Blog

Contoh 10 Mainan Edukatif Yang Paling Diminati Oleh Anak

Sep 23 2021

Berbicara soal anak pasti tak akan lepas dari yang namanya mainan. Selain menjadi sebagai sarana bermain, mainan anak juga merupakan alat untuk belajar dan berlatih. Terutama bagi mereka yang sedang berada dalam masa emas pertumbuhan.

Di zaman yang modern ini, begitu banyak ragam mainan anak tersedia di pasaran. Semakin banyak pilihan mainan anak, semakin penting peranan orang tua untuk memilihkan mainan yang aman bagi anak-anaknya. Mainan yang baik adalah mainan yang aman untuk dimainkan oleh anak dan juga mainan yang mampu mendukung tumbuh kembang anak.

Lantas apa saja sih mainan anak yang aman, mampu melatih tumbuh kembang anak serta paling banyak dipilih saat ini? Berikut adalah 10 mainan yang paling diminati oleh anak. Yuk, simak apa saja mainan tersebut!

1. Lego

Lego adalah mainan anak yang paling laris di pasaran saat ini. Bahkan orang dewasa juga tertarik loh untuk memainkan Lego, namun tentu saja dengan tingkat yang lebih sulit.

Lego disebut-sebut sebagai mainan yang sarat akan edukasi. Hal ini karena Lego dapat membantu anak lebih kreatif dan imajinatif. Bermain Lego memberi tantangan tersendiri kepada anak untuk membentuk sebuah bangunan, bahkan karakter kesukaannya. Permainan Lego juga dinilai tidak membosankan, karena dengan mainan ini anak jadi tertantang untuk membuat bentuk benda atau bangunan yang berbeda setiap harinya.

2. Robotik

Mainan robot rasanya tak pernah lepas dari perhatian anak-anak. Untuk pilihan mainan robot sendiri, orang tua bisa memberikan pada anak sesuai dengan usia mereka. Mainan robot mampu memicu anak supaya tertarik dalam dunia pengetahuan. Mainan ini akan merangsang rasa keingintahuan anak tentang bagaimana suatu benda bisa bergerak, mengeluarkan suara, dan lain sebagainya.

3. Pasir Ajaib

Kinetic sand atau sering disebut dengan pasir ajaib adalah mainan dengan tekstur unik mirip pasir. Pasir ajaib memiliki tekstur lembut yang terdiri dari butiran yang mudah dibentuk. Pasir ajaib juga tidak lengket.

Bermain pasir ajaib tidak hanya seru tapi juga mampu melatih kognitif dan sistem sensori pada anak. Pasir ajaib diciptakan untuk dimainkan anak dengan cara dibentuk, dicetak, ditekan, dan diremas menggunakan cetakan. Bermain pasir ajaib membantu anak untuk melatih tangan karena menekan atau mencubit pasir menggunakan jari. Dengan pasir ini, anak akan berusaha berpikir dan berimajinasi untuk membuat suatu bentuk dari pasir yang dimainkan.

4. Squishy

Mainan yang tak pernah sepi peminat selanjutnya adalah squishy. Mainan satu ini tidak hanya bisa dimainkan anak, namun bisa juga jadi pajangan di rumah loh. Hadir dalam berbagai bentuk lucu dan menggemaskan, serta memiliki ciri tekstur lembut dan kenyal. Mainan ini terbuat spons. Saat ini, squishy ini banyak dikoleksi karena memang bentuknya yang beragam. Siapapun pasti gemas  saat melihatnya, apalagi anak-anak.

5. Alat Transportasi

Permainan alat transportasi untuk anak terdiri dari, mobil-mobilan, kereta api, pesawat terbang, hingga truk. Permainan alat tranportasi lebih identik dengan anak laki-laki. Selain seru dan menantang, permainan alat transportasi dipilih karena menjadi mainan yang paling mudah untuk didapatkan.

Selain itu, mainan alat trasnportasi juga memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Mulai dari melatih perkembangan sistem motorik dan sensori, serta mengembangkan imajinasi mereka. Bermain alat transportasi juga membuat anak lebih aktif bergerak.

Permainan alat transportasi anak disebut sebagai mainan yang tak lekang oleh waktu dan juga tidak bisa tergantikan, meski banyak bermunculan permainan yang canggih. Anak juga biasanya gembira dengan mainan alat transportasi, karena dengan mainan ini mereka lebih banyak beraktivitas.

6. Puzzle

Puzzle adalah mainan edukatif yang juga laris dan memiliki banyak peminat. Mainan puzzle juga memiliki banyak manfaat, seperti membuat anak mampu berpikir cerdas karena adanya tantangan untuk menyusunnya. Hal tersebut sama dengan membuat anak belajar untuk menyelesaikan masalah sejak kecil. Puzzle juga dapat membantu anak untuk lebih berkonsentrasi.

7. Karakter Hewan

Sejak dini, anak sebaiknya dibiarkan berimajinasi dengan banyak hal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan anak mainan karakter hewan. Bermain karakter hewan menjadi sarana belajar edukasi untuk mengenal berbagai macam hewan yang ada di dunia. Orang tua dapat mengenalkannya dengan permainan ini.  Bagi orang tua, sangat disarankan untuk memiilih karakter hewan yang terbuat dari bahan-bahan aman ya.

8. Boneka

Mainan anak yang paling laris sejak dulu hingga saat ini adalah boneka. Jenis mainan ini mampu meningkatkan keterampilan sosial pada anak untuk perkembangannya di awal pertumbuhan. Bermain boneka juga dinilai dapat melatih sifat tanggung jawab anak. Selain itu, anak akan lebih imajinatif dengan boneka yang dimiliki.

9. Mainan Masak-Masakan

Mainan masak-masakan biasanya identik diberikan kepada anak perempuan. Permainan ini sangat diminati oleh anak perempuan karena mereka ingin melakukan aktivitas yang dilakukan oleh orang tuanya. Anak juga dapat lebih mengekspresikan diri dengan adanya mainan ini.

Mainan alat masak ini juga bisa dimainkan oleh anak bersama dengan teman-temannya, yang secara tidak langsung membantu anak untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Mainan ini tentu saja memiliki sisi edukatif lainnya, yaitu melatih anak untuk berimajinasi dan mengolah emosi untuk terbiasa berbagi bersama teman jika dimainkan secara bersama-sama.

10. Slime

Permainan terakhir yang paling banyak diminati oleh anak saat ini adalah slime. Bahkan kini tidak hanya anak-anak saja loh, bahkan orang dewasa ikut senang memainkan slime. Hal ini terjadi karena slime memiliki tekstur yang kenyal dan menggemaskan. Warnanya pun bervariasi sehingga membantu mengaktifkan sistem otak manusia.

Bermain slime untuk anak dapat menghilangkan rasa bosan dan memberikan rasa nyaman kepada mereka. Permainan slime juga dapat melatih kreatifitas anak untuk membuat bentuk slime sesuai dengan keinginan. Slime yang menggemaskan membuat anak tertarik untuk terus meremas dan menarik slime sesuai keinginan.

Tentu sana kegiatan memainkan slime dapat melatih jari anak untuk lebih aktif. Slime juga mampu mempengaruhi anak untuk menyalurkan emosi dan menghilangkan perasaan-perasaan negatif. Pilihlah slime dengan bahan yang aman ya, terutama jika akan diberikan untuk anak yang masih berumur di bawah 5 tahun.

Itu tadi adalah 10 mainan anak yang edukatif dan paling banyak diminati saat ini. Kamu sebagai orang tua tertarik untuk memberikan mainan-mainan tersebut kepada anak tercinta? Kamu bisa membelinya di www.kidzstation.asia. Di sana tersedia banyak pilihan mainan anak yang dapat orang tua pilih sesuai dengan kesukaan anak. Tunggu apalagi, yuk segera ke Kidz Station dan pilihkan mainan anak. Untuk belaja yang menguntungkan, gunakan metode pembayaran dari www.atome.id karena dijamin kamu akan mendapatkan beragam keuntungan saat mempergunakannya. Selamat berbelanja di Kidz Station!