Blog

Langkah-Langkah Membuat Kopi Dengan Alat Kopi Manual

Sep 21 2021

Menikmati secangkir kopi adalah bagian dari rutinitas jutaan orang di dunia, mungkin termasuk kamu. Apakah kamu sudah memiliki mesin membuat kopi? Jika iya, artikel ini tepat untuk kamu. Kali ini akan dibahas bagaimana sih langkah-langkah yang tepat untuk membuat kopi menggunakan coffee maker manual dan juga bagaimana tips unik lainnya. Yuk, langsung saja kita simak artikelnya!

Langkah-Langkah Membuat Kopi Menggunakan Coffee Maker Manual

1. Pastikan Mesin Pembuat Kopi Sudah Bersih

Sebelum memulai menggunakan coffee maker, pastikan mesin pembuat kopi yang akan kamu gunakan sudah tercuci dengan bersih. Mesin kopi akan mudah kotor karena adanya endapan mineral yang dapat menumpuk di dalam mesin pembuat kopi. Endapan ini bisa membuat kopi menjadi tidak enak dan berbau tengik. Jadi, bersihkan selalu alat pembuat kopi kamu secara rutin agar bisa mendapatkan kopi yang enak untuk kamu nikmati.

2. Pasang Penyaring Kopi

Beberapa alat kopi memang sudah dilengkapi dengan alat penyaring, namun untuk mesin pembuat kopi manual, kamu perlu memasangnya sendiri. Untuk mendapatkan hasil kopi yang maksimal, disarankan untuk menggunakan penyaring kertas bermerek, meskipun penyaring kertas alami atau penyaring kertas yang berwarna putih juga bisa digunakan, tapi penyaring kertas bermerek lebih baik saat digunakan. Masukkan penyaring kopi ke dalam keranjang penyaring dan lakukan langkah selanjutnya.

3. Tuangkan Kopi Ke Dalam Alat Penyaring

Setelah memasang penyaring kopi dengan tepat, selanjutnya kamu perlu menuangkan kopi yang diinginkan ke dalam alat penyaring. Semakin banyak kopi yang ingin kamu buat, maka semakin banyak kopi yang perlu kamu tuangkan ke dalam penyaring.

Perbandingan standar antara kopi dan air adalah sekitar 2 sendok makan kopi dengan 180 ml air. Atau kamu bisa mengikuti saran penyajian dari kopi yang tertera di bungkusnya. Sebagian besar kopi memiliki petunjuk pada kemasannya. Selalu pastikan kalau kamu menggunakan sendok makan untuk menuang kopi. Atau kamu bisa menggunakan sendok yang disediakan. Mesin pembuat kopi bisanya juga dilengkapi dengan sendok scoop.

4. Tuangkan Air

Setelah kamu memasukkan kopi ke dalam saringan dan menakar jumlah air yang kamu butuhkan, langkah selajutnya yang perlu kamu lakukan adalah menuangkan air ke dalamnya. Dalm hal menuangkan air ini, kamu bisa menggunakan baris pengukur yang ada pada coffee maker untuk menentukan jumlah air sesuai keinginan. Bagi para pemula, sebaiknya menuangkan air ke dalam bagian penampung yang disarankan agar jumlah air dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

5. Biarkan Mesin Bekerja

Setelah menuangkan air ke dalam campuran kopi, kamu tinggal melakukan proses selanjutnya. Beberapa mesin kopi manual memiliki cara yang berbeda dalam penggunaannya. Ada yang kamu hanya perlu menunggu hingga air yang sudah tercampur kopi turun dengan sedirinya, hingga terdapat pula yang mengharuskan kamu untuk menekan mesin kopi manual sampai ampasnya terpisah dari kopi.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan timer ya untuk mengukur waktu lamanya kamu menyampurkan kopi dengan air panas. Biasanya, proses ini memakan waktu antara 3 hingga 4 menit. Jangan lupa, pada mesin kopi manual, kamu harus menggunakan air panas secara langsung sebab mesin kopi manual tidak bisa memanaskan air sendiri.

6. Kopi Siap Disajikan

Setelah semua proses pembuatan kopi kamu lalui, artinya kamu sudah bisa untuk menyeduh kopi bikinanmu. Tuanglah hasil kopi buatanmu ke dalam cangkir yang telah kamu sediakan dan minumlah kopi bikinanmu yang nikmat itu. Ingat ya, kalau kopi itu masih panas. Kamu boleh meminumnya sedikit demi sedikit.

Tips Membuat Rasa Kopi Yang Nikmat

Tips ini dapat kamu lakukan jika kamu ingin menikmati kopi dengan citarasa yang lebih enak, dan bisa dibilang sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

1. Menggiling Kopi Sendiri

Pertama-tama, gunakanlah biji kopi yang segar yang telah disimpan dengan benar. Untuk mendapatkan kopi yang lebih segar dan enak, kamu harus membeli biji kopi yang segar, dan gilinglah sendiri daripada membeli kopi yang sudah digiling. Kopi yang sudah digiling telah terekspos oleh udara, sehingga kopi kehilangan aromanya. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggiling kopi sendiri untuk rasa yang lebih nikmat.

2. Menyimpan Kopi Di Tempat Yang Tepat

Pastikan untuk menyimpan biji kopi di dalam wadah kedap udara ya. Kopi memiliki sifat menyerap bau. Itulah mengapa bubuk kopi dapat menjadi pengganti soda kue di dalam kulkas. Sayangnya, ini juga berarti jika kopi tidak disimpan di dalam wadah kedap udara, maka aroma kopimu bisa bercampur dengan aroma lainnya.

Banyak orang berpendapat untuk menyimpan biji kopi pada suhu rendah. Sebagian menyarankan untuk menyimpan biji kopi di dalam kulkas jika akan digunakan dalam seminggu dan juga memindahkan biji kopi yang tidak digunakan selama beberapa minggu ke dalam pembeku. Sementara sebagian pakar yang lain hanya menyarankan untuk menyimpan kopi di tempat yang sejuk dan gelap.

3. Menentukan Suhu Air Dan Racikan Yang Pas

Gunakan suhu yang tepat untuk bahan-bahan peracikan kopi kamu. Dalam proses peracikan kopi, suhu air yang tepat adalah sekitar 90,5-96°C atau di bawah titik didih. Air dengan suhu yang lebih rendah dari itu tidak bisa mengekstraksi rasa dari biji kopi, sedangkan air yang lebih panas dapat mendidihkan kopi dan mempengaruhi rasanya. Jadi pastikan semuanya tepat ya. Tips mudahnya, jika kamu merebus air untuk peracikan kopi, biarkan sampai air mendidih, lalu angkat dari kompor dan diamkan selama 1 menit sebelum kamu campurkan dengan kopi.

Itu tadi adalah langkah-langkah membuat kopi dengan mesin kopi manual dan beberapa tips yang dapat membuat rasa kopi buatanmu semakin enak. Pada dasarnya tidak ada cara khusus menggunakan coffee maker, semua telah ditulis dalam buku panduan yang kamu dapatkan saat membeli mesin tersebut. Enak tidaknya rasa kopi tergantung bagaimana kamu meracik kopinya.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan mesin kopi manual, kamu bisa membeli kopi manual di www.iSyle.com. iSyle menyediakan berbagai macam jenis mesin kopi manual yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Untuk membeli mesin kopi di iSyle, kamu tidak perlu khawatir masalah harga, sebab semuanya menjadi mudah dan menyenangkan jika kamu menggunakan metode pembayaran dari Atome. Atome dapat memberikan kemudahan untuk kamu dengan cara mencicil pembayaran selama 3 atau 6 bulan, dengan bunga 0 persen. Yuk, belanja di iSyle menggunakan Atome!