengan leher gitar yang lebih panjang, jumlah fret-nya pun lebih banyak hingga 15-20 fret. Jarak antar fret tersebut juga lebih lebar. Sehingga jenis ukulele ini cocok bagi kamu yang memiliki ukuran tangan dan jari – jari lebih besar. Ukuran fingerboard yang lebih panjang akan memudahkanmu ketika mengatur pitch. Tak heran, jenis ukulele ini menjadi favorit banyak orang dewasa.

Berikut beberapa rekomendasi ukulele concert terbaik yang bisa kamu beli:

  • Ibanez UKC10 Concert Style Body seharga Rp 1.600.000.
  • Fender Zuma Concert Ukulele seharga Rp 2.150.000.
  • Fender Billie Eilish Signature Concert Ukulele seharga Rp 5.200.000.

3. Tenor

Jika kurang puas memainkan ukulele concert yang berukuran 36 cm, kamu bisa beralih ke ukulele tenor yang memiliki panjang fingerboard hingga 43 cm. Tentu kamu akan lebih leluasa saat memainkannya. Untuk tuning-nya sendiri masih sama dengan ukulele sebelumnya, yaitu G-C-E-A. Namun, terdapat variasi senar G rendah atau tinggi yang akan memudahkanmu dalam bermain dengan melodi. Ukurannya yang lebih besar juga mampu menghasilkan volume suara lebih keras, bahkan hampir mirip dengan gitar besar. Sehingga akan lebih terasa ketika memainkannya di luar ruangan.

Kelebihan lainnya yaitu bentuk lehernya yang lebih panjang dan memungkinkan jumlah fret lebih banyak daripada ukulele sebelumnya. Jarak antar fret-nya pun lebih lebar dan memudahkanmu dalam bermain fingerstyle.  Kamu juga bisa memainkan pitch secara lebih stabil dengan dukungan fret tersebut.

Berikut beberapa rekomendasi ukulele tenor terbaik yang bisa kamu beli:

  • Fender Rincon Tenor V2 Ukulele seharga Rp 3.500.000.
  • Kala KA-KG-T6 Gloss Koa 6-String Tenor Ukulele seharga Rp 4.190.000.
  • Fender Montecito Tenor Ukulele seharga Rp 4.350.000.

4. Baritone

Inilah jenis ukulele terbesar yang memiliki tuning sama dengan gitar, yaitu D-G-B-E. Namun, ukuran fingerboard-nya tentu lebih kecil dari gitar, yakni 50 cm. Dengan tuning tersebut, ukulele baritone mampu menghasilkan suara lebih dalam dan hampir mirip dengan alunan gitar. Bahkan, banyak orang yang yang memilih bariton sebagai pendahuluan yang sempurna sebelum bermain gitar besar atau gitar kecil senar 6. Apalagi dengan tegangan senarnya yang lebih rendah, sehingga tidak membuat jari sakit saat memetiknya.

Sebelum hadirnya ukulele bass, jenis ukulele baritone ini difungsikan sebagai bass dalam jajaran ukulele yang lain. Namun, sejak kemunculan ukulele bass, kini baritone lebih sering dijadikan sebagai penengah dari keduanya. Meski begitu, beberapa orang yang belum familier dengan ukulele bass masih tertarik memainkan ukulele baritone.

Berikut beberapa rekomendasi ukulele baritone terbaik yang bisa kamu beli:

  • Lanikai Ukulele Baritone seharga Rp 1.800.000.
  • Genta UB-480-A Baritone Ukulele seharga Rp 2.250.000.

5. Bass

Gitar berukuran kecil dengan suara yang khas ini juga punya salah satu variasi yang bernama bass. Jenis ukulele ini merupakan inovasi terbaru yang berbeda dari ukulele pada umumnya. Penggagasnya pertama kali yaitu sebuah perusahaan kecil, Road Toad, yang bekerjasama dengan merek ukulele ternama, Kala. Pada tahun 2007 silam, kedua perusahaan tersebut memproduksi ukulele bass yang memiliki ukuran sebesar baritone. Jadi, suara yang dihasilkan terdengar seperti bass dengan tuning E-A-D-G khas ukulele. Kamu pun bisa memainkan chord gitar Ipang sahabat kecil atau kunci gitar Laoneis Kenangan Masa Kecilku lebih mudah.

Berikut beberapa rekomendasi ukulele bass terbaik yang bisa kamu beli:

  • Kala UBASS-RMBL-FL Rumbler U-Bass seharga Rp 6.080.000.
    • Kala UBASS-SUB4FS-SRD S-U-B Solid seharga Rp 6.815.000.

Daftar rekomendasi ukulele di atas tak perlu diragukan lagi. Dengan kualitas senar yang mumpuni, kamu pasti bisa memainkan gitar mini itu lebih mudah. Kamu juga tak perlu bingung di mana tempat belanja alat musik terlengkap dengan harga terjangkau. Dapatkan berbagai merek ukulele terbaik dari Swee Lee, toko musik terbesar di Asia. Kamu juga bisa berbelanja melalui aplikasi  Atome dan mendapatkan fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan. Jika baru pertama kali mendaftar Atome, kamu juga akan mendapatkan welcome voucher hingga 50% dengan minimal transaksi Rp 100.000 untuk setiap pembelian pertama. Wow, menarik sekali bukan? Dijamin kamu pasti akan lebih semangat belajar musik!

Di bulan Februari 2022 ini, Atome mengadakan Online Shopping Time yang tidak boleh kamu lewatkan. Promo ini berlaku dari tanggal 1 sampai 28 Februari 2022. Kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp 120.000, tentunya sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Tunggu apalagi?

Main keywords of the article: