Blog

Pakai Mainan Bayi 3 Bulan Ini dan Si Kecil Pasti Senang

Sep 07 2021

Anak kecil selalu identik dengan yang namanya mainan. Namun setiap orangtua haruslah memahami cara yang tepat untuk menentukan mainan yang cocok untuk anaknya tersebut. Perlu diketahui, bahwa tak semua mainan bisa dimainkan oleh anak kecil. Sehingga orangtua harus menyesuaikan sesuai dengan umur anak-anak tersebut.

Berproses sebagai orang tua yang cerdas, kamu harus memilih permainan apa saja sih yang cocok untuk mereka. Bermain bisa dikatakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang sangat cocok bagi anak kecil. Meskipun terlihat sepele, memilih permainan ternyata sangat dianjurkan buat meningkatkan kemampuan si anak dalam merangsang kemampuan indra mereka.

Meskipun tersedia berbagai jenis mainan, namun yang terpenting untuk diperhatikan adalah agar anak selalu bermain dalam pengawasan dan bimbingan orangtua. Dengan memperhatikan mereka secara langsung, maka kamu bisa memastikan tumbuh kembang si kecil  bisa berjalan dengan maksimal.

Nah, apabila kamu tidak memberikan bimbingan langsung, kamu tidak akan bisa mengarahkan hal yang baik untuk anak. Untuk itu, pengawasan kepada anak kecil harus ekstra ketat ya. Terutama bagi bayi yang berusia sangat rentan.

Saking banyaknya mainan edukasi yang bisa kamu pilih untuk anak tercinta, orangtua harus paham nih apa saja sih tips yang tepat untuk memilih mainan yang cocok untuk anak yang berusia 3 bulan. Jangan sampai salah pilih ya.

Berikut adalah mainan yang cocok buat bayi berusia 3 bulan. Apa saja sih? Yuk mari disimak ya.

Mainan Yang Cocok Untuk Bayi Berusia 3 Bulan

Usia 3 bulan merupakan ujung tombak tumbuh kembang si kecil. Memilih mainannya pun tak boleh asal. Orangtua harus memperhatikan dengan baik mainan yang cocok untuk bayi. Dengan begitu kamu bisa membantu sang bayi untuk tumbuh kembang secara optimal. Nah, berikut ini adalah mainan yang paling  tepat untuk anak usia 3 bulan. Ada apa saja sih?

1. Baby Playmat dan Playgym

Playmat adalah mainan yang paling penting untuk tumbuh kembang si kecil. Orangtua bisa melengkapi area main si kecil dengan membelikan playmat ini. Selain itu, orangtua juga bisa melengkapinya dengan playgym untuk mainan gantungnya.

Dengan menggunakan kedua mainan ini, si kecil akan terus berlatih tak hanya dari lingkungan saja, namun bisa dilakukan latihan melalui indra, yaitu melalui sentuhan suara, penglihatan, hingga melalui sentuhan. Jadi, bayi akan merasakan tumbuh kembang dengan maksimal jika kamu menggunakan kedua mainan ini.

2. Kerincingan

Siapa sih yang tak suka dengan suara kerincingan. Kerincingan bayi ini merupakan salah satu mainan yang paling cocok untuk membantu kemampuan menggenggam dari bayi. Dengan menggunakan kerincingan ini akan mengajarkan kamu konsep bagaimana bayi bisa melakukan gerakan yang disertai dengan suara.

Ketika melakukan gerakan menggenggam ini, bayi akan dengan mudah melakukan gerakan reflek yang berasal dari tangannya. Meskipun terlihat mainan sepele, namun mainan ini sangat cocok untuk digunakan bagi seorang bayi agar terlihat sangat senang.

3. Mainan Karet

Selain kerincingan, ada pula mainan yang sangat cocok untuk bayi. Yaps, mainan itu adalah mainan karet. Mainan ini akan melatih kemampuan bayi dalam menggenggam karet yang digunakan.

4. Mainan Untuk Bercermin

Mainan cermin bayi ini juga sangat cocok untuk digunakan bagi seorang bayi. Meskipun seperti cermin, namun mainan yang satu ini tak bisa pecah lho. Jadi sangat aman digunakan oleh seorang bayi.

5. Buku

Buku tak hanya cocok dibaca oleh orang dewasa tapi juga cocok dimainkan dan digunakan oleh anak kecil. Memang sih bayi belum bisa membaca, namun kamu bisa memperlihatkan berbagai macam bentuk dari gambar dari mainan itu.

Nah, kamu juga bisa tuh menceritakan isi bacaan yang ada di dalam buku tersebut. Sehingga kamu bisa melatih kemampuan berbicara, kemampuan bahasa, sampai kemampuan sosial dari si kecil.

Kamu bisa memilih buku bayi tersebut dari bahan yang sangat aman. Misalnya saja buku yang terbuat dari kain dan kayu yang tak mudah dirusak. Oh iya, jangan lupa siapkan buku dengan warna-warna yang cerah

6. Boneka

Buat bayi yang berusia tiga bulan, mainan boneka juga sangat cocok untuk diberikan kepada buah hati. Mainan boneka ini bisa digunakan untuk melatih kemampuan bayi dalam mengenal tekstur.

Namun, harus dipastikan kalau mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman untuk bayi. Jadi mainan tersebut  bisa dengan mudah untuk dibersihkan. Yang terpenting kamu harus rajin mencuci boneka secara rutin ya.

7. Mainan Gigit

Bayi di usia 3 bulan biasanya kerap mengeluarkan air liur dan suka melakukan gigitan dengan benda. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan mainan gigit untuk buah hati ya.

Mainan ini bisa kamu pilih dengan mainan yang terbuat dari bahan baku karet. Sehingga mainan ini bisa membantu buah hati jika merasakan rasa gatal atau sakit pada gusinya. Namun, sekali lagi, orangtua harus selalu memperhatikan kebersihan dari mainan gigit ini ya.

Nah, jadi itu tadi adalah beberapa mainan yang bisa kamu pilih untuk bisa dipergunakan sebagai mainan buah hati yang berusia 3 bulan. Mainan ini bisa dijadikan referensi saat mengalami kebingungan memilih mainan yang tepat untuk buah hati kesayangan.

Untuk membeli mainan tersebut, kamu bisa mendapatkan dan menemukannya di Toys City terdekat ya. Kamu pun bisa menggunakan Atome untuk melakukan pembayarannya. Yang mana pembayarannya dijamin murah dan aman. Jadi tunggu apalagi? Segera dapatkan mainan terbaik untuk bayi berusia 3 bulan di Toys City hanya dengan Atome.