Blog

Ikuti Cara Ini Jika Ingin Rambut Curly Dengan Hasil Maksimal

Sep 01 2021

Rambut keriting gantung banyak dipilih wanita untuk menghadiri acara-acara penting, misalnya pesta pernikahan atau acara-acara tertentu. Model rambut keriting gantung atau curly juga banyak diandalkan untuk menjadikan rambut terlihat lebih lebat dan sehat.

Salah satu cara praktis yang dipilih oleh banyak wanita, mungkin termasuk kamu, adalah membuat rambut menjadi curly dengan catokan atau curling iron. Mencatok rambut sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan oleh sebagian wanita. Dengan banyak dijualnya curling iron  di pasaran, kamu bisa semakin mudah menata atau mengeritingkan rambut tanpa harus pergi ke salon. 

Cara untuk membuat sendiri rambut menjadi curly pun juga terbilang cukup mudah. Bahkan, kamu bisa berkreasi membentuk berbagai macam tatanan rambut hanya dengan mengandalkan alat catok. Namun, apabila dilakukan dengan kurang tepat, rambut hasil curly justru bisa tampak kaku atau lepek. Nah, agar hasil curly rambut terlihat alami layaknya karya profesional di salon, ikuti cara-cara ini, yuk!

Pastikan Rambutmu Dalam Kondisi Yang Tepat

Tips pertama yang harus kamu lakukan sebelum kamu mengeriting rambutmu adalah memastikan kondisi rambut dalam keadaan yang tepat. Kondisi yang tepat ini adalah pada saat rambut dalam keadaan bersih dan kering. Jika kamu pernah mendengar mencatok rambut curly sebaiknya dilakukan ketika kondisi rambut masih setengah basah, ternyata hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Mencatok rambut dalam kondisi basah justru dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut. Selain itu, mencatok rambut yang masih basah juga akan menimbulkan aroma rambut seperti terbakar.

Jadi, sebelum memulai untuk mencatok rambutmu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan rambutmu terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk keramas sebelum rambutmu dikeriting, karena rambut yang kotor dan berminyak akan terlihat lepek dan pasti hasilnya tidak akan maksimal. Dianjurkan juga untuk kamu agar menggunakan hair protection. Hal ini bertujuan agar rambutmu tetap sehat meski terkena panas dari alat pengeriting. Jika sudah benar-benar kering, barulah proses pengeritingan dengan catokan rambut bisa kamu mulai.

Bagi Rambutmu Menjadi Beberapa Bagian

Cara selanjutnya untuk hasil curly rambut yang maksimal adalah membagi rambutmu menjadi beberapa bagian sebelum kamu mencatoknya. Gunakan jepit untuk menahan rambut yang belum dicatok. Cara catok rambut curly  sebaiknya dimulai dengan mengambil sedikit bagian kecil rambut, lalu jepit dengan catokan rambut. Ketika satu bagian sudah selesai, ambil bagian rambut lainnya dan ulangi hingga seluruh rambut selesai dicatok. Mencatok rambut sekaligus bisa menyebabkan hasil yang kurang rapi, kaku, dan tidak maksimal.

Jika kamu ingin mengeriting rambut hanya pada bagian bawah, catok dulu bagian pangkal rambutmu hingga tengah. Jika sudah, baru lakukan pengeritingan pada bagian tengah hingga ke bawah. Akan tetapi, jika ingin membuat seluruh bagian rambut menjadi keriting, kamu bisa mulai dari pangkal hingga ujung rambut.

Pastikan Alat Catok Dalam Suhu Yang Tepat

Kebanyakan orang menggunakan catokan rambut dengan suhu panas yang tinggi. Banyak wanita yang mengira bahwa semakin tinggi suhu pada alat catok, semakin cepat pula proses pencatokan berlangsung. Padahal sebaliknya, mencatok rambut dengan suhu yang terlalu tinggi dapat berpotensi merusak rambut kamu loh!

Tapi sebaliknya pula, mencatok rambut dengan catokan yang masih belum panas akan menghasilkan tatanan rambut yang kurang awet dan bisa kembali ke bentuk semula dalam waktu cukup singkat. Untuk itu, cara catok rambut sendiri bisa dimulai ketika suhu alat catok sudah terasa hangat. Ketika curly iron terasa sangat panas, matikan sejenak hingga suhunya menurun sebelum menggunakannya kembali. Cukup dipahami ‘kan? Hal ini perlu kamu lakukan agar curly rambutmu menjadi maksimal.

Gunakan Teknik Yang Tepat

Cara membuat rambut menjadi curly yang benar yaitu dimulai dengan menjepit rambut di bagian pangkal, lalu tarik perlahan hingga ke ujung rambut. Kamu harus memastikan bahwa catokan rambut yang dipakai sudah benar-benar menjepit rambutmu secara sempurna sebelum menariknya ya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit hairspray untuk mempertahankan hasil catokan curly kamu. 

Sewaktu mengeriting, kamu juga harus memastikan bahwa lama pengeritingan sudah cukup, yaitu 5 hingga 10 detik. Jika kurang dari 5 detik akan membuat rambut curly-mu tidak bertahan lama, dan lebih dari 10 detik akan membuat rambutmu mudah rusak karena terlalu lama terkena panas dari catokan. Jadi pastikan untuk melakukan teknik ini untuk keamanan rambutmu.

Sisir Dengan Jari Dan Gunakan Hairspray

Teknik menyisir dengan jari ini bisa kamu lakukan, bisa tidak. Namun, jika kamu ingin hasil yang terlihat natural, sangat dianjurkan untuk kamu mengikuti teknik ini. Jika seluruh bagian rambut sudah dikeriting, sisirlah rambutmu menggunakan jari secara perlahan agar hasilnya terlihat natural dan maksimal.

Supaya rambut keriting tahan lama, jangan lupa untuk menyemprotkan hairspray secukupnya dari jarak 12cm, satu atau dua kali semprot sudah cukup. Ingat, bahwa terlalu banyak hairspray akan membuat rambutmu keras dan hairspray yang terlalu sedikit akan membuat keriting rambutmu tidak bertahan lama. Jadi cukup sedang-sedang saja.

Gunakan Produk Perawatan Khusus

Terakhir yaitu sebagai pengingat bahwa kamu harus memberikan perawatan untuk rambutmu. Apalagi jika kamu cukup sering mencatoknya. Semakin sering kamu mencatok rambut, maka kamu pun harus semakin sering memberikan perawatan untuk rambut kamu.

Ketahuilah bahwa suhu panas dari catokan rambut dapat membuat rambut mudah kering dan rusak. Oleh karena itu, apabila kamu termasuk orang yang sering mencatok rambut, pilihlah sampo dan kondisioner yang memiliki manfaat melembutkan dan menguatkan rambut.

Itu tadi adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan agar hasil catokan rambut curly yang kamu inginkan menjadi maksimal. Hal lain yang perlu kamu ketahui, menurut beberapa pakar salon rambut mengatakan, bahwa selain menentukan sisi dan menggunakan teknik yang tepat, alat pengeriting yang kamu gunakan juga sangat berpengaruh pada hasil catokanmu.

Rekomendasi alat curly rambut yang tepat untuk kamu adalah Vodana Curling Iron dari Charis. Alat ini memiliki tiga warna pilihan, yaitu biru, pink, dan hitam, dengan tiga ukuran yaitu 32/26/40 mm. Terdapat cukup banyak poin plus yang dimiliki oleh alat ini. Salah satunya adalah Vodana Curling Iron menggunakan premium heater sehingga sangat bagus untuk rambut dan membuat rambut tidak cepat rusak ketika di-styling. Selain itu, handle-nya juga sangat ringan, berbeda dengan catokan lainnya. Jadi hal ini akan mempermudah kamu saat menggunakannya.

Jadi, buruan kunjungi kanal Charis untuk mendapatkan Vodana Curling Iron ini. Gunakan metode pembayaran dari Atome ya agar kamu dapat memperoleh banyak keuntungan yang menyenangkan. Belanja di Charis menggunakan Atome pasti dijamin akan selalu memuaskan!