Blog

Jenis-Jenis Dan Harga Kawat Gigi Yang Perlu Kamu Ketahui

Sep 07 2021

Gigi kamu terlihat kurang rapi? Atau kamu merasa kurang percaya diri dan susah menggosok gigi karena gigimu yang berantakan? Jangan khawatir, sebab semua itu dapat diatasi dengan cara menggunakan kawat gigi. Fungsi utama dari kawat gigi adalah untuk merapikan gigimu yang tidak rapi. Bahkan kawat gigi juga dapat berfungsi untuk membetulkan posisi rahangmu yang tidak simetris.

Tapi, tahukah kamu kalau kawat gigi itu memiliki beraneka macam jenis? Dan masing-masing jenis kawat gigi tersebut memiliki kisaran harganya sendiri. Jika kamu tertarik untuk menggunakan kawat gigi, dan ingin tahu lebih banyak tentang jenis-jenis dan harga kawat gigi, yuk, simak artikel berikut!

Jenis-Jenis Kawat Gigi

Behel gigi itu bermacam-macam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda juga tentunya. Jenis-jenis ini dibedakan karena memiliki perbedaan yang mendasar, mulai dari material, bentuk, cara pemasangan, hingga biaya pemasangannya.

1. Kawat Gigi Metal

Jenis kawat gigi yang pertama ini adalah jenis kawat gigi yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Jenis kawat gigi ini sering menjadi pilihan, karena harganya paling terjangkau dibandingkan dengan harga jenis kawat gigi yang lainnya.

Kawat jenis ini umumnya berbahan metal dan saat digunakan pertama kali akan terasa sedikit berat. Jenis kawat gigi metal adalah jenis kawat gigi yang juga sering disebut dengan traditional braces. Kawat gigi tradisional ini sangat dianjurkan untuk dipakai oleh mereka yang mengalami kondisi gigi kompleks.

Selain karena harganya yang terjangkau, kawat gigi ini juga banyak dipilih karena pasien dapat memilih beraneka macam warna karet penahan kawat sesuai dengan selera. Namun sayangnya, penggunaan kawat gigi konvensional mengharuskan kamu untuk sering kontrol ke dokter gigi. Hal ini karena kamu perlu untuk mengganti karet setiap bulannya.

Harga dari kawat gigi konvensional berada pada kisaran Rp 3.000.000 hingga Rp 8.000.000. Kisaran harga ini juga tergantung pada biaya pemasangan yang ditarif oleh dokter gigi pilihanmu. Jadi, sebelum memasang kawat gigi, kamu memang harus pintar-pintar mencari dokter gigi yang tepat untukmu ya.

2. Kawat Gigi Keramik

Ciri paling mudah yang bisa kamu ketahui untuk tahu jenis kawat gigi keramik adalah warnanya. Kawat gigi keramik berwarna putih dan cenderung transparan. Kawat gigi keramik dinilai cukup estetik dan kuat. Kawat gigi ini juga kawat gigi yang kini termasuk mulai banyak dijadikan pilihan oleh konsumen.

Sebagaimana dengan kawat gigi konvensional, fungsi behel ini tetap sama. Yang membuat keduanya berbeda hanya dari segi estetika dan juga harga. Harga dan juga biaya pemasangan kawat gigi keramik yaitu mulai dari Rp 7.000.000 hingga Rp 9.000.000.

Kekurangan dari kawat gigi keramik adalah pada perubahan warna. Kawat gigi keramik cukup mudah untuk berubah warna. Terlebih jika kamu sering mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mudah meninggalkan noda, seperti kopi, teh, dan lain sebagainya. Selain itu, kawat gigi keramik juga rentan rusak akibat bahan yang dipakai. Sehingga kualitasnya tidak sebanding dengan behel berbahan metal.

3. Kawat Gigi Sapphire

Jenis kawat gigi lain yang juga memiliki warna transparan sebagaimana dengan kawat gigi keramik adalah kawat gigi jenis sapphire. Dibandingkan dengan kawat gigi keramik, jenis sapphire cenderung lebih awet dalam pemakaiannya. Hal ini karena bahan yang dipakai hampir serupa dengan behel berbahan metal.

Keunggulan lain dari kawat gigi jenis sapphire adalah warnanya lebih transparan. Bahkan seolah menyatu dengan permukaan gigi. Sehingga untuk kamu yang ingin menggunakan behel gigi tapi tak ingin terlihat jika sedang menggunakan kawat gigi, kamu cocok untuk menggunakan kawat gigi jenis ini.

Karena banyaknya keunggulan dari kawat gigi jenis ini, tak heran jika harganya jauh lebih mahal dibandingkan kawat gigi keramik ataupun kawat gigi metal. Harga dan biaya pemasangan untuk kawat gigi jenis ini yaitu mulai dari Rp 8.000.000 hingga Rp 14.000.000.

4. Kawat Gigi Self Ligating

Jenis kawat gigi selanjutnya yaitu kawat gigi self ligating. Ciri khas dari behel ini adalah tidak diperlukan karet dalam penggunaannya. Kawat gigi jenis ini sudah dilengkapi dengan sistem buka tutup, sehingga kawat behel tetap berada pada tempatnya, tanpa perlu bantuan dari karet.

Keunggulan yang dimiliki oleh kawat gigi ini yaitu minimnya rasa sakit. Jika kamu memilih untuk menggunakan kawat gigi ini, kamu tidak perlu khawatir gigimu ngilu yang berlebihan, sebab tekanan yang diberikan oleh kawat gigi ini tidak terlalu kuat. Meskipun demikian, kawat gigi ini tetap mampu bekerja dengan baik sebagaimana kawat gigi lainnya.

Keunggulan lain dari kawat gigi self ligating adalah mempunyai durasi lebih cepat untuk merapikan gigi dibandingkan kawat gigi jenis lainnya, dan juga kamu tidak perlu kontrol secara rutin ke dokter gigi, sebab kawat gigi jenis ini telah memiliki teknologi tersendiri. Kawat gigi self ligating tersedia dalam dua jenis bahan, yaitu metal dan transparan.

Untuk biaya kawat dan juga pemasangannya sendiri, dibutuhkan budget sekitar Rp 10.000.000 hingga Rp 30.000.000. Hal ini karena memang kawat gigi self ligating memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis kawat gigi lainnya.

5. Aligner

Alat untuk merapikan gigi yang satu ini berbeda dari jenis-jenis yang sebelumnya. Aligner adalah alat yang berbentuk seperti pelindung gigi yang terbuat dari bahan plastik, tetapi bahannya lebih tipis sehingga tidak membuat mulut terlihat penuh. Tidak seperti kawat gigi yang hanya bisa dipasang dan dilepas oleh dokter gigi, aligner bisa dipasang dan dilepas sendiri oleh pasien.

Behel clear aligner memiliki bentuk serupa dengan pelindung gigi yang dipakai oleh petinju. Hanya saja bahannya jauh lebih tipis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, alat ini tetap harus digunakan selama minimal 22 jam per hari. Keunggulan dari behel jenis ini terletak pada proses pemasangannya. Di mana behel aligner dapat dipasang dan dilepas sendiri tanpa membutuhkan bantuan dokter gigi.

Biaya pemasangan dari jenis behel ini yaitu kisaran Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000. Cukup mahal memang. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab jika kamu ingin menggunakan aligner tapi budget kamu belum mencukupi, kamu bisa membelinya di Rata.

Untuk saat ini Rata sedang mengadakan promo menarik. Dari harga aligner yang Rp 12.900.000, kini sedang ada potongan harga menjadi Rp 4.900.000. Cukup fantastis ‘kan potongan harganya? Yuk, segera rapikan gigimu menggunakan aligner dari Rata, tentunya lebih menguntungkan lagi jika kamu melakukan transaksinya dengan Atome. Rasakan beragam manfaat beserta promo menariknya!

Hal menarik lainnya juga akan kamu dapatkan jika kamu berbelanja di Rata menggunakan metode pembayaran dari Atome. Saat ini, Atome telah bekerja sama dengan Rata agar dapat lebih memudahkanmu dalam melakukan transaksi pembayaran. Menggunakan metode pembayaran dari Atome, cicilan 0%, banyak untungnya. Yuk pasang behel gigi di Rata menggunakan Atome!