Blog

Manfaat Lain Di Balik Nikmatnya Sirop Gula Merah

Aug 24 2021

Siapa nih yang suka manis-manis, terutama minuman manis? Pasti banyak dong ya yang suka dengan minuman manis. Biasanya minuman manis ini banyak digemari ketika bulan Ramadan. Hal ini terbukti dengan banyaknya sirop yang dijual saat Ramadan tiba.

Yap, sirop adalah cairan yang kental dan berasa manis. Cairan ini memiliki beraneka rasa dan warna. Pilihan rasa dan warna ini tergantung pada selera kamu masing-masing. Salah satu sirop yang paling banyak digemari adalah sirop gula merah.

Tahukah kamu mengapa sirop gula merah ini banyak digemari? Ternyata, selain rasa manisnya yang khas, banyak sumber yang mengatakan bahwa gula merah atau sering disebut dengan gula aren ini memiliki begitu banyak manfaat loh. Maka tidak salah jika sirop gula merah memiliki begitu banyak penggemar. Kamu belum tahu apa saja manfaat dari gula merah? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Khasiat Gula Merah

Gula merah atau yang biasa disebut aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren. Air nira yang disadap biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau. Proses pembuatan gula aren lebih banyak menggunakan bunga jantan, karena nira dari bunga jantan menghasilkan air nira yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh bunga betina.

Gula merah tidak hanya memiliki manfaat sebagai pemberi rasa manis yang sering digunakan pada banyak jenis makanan Indonesia. Ternyata, ada juga beberapa manfaat gula merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaatnya:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Gula merah mengandung anti oksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Anti oksidan membantu mencegah peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Gula merah juga mampu meningkatkan energi dengan cepat. Efek ini mampu mengatasi rasa lelah karena kekurangan energi.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat gula merah berikutnya adalah dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gula merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab penyakit kanker. Cukup menarik bukan?

Meredakan Demam dan Flu

Sifat anti peradangan sekaligus kemampuan dalam memberikan rasa hangat menjadikan gula merah sebagai solusi yang tepat untuk demam dan flu. Mengonsumsi minuman hangat dengan gula merah mampu mencegah dan meredakan demam dan flu. Gula merah mampu menetralkan suhu tubuh yang dapat menurunkan demam. Jadi, jika kamu merasa sedang terserang deman dan flu, sebaiknya kamu mengonsumsi minuman hangat dengan campuran sirop gula merah ya.

Menghangatkan dan Menjaga Stabilitas Tubuh

Gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh. Mencampurkan gula merah ke dalam minuman, dan meminumnya saat tubuh kedinginan, ternyata ampuh untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih hangat. Kamu bisa coba mencampurkan gula merah ke dalam wedang jahe atau minuman hangat lainnya sepeerti teh hangat atau wedang-wedang lainnya.

Melancarkan Pencernaan

Gula merah juga berguna untuk melancarkan pencernaan. Gula merah dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung kamu. Hal ini karena gula merah mengandung serat makanan yang berguna untuk kelancaran pencernaan. Inulin dalam gula merah juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin adalah serat prebiotik yang dapat difermentasi sehingga bisa bermanfaat bagi bakteri usus.

Jika perncernaanmu sedang terganggu, jangan lupa untuk mengonsumsi gula merah ya agar pencernaanmu kembali normal. Ingat, bahwa gula merah mengandung banyak serat makanan. Kandungan serat makanan inilah yang membuat proses pencernaan berjalan dengan baik.

Mengatasi Masalah Anemia

Selain terdapatnya kandungan vitamin C, gula merah juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula merah ini  memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia kamu bisa diatasi jika mengonsumsi gula merah ini.

Menjaga Kadar Kolesterol

Mengonsumsi sirop gula merah dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh kamu tetap normal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan niasin atau vitamin B3 yang cukup banyak di dalam gula merah.

Mencegah Obesitas

Dibandingkan dengan gula putih, gula merah cenderung rendah kalori. Mengkonsumsi gula merah dalam jumlah cukup mampu mengontrol berat badan dan mencegah timbulnya obesitas. Satu sendok teh atau setara dengan 4 gram gula merah dapat mengandung 15 kalori, sedangkan jumlah gula putih yang sama mengandung 16,3 kalori.

Kalori rendah dalam gula merah ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif. Gula merah dapat menjadi alternatif pemanis untuk diet. Kelebihan berat badan dan obesitas adalah faktor risiko diabetes dan komplikasinya. Namun, jumlah konsumsinya juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan ya.

Mendukung Program Diet

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, maka sebaiknya gantilah gula putih kamu dengan gula merah yang satu ini. Gula merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir, sehingga hal ini baik untuk menjaga batasan jumlah asupan kalori harian yang dikonsumsi.

Mencegah Penuaan Dini

Siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Pastinya semua orang ingin terlihat lebih muda dari usia yang sesungguhnya. Nah, anti oksidan dan vitamin B yang terdapat dalam gula merah ini mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit kamu loh. Tanda-tanda penuaan ini seperti kerutan, garis halus dan noda hitam.

Gula merah juga dapat membantu melindungi kulit dari berbagai masalah seperti jerawat dan komedo. Gula merah dapat melembapkan dan menghaluskan kulit kamu. Manfaat ini tentu akan membuat kulit jadi lebih bersih, segar dan tampak awet muda. Menarik kan?

Memiliki Kandungan yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes biasanya dilarang untuk mengonsumsi banyak gula. Lain halnya dengan gula merah. Gula merah cenderung memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman bagi penderita diabetes. Gula merah juga mengandung serat makanan yang disebut inulin, nutrisi ini dikenal mampu menjaga kadar gula darah.

Gula merah juga rendah fruktosa. Fruktosa merupakan sejenis gula yang dengan cepat diubah tubuh menjadi trigliserida. Meski cenderung aman untuk penderita diabetes, konsumsi gula aren juga tak boleh berlebihan ya. Ingat bahwa segala yang berlebihan tidak akan baik hasilnya.

Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Kamu sering mengalamani kram saat menstruasi setiap bulan? Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi sirop gula merah untuk mengatasinya. Gula merah cenderung lebih banyak mengandung kalium dan zat besi dibanding dengan gula putih. Nutrisi ini dapat membantu mengatasi kram saat menstruasi. Kandungan kalium dalam gula merah dapat meredakan nyeri dan melancarkan menstruasi. Gula merah juga dapat membantu meningkatkan energi yang berguna untuk mengusir rasa lemas dan lemah saat menstruasi datang.

Bagaimana, cukup menarik bukan? Mengkonsumsi sirop gula merah ternyata tidak hanya dapat menyegarkan tenggorokanmu, tetapi juga mampu memberi beragam manfaat sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Nah, untuk kamu yang masih bingung di mana nih tempat untuk membeli sirop gula merah yang tepat, kamu bisa coba membeli sirop gula merah di iStyle.

IStyle menjual produk baik itu produk makanan, minuman, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa memilih sirop gula merah yang tepat di sana. Jangan lupa untuk menggunakan metode pembayaran dari Atome saat berbelanja di iStyle. Berbelanja di iStyle menggunakan Atome akan terasa cukup menguntungkan karena banyak penawaran menarik. Khususnya di bulan kemerdekaan ini, Atome menggelar campaign ATOME PAHLAWAN, Promo Meriah Gak Ada Lawan. Yuk, berbelanja di iStyle menggunakan Atome agar transaksi belanjamu lebih mudah dan menyenangkan!