Blog

Ini Dia Makna Dari 10 Jenis Seserahan Untuk Pengantin Wanita

Nov 02 2021

Hi, ladies, tahukah kamu jika seserahan para pengantin itu memiliki makna tersendiri? Yaps, seserahan yang digunakan pada saat lamaran dan pernikahan merupakan sebuah simbol penting saat pasangan pengantin akan memulai sebuah hubungan. Seserahan dan hantaran merupakan sebuah bentuk kesanggupan laki-laki mencukupi kehidupan perempuan yang akan dipinang olehnya. Bentuk keseriusan dan kesanggupan itu kemudian disimbolkan melalui barang-barang yang dibawa. Yang mana setiap barang tersebut memiliki makna khusus loh, jadi tidak sembarang dibawa dan diserahkan begitu saja.

Biasanya sih semua kebutuhan tersebut merupakan semua kebutuhan sang calon istri. Jadi semua kebutuhan tersebut bisa terpenuhi ketika mereka sudah menikah nanti. Makanya, sebelum memutuskan untuk serius, kamu harus pastikan dahulu, barang seserahan apa saja sih yang harus dibawa ketika melangsungkan lamaran atau acara pernikahan? Yuk, sama – sama kita bahas terkait seserahan para pengantin yang harus kamu ketahui. Let’s check it out!

1. Perlengkapan Salat

Buat kamu yang beragama muslim, membawa perlengkapan salat untuk seserahan adalah wajib hukumnya. Alat salat dan Al Qur’an merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pihak pria. Perlengkapan salat ini melambangkan sebuah pernikahan yang berlandaskan nilai agama yang kuat. Jadi seorang pria harus memberikan semua kebutuhan sang wanita yang berlandaskan nilai agama Islam.

2. Set Perhiasan

Dalam seserahan biasanya juga disertakan set perhiasan untuk sang calon mempelai wanita. Set perhiasan ini digunakan untuk tanda kemakmuran bagi calon pengantin wanita tersebut. Diyakini sang calon istri tersebut bisa berkilau sepanjang hidupnya.

Namun, perhiasan ini bukan sebuah kewajiban ya, guys. Kamu bisa dan boleh membawa barang lain. Perhiasan biasanya hanya diberikan jika sang calon mampu memenuhinya, jadi tidak perlu dipaksakan ya.

3. Setelan Pakaian

Dalam sebuah pernikahan, ada beberapa macam setelan yang akan diberikan para pihak laki – laki ke pihak perempuan. Biasanya yang sering diberikan adalah pakaian kerja, pakaian pesta, pakaian tidur, bahkan ada juga yang memberikan pakaian dalam.

Tetapi di dalam tradisi Jawa, ada pula pihak yang memberikan seserahan berupa kebaya dan kain jarik. Yang mana keduanya adalah simbol harapan dalam sebuah rumah tangga yang akan dibina oleh kedua pasangan.

4. Makeup Dan Skincare

Seserahan lain yang diberikan ketika melangsungkan lamaran adalah memberikan makeup dan skincare, yang mana benda – benda ini biasanya sangat disukai oleh para wanita. Selain itu, makeup dan skincare dilambangkan merupakan bentuk apresiasi kepada para wanita untuk merawat dirinya dengan baik. Yang mana jika dilakukan oleh para wanita, hal ini akan membahagiakan pasangannya. Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik di depan pasangannya?

5. Alas Kaki

Bentuk seserahan lain yang diberikan adalah alas kaki. Yaps, alas kaki merupakan bentuk pelengkap bagi para wanita ketika pergi keluar. Alas kaki ini bisa berupa sepatu, sandal, atau selop. Selain itu, guys, bentuk seserahan dalam model alas kaki ini merupakan sebuah makna agar kedua pasangan siap melangkah mengarungi kehidupan secara bersama – sama.

6. Tas

Tas juga bisa diberikan sebagai bentuk seserahan kepada calon mempelai wanita. Benda seserahan yang satu ini memiliki arti berbeda dengan sepatu, yaitu sebagai perlambang calon suami diharapkan mampu menafkahi segala keperluan pasangannya.

7. Makanan Tradisional

Biasanya seserahan yang diberikan itu adalah dalam bentuk makanan tradisional yang bertekstur basah dan lengket. Misalnya saja seperti kue lapis, lemper, wajik, tetel, dan lainnya. Ketika pasangan pengantin membawa kue – kue ini untuk seserahan, maka diyakini bahwa kue-kue dengan tekstur lengket tersebut bisa memperlengket kedua belah keluarga sang pengantin.

8. Buah – Buahan

Makanan alami yang penuh gizi ini melambangkan harapan kepada kedua pasangan yang akan menikah, agar nantinya dapat menghasilkan buah yang berlimpah bagi orang – orang dan lingkungan di sekitarnya.

9. Daun Sirih

Daun sirih bisa dibilang bukan merupakan sebuah kebutuhan. Namun dalam sebuah seserahan ternyata memiliki makna tersendiri, guys. Daun sirih dan dihias dengan bunga merupakan sebuah lambang doa dan keselamatan bagi calon mempelai Wanita. Hal ini bisa berimbas kepada kehidupan di masa yang akan datang. Jadi sang calon mempelai wanita didoakan agar bisa hidup bahagia bersama pasangannya ketika menjalani hidup pernikahan.

10. Set Cincin Pernikahan

Cincin adalah sebuah lambang untuk ikatan cinta yang abadi. Set cincin pernikahan merupakan sebuah wujud doa pengikat kedua pasangan untuk bisa hidup bersama – sama hingga maut memisahkan. Jadi cincin ini sangat penting bagi kedua mempelai, guys.

Untuk jumlah seserahan itu sendiri, di dalam adat Jawa biasanya menyarankan untuk membawa seserahannya dalam jumlah yang ganjil. Namun kini hal itu dapat disesuaikan berdasarkan kesepakatan dari kedua belah pihak pasangan. Sementara di dalam adat Sunda, calon pengantin perempuan turut memberikan seserahan pada lelaki. Isi seserahan dari pengantin perempuan kepada pengantin pria ini berupa pakaian dan perlengkapan pernikahan, serta keperluan sehari-hari untuk pasangannya.

Membicarakan seserahan memang tidak akan ada habisnya. Kamu harus memperhatikan dengan baik setiap seserahan yang kamu berikan karena setiap seserahan tersebut mempunyai maknanya masing – masing. Jika kamu berniat untuk membeli seserahan berupa tas dan sepatu untuk calon kamu, kamu bisa mendapatkannya di Buccheri. Semua barang yang tersedia di Buccheri memiliki kualitas yang telah terpercaya. Kamu yang ingin membeli di Buccheri bisa dengan membeli langsung di toko offline ataupun secara online. Caranya gampang, tinggal lihat saja barang yang mau kamu beli di www.buccheri.com, pilih, dan tunggu sampai di rumah kamu.

Jangan lupa membelinya dengan mempergunakan Atome. Semua barang  yang kamu beli dengan Atome bisa mendapat potongan harga, dan tentunya pembayaran yang bisa diangsur 3 atau 6 kali cicilan, dengan bunga 0%. Tunggu apalagi? Segera gunakan Atome untuk setiap pembelanjaan kamu di Buccheri.