Blog

Jenis-jenis outer wanita dan tips memilihnya

Mar 10 2022

Outwear atau outer bisa menjadi pilihan fashion praktis untuk mampu menyempurnakan penampilanmu. Bahkan, kamu bisa tampil stand out meski hanya mengenakan t-shirt atau tank top biasa. Apalagi, jenis – jenis dan desain outer sekarang semakin beragam dan bisa kamu sesuaikan untuk berbagai acara. Mulai dari yang bernuansa kasual hingga formal. Kamu pun tak akan kebingungan lagi untuk mix and match outfit menggunakan outer.

Jenis – Jenis Outer Wanita

Saat ini ada begitu banyak jenis outwear yang hadir dengan beragam desain. Bahan pembuatnya pun berbeda – beda, menyesuaikan dengan kebutuhan. Supaya kamu tidak penasaran, langsung simak jenis – jenis outer wanita berikut ini.

1. Jaket

Beberapa orang memakai jaket untuk sekadar melindungi tubuh dari hawa dingin. Namun, jenis pakaian ini ternyata bisa menjadi salah satu item fashion untuk menunjang penampilan agar tampak semakin bergaya.  Apalagi, model jaket terus berkembang pesat dan terlihat semakin menarik. Umumnya, jaket yang dikhususkan untuk outwear memiliki panjang sepinggang atau sepinggul. Lalu pada bagian depannya menggunakan pembuka berupa ritsleting atau kancing. Bahan pembuatnya sendiri beragam. Ada yang terbuat dari denim, kulit alami, hingga parasut anti air. Setidaknya ada 3 jenis jaket paling populer yang bisa menjadi alternatif outwear kekinian untukmu, yaitu:

  • Jaket Denim

Jaket berbahan denim atau sering disebut juga dengan jaket jeans. Desainnya simpel dan timeless seakan tidak ada matinya.Kamu bisa memadupadankannya dengan dress pendek atau panjang, celana berpotongan lebar, jeans, hingga rok.  

  • Jaket Parka

Jenis jaket tebal panjang yang dilengkapi hoodie serta lapisan bulu – bulu di dalamnya ini cocok digunakan untuk menghangatkan tubuh. Jaket ini juga terbuat dari bahan anti angin, sehingga sangat pas untuk menemanimu saat musim hujan atau berada di tempat – tempat berhawa dingin. Kini warnanya juga beragam dan membuatmu tampil lebih modis.

  • Jaket Bomber

Jaket yang awalnya diperuntukkan khusus untuk pilot militer ini memiliki kesan fierce dan maskulin. Meski begitu, jaket ini juga bisa digunakan untuk wanita. Potongan bawahnya yang lebih pendek mencapai area pinggang membuatnya tampak keren dan cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit.

2. Hoodie                      

Banyak yang menyebut hoodie sebagai bagian dari jaket. Namun, jenis pakaian ini memiliki ciri khas berupa tudung kepala di atasnya. Sehingga terasa nyaman dan mampu menghangatkan area telinga saat cuaca dingin. Desain hoodie juga bermacam – macam. Ada yang berlengan panjang, ada pula yang berlengan pendek. Biasanya hoodie lengan pendek tersebut digunakan sebagai outfit olahraga atau sekadar penambah gaya.

3. Sweater

Lanjut ke outer kedua, yaitu sweater. Fungsinya sama dengan jaket, yaitu sebagai penghangat. Namun, sweater terbuat dari bahan wol yang lembut dan terasa lebih ringan. Desain sweater juga semakin beragam. Ada yang berupa blouse, kardigan, hingga rompi. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk mempercantik penampilanmu sesuai keinginan.

5. Rompi

Rompi atau biasa disebut vest atau waistcoat merupakan pakaian tanpa lengan yang dikenakan sebagai outer kemeja atau blouse. Meski familiar sebagai salah satu item seragam untuk profesi tertentu, namun kamu juga bisa memanfaatkannya untuk tampilan sehari – hari. Apalagi dengan desainnya yang semakin beragam dan terlihat menarik. Mulai dari desain rompi berkancing atau tanpa kancing, hingga rompi yang menggunakan ritsleting dan terbuat dari rajutan benang.

6. Kardigan

Hampir mirip dengan rompi, namun memiliki lengan panjang dan menonjolkan desain kasual yang terasa nyaman untuk tampilan sehari – hari. Menggunakan model flowy yang ringan dan tidak menimbulkan gerah. Karena fungsinya lebih ditujukan untuk menambah gaya, bukan sebagai penghangat tubuh layaknya jaket. Namun, ada juga kardigan yang mampu menghangatkan tubuh. Salah satunya yaitu knitted cardigan yang terbuat dari bahan rajut. Selain itu, ada juga long cardigan yang memiliki panjang hingga selutut. Biasanya banyakmuslimah berhijab yang menggunakannya sebagai outer praktis saat bepergian ke luar rumah.

6. Blazer

Blazer merupakan jenis jaket yang berfungsi sebagai pakaian santai, namun tetap terlihat rapi. Potongannya mirip dengan jas, namun dengan gaya yang lebih santai. Ciri khasnya yaitu bagian depannya yang terbuka dan terdapat kancing sebagai pembuka sekaligus pemanis blazer. Jenis pakaian ini juga bisa cocok untuk segala jenis outfit. Mulai dari tampilan formal seperti kemeja dan celana bahan, hingga pakaian kasual dari paduan kaos dan celana jeans.  Saat ini juga muncul desain blazer klasik dengan panjang hingga selutut atau bahkan sampai mata kaki. Desainnya terlihat sangat elegan dan mampu membuat pemakainya tampak berkelas.

7. Oversized Shirt

Sesuai namanya, jenis outer yang ketujuh ini merupakan kemeja berukuran besar. Namun, model pakaian ini tampak keren sebagai luaran yang simpel dan casual chic. Kamu bisa mengenakannya saat hangout atau nongkrong bareng dengan teman – teman.

8. Kimono Outer

Model baju tradisional ala Jepang memang melahirkan banyak desain pakaian kekinian yang begitu populer, termasuk outwear. Outer bergaya kimono memiliki potongan loose dan cenderung oversize. Bahannya terasa ringan, sehingga terasa nyaman untuk pakaian sehari – hari, terutama saat cuaca panas. Modelnya pun semakin variatif. Mulai dari yang berlengan pendek dan panjang, hingga bahan kain berwarna polos dan bermotif.

Tips Memilih Outer untuk Berbagai Acara

Setelah mengetahui jenis – jenis outer wanita, sekarang tinggal pilih salah satunya dengan mengikuti tips berikut ini.

1. Tentukan Kebutuhanmu

Pilih outer berdasarkan kebutuhan, apakah untuk acara formal atau kasual. Jika mencari outer untuk acara formal, pilih blazer, kardigan, atau rompi bergaya formal yang terlihat rapi. Sedangkan jika mencari outer untuk tampilan kasual, kamu bebas memilih jaket, hoodie, sweater, blazerkasual, oversized shirt ,dan lain lain.

2. Sesuaikan Dengan Cuaca

Pilih bahan outer yang tepat sesuai cuaca. Jika cenderung dingin, pastikan memilih jenis outer berbahan tebal yang bisa menghangatkan. Sedangkan jika cuaca panas, pilih yang berbahan ringan dan mudah menyerap keringat.

3. Pilih Outer Berdasarkan Model

Saat ini tersedia banyak variasi outer. Mulai dari yang berlengan panjang atau pendek, hingga warna kain polos atau bermotif. Kamu juga bisa memilih berdasarkan bentuk lengannya. Apakah bentuk lengan standar, batwing atau tampilan kelelawar, dan beragam jenis lainnya. Tinggal sesuaikan dengan selera dan outfit yang kamu pakai.

Dari berbagai jenis outer di atas, mana nih yang paling kamu suka? Ikuti tips di atas untuk menyesuaikan outer dengan kegiatanmu. Dan sekarang, kamu tidak perlu bingung di mana mencari outer kekinian untuk berbagai jenis acara. Temukan outer favoritmu dari brand – brand lokal dan internasional terbaik di Sonderlab. Sonderlab adalah ebuah e-commerce fashion asal Indonesia yang melakukan kurasiproduk secara ketat. Jadi, tak perlu ragu akan kualitas dan originalitas produk yang dijual.

Kamu juga bisa berbelanja di Sonderlab menggunakan aplikasi Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa DP dan tanpa biaya admin. Pilih metode pembayaran Atome saat checkout di official website Sonderlab. Lalu bayar tagihan dengan sistem cicilan hingga 3 atau 6 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dari 5.000 lebih merchant yang bekerjasama. Menarik banget bukan? Saatnya tingkatkan pengalaman belanjamu dengan layanan buy now pay later dari Atome.

Main keywords of the article: