Blog

Ini Dia Manfaat Clay Mask Dan Cara Pakainya

Aug 05 2021

Guys, pernah nggak sih kamu sadar kalau melakukan aktivitas di luar sering kali bikin wajah kusam dan berjerawat? Tak hanya itu saja lho, wajah yang kusam biasanya juga bikin kamu gak nyaman juga.

Untuk mengatasi segala permasalahan kulit tersebut, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Yaps, masker dinilai sebagai salah satu barang yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kesehatan kulit di bagian wajah.

Sekarang ini banyak sekali jenis masker yang berkembang di pasaran. Salah satu masker yang bisa membuat wajah tetap sehat dan berseri adalah jenis masker clay mask. Memang sih masker yang satu ini terbilang cukup aneh dari namanya. Namun, siapa sangka jika masker ini sangat bermanfaat bagi wajah kamu?

Clay mask memang berbeda dengan jenis masker lainnya. Clay mask ini terbuat dari bahan tanah liat yang diolah sedemikian rupa. Orang awam sih biasanya nyebut masker ini hampir sama dengan mud mask atau masker lumpur. Padahal ya, guys, dari bahannya saja udah beda.

Usut punya usut nih, si clay mask ini cocok banget buat kamu yang memiliki kulit berminyak. Kandungan mineral yang ada di tanah liat mengandung mineral yang biasa disebut dengan kaolin dan bentonite. 

Kandungan kaolin tersebut cocok banget sebagai terapi perawatan anti acne, guys. Wah, gak nyangka ya manfaatnya sangat melimpah?  Sedangkan kandungan bentonite yang berasal dari abu vulkanik ini mampu memberikan manfaat mineral alami, seperti kalsium, magnesium, hingga zat besi. Jadi kandungan tersebut mampu menyerap minyak dan kotoran yang ada di kulit.

Manfaat Clay Mask Jika Diaplikasikan di Kulit Wajah

Clay mask ini punya segudang manfaat yang bisa dirasakan di kulit lho. Nah, biar kamu nggak penasaran, yuk kita kasih tahu manfaat yang bisa kamu rasakan:

1. Perawatan untuk si kulit berminyak

Si pemilik kulit berminyak pasti sangat senang dengan adanya masker ini. Masker jenis ini bisa membantu mengatasi minyak secara berlebihan lho. Jika kamu menggunakan secara teratur, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kandungan kaolin yang ada di dalam masker ini bisa mengeluarkan minyak yang bisa membahayakan kulit. Dengan begitu kamu bisa merasakan manfaat yang maksimal.

2. Dapat mengatasi jerawat, komedo, dan flek hitam

Selain itu, masker jenis ini sangat bermanfaat banget buat kamu yang punya masalah jerawat, komedo dan flek hitam. Lagi-lagi kandungan kaolin yang ada di dalamnya mampu menyerap lipid (zat lemak) di permukaan wajah. Selain itu racun, bakteri, serta virus yang menyebabkan infeksi juga bisa hilang seketika.

Kandungan ini mampu menyerap pengeluaran minyak berlebihan yang ada di wajah. Selain itu, sel kulit mati juga terkelupas dengan sempurna.

Tidak hanya itu saja, masker yang satu ini juga bisa mengatasi masalah kulit, mulai dari komedo, flek hitam, dan jerawat yang sangat membahayakan. Oh ya, masker ini akan jauh lebih sempurna jika kamu mencampurnya dengan air panas. Kandungan kaolin di clay mask ini akan bekerja maksimal jika berada di suhu yang panas. So, bisa meningkatkan sekresi keringat dan kelenjar minyak.

3. Dapat menghidrasi kulit dengan sangat baik

Meskipun mampu menyerap minyak dengan maksimal, namun bukan berarti clay mask bikin wajah kering kerontang. Kelembaban masih selalu terasa lho jika kamu menggunakan masker yang satu ini. Nah, kulit kamu dijamin akan terasa tetap kenyal dan bisa terlihat sangat sehat.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Selain masalah kulit berminyak dan berjerawat, clay mask ternyata juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Wow, amazing! Clay mask ini bisa membuat kamu terhindar dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang sangat berbahaya di kulit kamu.

Bagaimana Cara Yang Tepat Untuk Mengaplikasikan Clay Mask?

Untuk bisa mengaplikasikan clay mask ini sangat mudah lho. Kamu cukup mengoleskan clay mask ini ke seluruh area tubuh. Nah, kamu bisa membiarkannya sekitar 15 menit saja. Rasakan masker tersebut meresap ke seluruh wajah kamu ya. Biarkan kulit wajahmu menyerap kandungan masker tersebut. Jika dirasa sudah menyerap selama 15 menit, kamu bisa membilasnya dengan bersih.

Memang memakai masker yang satu ini sangat simpel. No need much effort untuk memakainya. Jadi kamu tidak perlu bingung. Apalagi buat kaum mager, masker ini cocok banget untuk kamu jadikan pilihan.

Nah, masker jenis ini paling cocok bila kamu gunakan di malam hari ya. Namun, jika kamu ingin menggunakannya di siang hari, it’s totally okay kok. Yang pasti jangan gunakan secara berlebihan ya. Nanti bakal bisa berdampak yang berbahaya bagi kulit jika kamu memakainya secara berlebihan.

Salah satu clay mask yang recommended untuk kamu coba adalah Emina clay mask. Sudah banyak beauty vlogger dan beauty influencer yang merekomendasikan masker jenis ini lho. Ada 3 varian yang bisa kamu pilih, yaitu Emina Brightening Clay mask, Emina Sooth and Smooth Clay mask, dan Emina Sebum Control Clay mask.

Emina Brightening Clay mask ini hadir dengan nuansa pink yang mampu untuk mencerahkan wajah. Tak hanya itu, masker ini juga mampu mengurangi noda dan mencegah efek radikal bebas di wajah. Selain itu ada juga Emina Sooth and Smooth Clay mask yang hadir dengan nuansa biru. Masker ini sangat efektif untuk menenangkan kulit sensitif, sehingga bisa membuat kulit sehat dan terasa lembut. Dan yang terakhir ada varian Emina Sebum Control Clay mask yang dilengkapi dengan calendula extract yang sangat cocok untuk menyerap minyak berlebih di kulit.

Untuk mendapatkan masker ini kamu bisa mendapatkannya di Sephora ya. Selain produk ini kamu juga bisa mendapatkan produk jenis lain yang bisa membuat wajahmu lebih berseri. Dan jangan lupa, Atome bisa kamu gunakan sebagai metode pembayaran jika kamu melakukan transaksi di Sephora. Tentunya dengan cicilan yang bisa dipilih, mau 3 atau 6 bulan, bunga 0%, dan tanpa DP. Tunggu apalagi? Segera dapatkan Emina Clay mask hanya di Sephora dengan Atome secepatnya!