Blog

Makna warna pink dan jenis-jenisnya yang paling populer

Jul 07 2022

Warna pink atau merah muda identik sebagai warna yang dianggap feminin, sehingga banyak kaum wanita yang menggemarinya. Jenis – jenis warna pink ini sendiri beragam dan semakin mudah dipadupadankan dengan warna lainnya. Mulai dari warna soft pink hingga warna dusty pink yang akhir – akhir ini semakin populer. Perpaduan warna pink yang satu dengan pink lainnya juga bisa menciptakan gradasi warna menarik saat mix and match outfit. Jadi, satu warna bisa terdiri dari banyak tone berbeda untuk menambah gaya. Nah, sebelum padu padankan outfit dari aneka warna pink, sebaiknya ketahui makna dan jenis – jenis warna pink berikut ini.

Makna Warna Pink

Dalam psikologi, warna pink memiliki beragam makna yang tidak jauh berbeda satu sama lain, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kreatif. Warna pink dapat menunjukkan kesan artistik yang dapat membawa kebahagiaan dan membangkitkan kreativitas dalam diri.
  • Feminin. Warna pink sering diasosiasikan dengan sisikelembutan dan kebaikan dalam sosok perempuan.
  • Cinta. Warna pink juga melambangkan cinta, romansa, dan kasih sayang. Warna tersebut juga dapat memunculkan kehangatan dan kebaikan.
  • Euforia. Warna pink dinilai dapat merepresentasikan sesuatu yang lincah dan ceria, sehingga mampu membuat diri lebih bersemangat.
  • Menyenangkan. Warna pink dianggap dapat menimbulkan perasaan gembira dan bahagia, serta mendatangkan nuansa menyenangkan.
  • Kekanak – kanakan, karena kebanyakan penggemar warna pink merupakan anak – anak.

Jenis – Jenis Warna Pink

Setelah mengetahui beberapa arti warna pink menurut psikologi, sekarang ketahui juga jenis – jenis warna pink yang paling populer. Banyak produk fashion menggunakan beberapa warna berikut ini sebagai varian warna baju, hijab, tas, atau aksesori lainnya. Sekilas tone-nya hampir sama, namun ada sedikit perbedaan. Jadi, pahami penjelasannya berikut ini beserta contoh gambaran warnanya pada beragam outfit.

1. Baby Pink

Warna pink juga sering disebut dengan nama soft pink atau light pink. Tone warnanya sangat muda tampak begitu lembut, sehingga sering dianggap sebagai warna yang feminin dan lebih sering dipakai perempuan. Biasanya warna ini juga dijadikan simbol kelahiran bayi perempuan, khususnya dalam budaya Barat. Kode warnanya adalah #F4C2C2.

2. Pink Salem

Masih termasuk warna pink yang lembut, namun tone-nya lebih pekat daripada baby pink. Warna pink salem juga tampak lembut dan feminin. Jika baby pink lebih cenderung menghadirkan kelembutan, pink salem lebih menggambarkan kreativitas dan kehangatan. Banyak model baju yang menggunakan warna ini, khususnya pakaian bernuansa islami, seperti gamis dan hijab. Kode warna pink salem adalah #DD9FC7.

3. Barbie Pink

Berbeda jauh dari dua warna sebelumnya, barbie pink tampak lebih menyala dengan kesan yang strong dan energik. Persis seperti karakter barbie modern yang lincah dan bersemangat. Dinamakan barbie pink, kode warna tersebut digunakan sebagai warna Mattel’s Barbie dalam logo, kemasan, dan berbagai materi promonya. Kode warna HEX dari Pantone 219C ini yaitu #DA1884.

4. Dusty Pink

Warna pink dusty termasuk yang paling populer saat ini. Banyak produk fashion wanita yang menggunakan warna ini. Mulai dari kemeja, kaus, jaket, hoodie, tunik, gamis, kebaya, hingga rok dan hijab. Dusty warna pink merupakan kombinasi warna – warna solid dengan abu – abu, sehingga menampilkan rona keabu – abuan yang kusam. Menariknya, rona kusam tersebut justru membuatnya terlihat hangat dan tampak netral atau tidak terlalu feminin. Kode warnanya adalah #DBBEBB.

5. Coral Pink

Hampir sama dengan warna dusty pink, namun dengan tone lebih gelap dan cenderung oranye dan kecokelat – cokelatan. Selain menjadi warna baju, coral pink juga sering ditemui pada berbagai warna kosmetik, seperti lipstik, blush on, dan eye shadow. Warnanya membawa kesan hangat dan kelembutan, serta menunjukkan sisi warna pink yang tampak lebih dewasa dan tidak terlalu kekanak – kanakan. Kode warnanya adalah #F88379.

6. Pink Limun (Lemonade)

Limun atau lemonade merupakan nama beberapa minuman manis rasa lemon. Meskipun kebanyakan warna minuman tersebut berwarna kuning, namun tak jarang minuman tersebut juga diracik  dalam warna  pink. Dari situlah warna pink limun bermula. Warnanya tampak pucat, namun terlihat segar dan tidak kusam. Apalagi jika digunakan sebagai warna pakaian berbahan satin. Warnanya mengkilap dan tampak mewah. Kode warna pink lemonade adalah #FDB9C8.

7. Peach Pink

Warna peach pink berasal dari warna daging bagian dalam pada buah persik yang terlihat pucat. Hampir sama dengan warna limun, namun bayangan warna oranye dan kemerah – merahan pada warna peach tampak lebih muda. Sehingga tampilannya terlihat lebih lembut. Namun, berbeda dengan baby pink yang terlihat feminin dan kekanak – kanakan, peach pink tapak lebih netral dan elegan. Warnanya bisa ditemukan dalam kode #FC9483.

8. Pink Pastel

Warna pastel adalah warna yang terlihat pudar atau tampak ke arah lebih muda dari warna dasarnya. Khusus warna pink pastel, tone-nya mirip dengan baby pink, namun terdapat nuansa ungu muda dan keabu – abuan. Sehingga meskipun warnanya pucat, namun tetap terlihat lembut dan segar. Pink pastel ini juga sering disebut sebagai warna pink muda yang kodenya bisa kamu temukan dengan kode heksimal #FFD1DC.

9. Pink Fanta

Hampir mirip dengan barbie pink, namun terlihat lebih menyala seperti warna minuman bersoda terkenal, Fanta. Warna pink fanta tampak khas dengan bayangan kemerahan yang membuatnya terlihat strong, namun tetap tampak feminin. Outfit berwarna pink fanta ini cocokbuat kamu yang ingin tampil stand out dan glamour. Kode warna pink fanta yaitu #F6277F.

10. Pink Magenta

Nama magenta sering ditemukan pada penamaan warna tinta printer dan sejumlah aplikasi editing foto. Sekilas tampak sama dengan barbie pink dan pink fanta. Namun, perbedaan utamanya terletak dari adanya nuansa merah keunguan. Sehingga pigmen warna yang dihasilkan tampak lebih pekat, namun tetap terlihat strong dan menyala.  Warna ini juga sering dijadikan warna berbagai model outfit, seperti kemeja dan jaket. Warna pink magenta tampak keren ketika dipadukan dengan warna hitam. Perpaduan warna tersebut dapat memunculkan aura ketegasan, namun tetap bernuansa hangat dan penuh kasih sayang. Kode warna pink magenta yaitu #FF0090

Buat kamu yang ingin tampil manis dan feminin, coba gunakan outfit berwarna pink atau merah muda. Ada banyak jenis warna pink yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan seperti telah disebutkan di atas.  Paduan warna pink dengan warna lainnya juga cukup mudah. Hampir semua warna cocok dipadukan dengan warna yang melambangkan kehangatan ini. Tinggal beli bajunya di Zalora yang punya koleksi outfit terlengkap dari berbagai brand fashion ternama. Checkout dengan metode pembayaran Atome untuk menikmati fasilitas cicilan 0% hingga 1 sampai 12 bulan tanpa DP dan biaya admin. Belanja jadi lebih praktis dan kamu pun berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari 6.500 lebih merchant yang bekerjasama. Ikuti media sosial Atome untuk update promo terbaru dari brand – brand favoritmu.

Dapatkan promo menarik di Beauty Deals yang digelar Atome pada bulan Juli 2022 ini. Kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp 300.000, diskon maksimum 10% dengan minimal transaksi senilai Rp 500.000 di brand – brand menarik seperti BLP Beauty, AERIS, The Frarance Shop, AFK Beauty, Everwhite, Charis, AMARISSA, Glow Necessities, Sensatia Botanicals, dan BEAU khusus untuk pengguna setia Atome. Periode promo ini berlangsung mulai tanggal 11 hingga 17 Juli 2022 ini. Tentunya dengan Syarat dan Ketentuan berlaku ya!

Main keywords of the article: