Blog

Ini Cara Memilih Sepatu Formal Pria Untuk Tampil Penuh Kesan

Aug 23 2021

Sama halnya seperti wanita, sepatu bagi pria merupakan salah satu item yang paling sering diperhatikan. Memilih sepatu bisa dibilang tidak boleh sembarangan. Kamu harus menentukan sepatu mana yang nyaman untuk digunakan.

Bagi seorang pria, hal utama yang paling diperhatikan ketika menggunakan sepatu formal adalah tingkat kenyamanannya. Jadi kamu tidak bisa asal pilih saat membeli dan menggunakan sepatu tersebut. Hindari penggunaan sepatu yang asal, karena bisa bikin kaki kamu jadi tak nyaman atau bahkan lecet.

Biar kamu merasa semakin nyaman dan penuh wibawa dalam menggunakan sepatu formal, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Mari disimak yuk!

1. Sesuaikan Model Sepatu Dengan Gaya Berpakaianmu

Ketika menggunakan sepatu formal, pastikan kamu menggunakan sepatu pria yang cocok dengan gaya berpakaianmu. Jangan biarkan kamu salah menggunakan pakaian tersebut sehingga membuat penampilanmu menjadi tidak matching.

Hal utama yang harus kamu perhatikan adalah memilih sepatu sesuai dengan jenis celana yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan celana model slim fit atau skinny, maka akan sangat aneh jika kamu menggunakan sepatu yang bagian depannya agak melebar. Untuk kamu yang menggunakan celana regular atau celana model lurus, kamu bisa menghindari penggunaan sepatu yang ujungnya lancip.

2. Perhatikan Bahan Sepatu

Memilih sepatu pastinya harus ditentukan dengan jenis bahan yang digunakan. Sepatu formal yang akan kamu beli harus memiliki bahan yang awet dan sesuai dengan kebutuhanmu. Biasanya ada tiga jenis bahan yang paling banyak digunakan oleh pria, beberapa bahan tersebut antara lain kulit, velvet, hingga suede. Bahan tersebut sangat diminati karena sepatu formal tersebut menghasilkan tampilan yang elegan. Jadi sangat cocok untuk digunakan di beberapa acara formal.

Untuk memilih sepatu formal sebagai outfit ke pesta, kamu bisa menggunakan sepatu kulit. Bahan dari sepatu kulit ini akan membuat tampilan menjadi semakin berkelas. Dan yang paling penting adalah akan membuat kamu terlihat keren seharian.

Namun, jika kamu ingin penampilan yang lebih santai, kamu bisa menggunakan sepatu dengan bahan suede. Jenis ini akan memberikan rasa santai saat digunakan.

3. Pastikan Memilih Warna Sesuai Outfit

Dalam memilih sepatu tidak bisa asal dan sembarangan. Kamu harus menyesuaikan warna sepatu formal dengan outfit yang kamu gunakan. Jika kamu berpakaian santai dan semi formal, kamu bisa menggunakan celana berwarna gelap dilengkapi kaos berkerah, lalu untuk sepatunya kamu bisa memilih sepatu yang berwarna terang.

Namun berbeda jika kamu menggunakan busana formal dan rapi, berbusana dengan kemeja berdasi dan jas misalnya, kamu bisa memilih jenis sepatu yang berwarna hitam dan coklat.

Pokoknya, sepatu yang paling cocok untuk dipadukan dengan warna apa saja adalah sepatu dengan warna netral. Misalnya coklat, hitam, atau navy blue.

4. Memilih Ukuran Sepatu Yang Tepat

Memilih sepatu juga harus disesuaikan dengan ukuran yang tepat. Memilih sepatu formal dengan ukuran yang tepat, akan membuat kamu nyaman dan semakin percaya diri. Jadi, kamu harus memilih ukuran sepatu yang tepat sebelum kamu membelinya.

5. Padukan Dengan Aksesoris Yang Mendukung

Agar tampilan makin enak dilihat, kamu bisa menambahkan aksesoris yang kamu gunakan. Kamu bisa memperhatikannya mulai dari ikat pinggang, dasi, cufflink, atau aksesori yang lainnya.

6. Kenali Detail Produk Sepatu Formal Kamu

Memilih sepatu formal memang tak mudah lho. Kamu harus menentukan detail produk sepatu tersebut. Kamu bisa memilih merek sepatu sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, kamu bisa memilih model sepatu formal bertali atau tidak.

Terlepas dari sepatu tersebut, kamu juga bisa memilih sepatu dengan model yang bagian ujungnya persegi atau lancip. Selain itu, kamu bisa memilih sepatu dengan bagian sol yang dijahit agar lebih awet saat digunakan.

Untuk bahannya sendiri, kamu bisa menggunakan bahan yang cukup tebal. Bahan yang tebal akan membuat sepatu semakin awet saat digunakan. Nah, untuk motifnya kamu juga bisa memberikan jenis hiasan seperti strap, brogue, atau dengan jahitan dekoratif lainnya yang berlubang untuk aliran udara. Detail yang bagus pada sepatu akan membuat kamu semakin percaya diri.

7. Sesuaikan Dengan Warna Kaos Kaki

Kaos kaki bisa dibilang adalah teman terbaik saat menggunakan sepatu. Nah, ketika menggunakan sepatu formal, kamu harus memperhatikan jenis kaos kaki mana yang bisa kamu gunakan. Hindari menggunakan warna yang sama pada kaos kaki dan formal.

8. Pilih Sol Yang Tepat

Tak hanya sepatu wanita saja yang diperhatikan solnya, sepatu pria juga butuh lho. Sepatu pria juga memiliki beberapa jenis hak pendek yang bisa digunakan. Biasanya beberapa jenis hak memiliki model yang berbeda. Jadi kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan kamu.

Sepatu pria dengan model flat sangat cocok untuk kamu yang tidak suka menggunakan sepatu berhak. Sementara yang sudah terbiasa dengan menggunakan hak, kamu bisa memilih sepatu tersebut. Yang terpenting, kamu harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kaki kamu ya. Jika kamu paksakan, maka kamu akan merasa sangat pegal saat mengenakan sepatu tersebut.

9. Beli Sepatu Di Store Terpercaya

Beli sepatu di tempat yang tidak terpercaya ibarat membeli kucing di dalam karung. Kamu jadi tidak tahu kualitas dan keasliannya. Makanya kamu harus memilih sepatu di tempat yang pas dan strategis. Hindari membeli sepatu imitasi atau palsu di toko sepatu yang tidak kamu ketahui. Kamu harus memilih sepatu dengan kualitas terbaik ya, jadi kamu tidak akan merasa rugi.

Salah satu store terbaik saat membeli sepatu ini adalah iStyle. iStyle memberikan berbagai pilihan sepatu dengan kualitas terbaik lho. Kamu bisa menyesuaikan dengan sepatu yang kamu inginkan. Beberapa produk terbaik yang dijual di iStyle antara lain, Gino Mariani, Andrew, CBR SIX, Java Seven, Keeve, F-Tale, dan Barococo. Semua produk yang dijual di sini pasti dijamin orisinal.  

Beli sepatu pria di iStyle akan lebih mudah jika kamu membelinya dengan mempergunakan Atome sebagai metode pembayarannya. Atome akan memberikan berbagai jenis kemudahan pembayaran dengan cicilan 0% dan tenor yang bisa dipilih antara 3 atau 6 bulan. Belum lagi masih banyak diskon yang akan kamu dapatkan. Yuk, mari belanja di iStyle!