Blog

Jenis-Jenis Kapas Wajah Yang Harus Diketahui

Sep 14 2021

Tahukah kamu jika bentuk kapas ternyata mempunyai varian yang berbeda-beda? Dan menariknya lagi, fungsi dari kapas ini juga berbeda-beda juga lho. Setiap bentuk memiliki fungsi tersendiri yang tidak bisa disamakan.

Nah, supaya kamu makin sempurna melakukan ritual perawatan wajah, kamu harus tahu nih bentuk kapas mana yang cocok untuk kamu. Apalagi buat kamu yang ingin punya kulit wajah berseri dan cerah merona. Pasti kamu ingin tahu ‘kan pakai kapas apa yang tepat?

Makanya sebelum kamu membeli, kamu harus tahu nih cara yang tepat untuk memilih fungsi kapas tersebut. Mau tahu kira-kira kapas mana saja yang cocok untuk kamu? Yuk, kita simak ulasan di bawah ini ya.

Varian Kapas Berdasarkan Fungsinya

1. Kapas Persegi

Kapas jenis persegi adalah jenis kapas yang paling banyak dijual di pasaran. Jenis kapas yang satu ini bisa dibilang jenis kapas yang paling banyak digunakan banyak orang. Kamu bisa membeli jenis kapas ini di berbagai toko kecantikan, baik online maupun offline.

Dari segi teksturnya, kapas jenis ini memiliki serat yang tebal dibanding dengan kapas yang lain. Ukuran kapas yang satu ini sih biasanya relatif lebih besar sehingga bisa menyerap cairan dalam jumlah yang banyak.

Makanya tak heran kalau jenis kapas yang satu ini adalah jenis kapas yang bisa digunakan di berbagai jenis keperluan. Mulai dari membersihkan makeup, mengusap cleanser, sampai menyapukan toner di seluruh permukaan wajah.

Selain itu, kapas jenis persegi ini juga bisa banget dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Mulai  dari keperluan manicure dan pedicure di sela-sela kuku yang sudah dipoles, lalu merapikan kuku yang sudah dipoles, serta mengoleskan krim ke kutikula kuku yang bisa membuat kuku lebih bersih dan semakin sehat.

Jadi bisa dibilang, jenis kapas persegi ini tak hanya penting untuk membersihkan wajah saja lho. Karena ternyata mempergunakan jenis kapas persegi yang satu ini juga sangat penting untuk membersihkan area tubuh lainnya, misalnya saja seperti kuku kamu, serta bagian tubuh lainnya.

2. Kapas Bulat

Siapa yang suka menemui jenis kapas yang berbentuk bulat? Yaps, kapas yang berbentuk bundar dan pipih ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dibanding dengan kapas persegi. Kapas bundar atau biasa dikenal dengan sebutan kapas hypoallergenic.

Jenis kapas yang satu ini merupakan jenis kapas yang bisa digunakan untuk kulit sensitif, apalagi bentuknya juga bertekstur dan super lembut, jadi sangat cocok untuk digunakan. Tapi tidak cuma itu saja lho, jenis kapas yang satu ini ternyata juga memiliki serat yang sangat kuat dan berdaya tahan lama. Makanya buat kamu yang memiliki kulit meradang akan sangat cocok jika menggunakan kapas jenis ini.

Kandungan kapas yang bersih dan kuat membuat kapas jenis bundar ini cocok banget buat kamu yang memiliki kulit jerawat dan meradang. Jadi pas buat kamu untuk membersihkan kulit kamu, karena tidak akan membuat kulit kamu iritasi dan bahaya lainnya.

Sebenarnya, fungsi kapas yang satu ini masih mirip dengan kapas persegi. Namun dengan menggunakan kapas yang satu ini, kulit kamu bisa menjadi lebih sehat. Para produsen kapas  lebih pintar memanfaatkan micro head exfoliating surface. Jadi dijamin deh jenis kapas yang satu ini sangat cocok dimanfaatkan buat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga cocok banget buat proses deep cleansing.

3. Kapas Bola

Selain kapas bentuk persegi dan bulat, ada pula jenis kapas yang bentuk bola-bola kecil. Selain untuk membersihkan makeup, kamu juga harus memperhatikan jenis kulit kamu ya. Penggunaan kapas jenis bola ini bisa untuk menyapukan bedak tabur, lotion, dan juga baby oil di seluruh permukaan kulit kamu.

Ketika menggunakan kapas jenis satu ini, usahakan jangan sampai terkena air ya. Nanti kalau sudah basah, kapas ini bakalan tak bisa berfungsi dengan baik. Makanya kamu harus menggunakannya dengan baik dan benar. Jangan sampai salah sasaran ya.

Nah, jadi itulah jenis kapas yang harus kamu ketahui sesuai dengan fungsinya. Ya memang sih bentuknya sama-sama kapas dan berwarna putih. Namun, kalian tidak ada yang tahu ‘kan kalau ternyata kapas ini ternyata memiliki jenis dan manfaat sendiri buat kulit kamu. Kamu bisa memilih sesuai dengan jenis dan kebutuhan kamu.

Membersihkan wajah merupakan suatu kegiatan yang wajib kamu lakukan biar kulit kamu semakin sehat dan terhindar dari bahaya lainnya. Makanya harus kamu perhatikan dengan baik ya.

Di samping membersihkan wajah dengan kapas, kamu juga harus menggunakan produk kecantikan yang sangat pas untuk kamu. Produk kecantikan dengan berjuta manfaat mulai dari sabun muka,toner, essence, serum, moisturizer, hingga sunblock bisa kamu temukan di AllYoung. Semua keperluan kecantikan yang dijual di store ini adalah asli dan hadir dengan kualitas terbaik.

Semuanya tinggal kamu sesuaikan saja dengan kulit wajah kamu. Dan sesuaikan juga dengan kebutuhan yang kamu miliki. Apalagi buat kamu yang punya kulit bermasalah, kamu harus hati-hati dalam memilih jenis skincare yang kamu gunakan.

Nah, biasanya sih belanja skincare tuh suka bikin pusing ya. Bagaimana tidak pusing, kita suka tidak sadar beli skincare kebanyakan. Dan ujung-ujungnya tagihan membengkak. Dan kelanjutannya bikin pusing tujuh keliling deh.

Biar kamu tidak pusing tujuh keliling, kini ada solusi terbaik nih. Kamu bisa memilih pembayaran dengan menggunakan Atome. Bayar skincare di AllYoung dengan Atome sangat mudah lho, tidak bakal bikin ribet seperti kartu kredit. Semuanya bisa kamu cicil dengan pilihan cicilan yang menarik, mulai 3 atau 6 bulan sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Yuk, segera belanja!